Google Pixel 5a Tidak Resmi Tapi Dinanti – Part 3

 

Baca sebelumnya: Google Pixel 5a Tidak Resmi Tapi Dinanti – Part 2

Berita terbaru dan rumor Google Pixel 5a

Rumor pertama yang kita dengar adalah bahwa Google Pixel 5a itu benar ada/eksis. Benarkah? Ada beberapa bocoran yang mungkin seharusnya merupakan informasi resmi, yang mencantumkan nama Google Pixel 5a disana, dan juga mencantumkan beberapa code name untuk seri Pixel selanjutnya, mungkin Google Pixel 6 dan 6 XL.

Lalu leak selanjutnya juga menyebutkan, menurut bocornya render dan fitur, beberapa sektor Google Pixel 5a akan hampir identik dengan Pixel 4a 5G.

Seperti pada desain, spesifikasi layar, dan kamera yang sama. Google kemungkinan tidak akan mengeluarkan ponsel yang sama dua kali, jadi mungkin masih banyak yang harus kita telusuri.

Kemungkinan yang setidaknya kalian inginkan, HP ini akan dibekali dengan prosesor baru. Mungkin kali ini Pixel 5a akan dipersenjatai dengan Snapdragon 780G dari Qualcomm yang sebelumnya debut pada Xiaomi Mi 11 Lite 5G.

Snapdragon 780G
Snapdragon 780G

Snapdragon 780G adalah penerus Snapdragon 765G di Pixel 4a 5G, dan menawarkan peningkatan kinerja CPU hingga 40%, ditambah hasil fotografi yang lebih baik.

Meskipun demikian, laporan yang lebih baru menunjukkan bahwa Pixel 5a nantinya akan menggunakan prosesor Snapdragon 765G yang sama seperti pada Pixel 4a 5G dan juga Pixel 5.

Banyak keriuhan terjadi, berdebat apakah Google Pixel 5a jadi meluncur atau tidak, tetapi Google setidaknya memberikan angin segar, menginformasikan bahwa HP ini akan segera meluncur, setidaknya yang baru dipastikan hanya untuk negara AS dan Jepang.

Beberapa waktu lalu, kita juga sempat melihat kualitas hasil foto yang diduga diambil dengan Google Pixel 5a dengan sangat singkat yang di posting ke blog Google sebelum dihapus lagi. Terungkap bahwa salah satu lensa kamera belakang yang digunakan adalah lensa ultrawide f/2.2.

Google Pixel 5a yang warganet ingingkan

Sebenarnya apa sih yang banyak warganet inginkan dari sebuah smartphone Google Pixel 5a? Kita akan coba merangkumnya, dari banyaknya keinginan warganet pada forum-forum yang membahas mengenai hal ini.

  • Lebih banyak modul kamera belakang
Kamera google pixel 5
Kamera Belakang Google Pixel 5

Banyak dari kalian yang menginginkan lebih banyak modul kamera belakang pada seri Pixel, dan berharap Pixel 4a akan mewarisi lensa telephoto yang dimiliki Pixel 4.

Tapi nyatanya, hal itu tidak menjadi kenyataan, dan harapan tersebut pun beralih ke Pixel 5a. Mungkin semua berharap Google Pixel 5a akan dibekali dengan lensa ultra-wide dan kalau bisa juga dengan lensa makro, tidak masalah bukan?

  • Konektivitas 5G
4g vs 5g
4G Vs 5G

Sebelumnya mungkin Pixel 4a menawarkan dua varian 4G dan 5G, yang harganya memiliki selisih yang sangat lumayan. Banyak dari warganet yang menginginkan Google Pixel 5a hadir dengan jaringan 5G sebagai fitur standarnya.

Artinya mungkin HP ini akan tetap dibekali dengan Snapdragon 765G atau mungkin mendapatkan upgrade seperti yang kita harapkan dengan menggunakan Snapdragon 780G.

Tapi kiranya Google tetap konsisten dengan mengeluarkan dua varian 4G dan 5G, dengan varian 4G dibanderol harga yang lebih murah, Kira-kira varian Pixel 5a mana ya yang akan menjadi primadona?

  • Daya tahan baterai lebih baik

Pixel 4a mungkin mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar dari Pixel 4, yaitu 3140mAh vs 2800mAh. Namun, kita pasti berharap di tahun 2021 ini Google membenamkan baterai dengan kapasitas lebih dari 4000mAh untuk Pixel 5a (kalau jadi meluncur tahun ini).

Kalian pasti bosan kan memiliki Pixel dengan kapasitas baterai yang kurang memadai? Pixel 5 setidaknya telah menjawab pertanyaan kalian, dengan membawa kapasitas baterai sebesar 4080mAh. Seharusnya Pixel 5a paling tidak memiliki daya kapasitas yang sama, kan?

  • Bodi metal dan kaca

Sejatinya, Pixel kelas Mid-Range memiliki bodi plastik polikarbonat sejak debutnya di Pixel 3a. Tetapi apa salahnya, jika kita berharap Pixel 5a akan berbeda dari saudara-saudaranya?

Mungkin dengan berbagai pertimbangan, Google bisa saja mewujudkan hal ini. Tapi kalian lebih memilih tampilan luar yang ‘wah’ atau spesifikasi hardware yang ‘wah’?

  • Slot microSD

Google selalu puas dengan membenamkan penyimpanan internal maksimal 128GB hingga seri Pixel terbarunya pada Pixel 5 sekalipun.

Bahkan Pixel 5 terbaru juga belum didukung dengan teknologi UFS teranyar 3.1. Apa Google terlalu terlena dengan Pixel mereka yang sudah tergolong eksklusif di masyarakat?

Setidaknya bila Pixel 5a juga akan dibekali dengan penyimpanan internal 128GB, setidaknya berikan opsi ekspansi memori pada slot microSD, setuju? Walaupun hal ini akan menjadi sebuah gebrakan pada lini seri Pixel sendiri.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment