WhatsApp: Pengembangan Fitur ‘Disappearing Messages’ Menjadi 24 Jam

 

WhatsApp sepertinya mandengar doa kalian para pemilik HP kentang* dengan internal memori 16GB, atau bahkan masih 8GB? 32GB tahun 2021 termasuk kentang juga ga sih?

*re: HP serba tanggung dengan kapasitas memori internal kecil

Beberapa waktu lalu, WhatsApp sempat dirumorkan sedang melakukan pengembangan lebih lanjut pada fitur Disappearing Messages milik mereka.

Sebelumnya fitur ini bahkan tidak memiliki opsi waktu penghapusan chat, hanya dapat di setting dengan rentan waktu 7×24 jam.

Kini Whatsapp dikabarkan sedang mempersiapkan pengembangan fitur Disappearing Messages menjadi dapat diatur waktu penghapusannya hingga 1×24 jam. Menarik bukan?

Seperti dilansir pada WABetaInfo, fitur ini akan segera tersedia via update resmi untuk aplikasi WhatsApp versi Android, iOS, dan Web/Desktop. Namun, belum tahu pasti kapan update fitur terbaru akan dirilis.

Baca juga: Laris Manis Huawei Band 6 di Indonesia Laku Ribuan Unit

Manfaat fitur Disappearing Messages pada aplikasi WhatsApp

  • Menambah ruang memori smartphone secara otomatis

Seperti yang kita singgung pada kalimat pembuka artikel ini, kabar bahwa WhatsApp akan segera melakukan pengembangan fitur Disappearing Messages adalah merupakan hal menggembirakan bagi kalian para pemilik HP kentang.

Fitur ini yang tadinya hanya memiliki opsi penghapusan percakapan setelah 7 hari, kini dikabarkan akan ditambahkan opsi waktu penghapusan percakapan hingga paling cepat pada 1×24 jam.

Jadi, kalian tidak perlu tuh repot-repot menghapus chat kalian satu per satu seperti yang biasanya kalian lakukan.

Oia, fitur ini akan menjadi sia-sia kalau kalian belum mematikan fitur unduh media secara otomatis pada pengaturan WhatsApp, jadi pastikan kalian sudah menonaktifkannya ya, agar media yang sekiranya tidak penting untuk kamu lihat tidak terunduh secara otomatis.

  • Tidak perlu menyimpan obrolan yang tidak penting

Misal kalian adalah tipe orang yang memiliki banyak grup WhatsApp, maka fitur ini kiranya dapat membantu kalian.

Bagaimana bisa? Ya, tentu bisa. Misal kalian mempunyai grup WhatsApp perumahan yang isinya tetangga tempat kalian tinggal, yang setiap hari mungkin obrolan di chatnya terlalu ngalor ngidul, misal obrolan politik/agama yang mungkin kalian tidak suka.

Nah, dengan adanya fitur ini, apalagi misal setelah pembaharuan yang memungkinkan kalian dapat menghapus percakapan setelah 24 jam, maka kalian tidak perlu dibuat pusing dengan membaca obrolan percakapan yang tidak penting tersebut, ataupun menumpuk notifikasi unread messages.

  • Mendukung obrolan rahasia

Buat kalian yang sering melakukan obrolan rahasia dengan keluarga, teman, atau pacar, atau mungkin selingkuhan? Fitur Disappearing Messages ini dapat membantu kamu untuk menjaga percakapan diantara kalian tetap menjadi rahasia loh.

Seperti vanish mode pada Instagram, yang mengizinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan DM hanya satu kali saja dan akan menghilang dengan sendirinya setelah penerima pesan melihat pesannya atau ketika chat ditutup oleh pengirim.

Fitur ini kurang lebih nantinya akan memiliki fitur yang kurang lebih sama, dan cocok untuk kalian yang tidak suka menyimpan percakapan WhatsApp dalam waktu lama

Cara mengaktifkan dan mematikan fitur Disappearing Messages

Untuk kalian yang sebelumnya sama sekali tidak mengetahui kehadiran fitur ini, kita akan memberikan langkah-langkah agar kalian dapat mengaktifkan dan mematikan fitur ini dengan mudah.

Langah 1: pilih kontak atau grup yang kalian ingin aktifkan fitur ini

Langkah #1 Disappearing Messages
Langkah #1 Disappearing Messages

Langkah 2: klik continue/lanjutkan pada message box yang muncul

Langkah #2 Disappearing Messages
Langkah #2 Disappearing Messages

Langkah 3: pilih opsi on/off pada fitur ini

Langkah #3 Disappearing Messages
Langkah #3 Disappearing Messages

Nah, di atas adalah contoh beberapa langkah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Disappearing Messages dengan mudah.

Jangan lupa mematikan fitur ini jika kamu rasa, kamu sudah tidak memerlukannya, atau kamu akan tetap kehilangan percakapan setelah 7 hari atau waktu yang telah ditentukan nantinya.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment