Google Pixel 5a Tidak Resmi Tapi Dinanti – Part 2

 

Baca sebelumnya: Google Pixel 5a Tidak Resmi Tapi Dinanti – Part 1

Perkiraan harga dan tanggal rilis Google Pixel 5a

Jadi pasti banyak dari kalian yang bertanya, masuk ke segmen manakah Google Pixel 5? Kapan akan keluar? Berapa harganya?

Jawabannya untuk sementara ini adalah, yang pasti hanyalah Google Pixel 5a akan menyasar ke kelas mid-range, meluncur diperkirakan sekitar bulan Mei, dan harganya mungkin sekitar 349 USD atau bila dirupiahkan mungkin sekitar 5 jutaan.

Tanggal rilis Google Pixel 5a belum diumumkan, tetapi tanggal Google I/O 2021 telah diumumkan, dan kemungkinan Pixel 5a akan hadir disana. Google I/O sendiri adalah sebuah konferensi pengembang perangkat lunak tahunan yang diselenggarakan oleh Google di San Francisco, California.

Google IO
Google I/O

Google IO 2021 akan berlangsung dari tangga 18-20 Mei, acaranya pun kini hanya digelar secara online, jadi mungkin tanggal tersebut adalah tebakan terbaik dari kita soal tanggal peluncuran Google Pixel 5a.

Meskipun demikian, masih belum ada jaminan dari kabar burung tersebut. Informasi leak sebelumnya mengatakan Google Pixel 5a akan diluncurkan pada tanggal 11 Juni tahun ini. Selain itu, ada kemungkinan Google Pixel 5a akan meluncur sekitar Agustus 2021 untuk memberikan jeda satu tahun dengan Pixel 4a.

Google Pixel 5a juga belum jelas akan diluncurkan secara global atau tidak, setelah muncul rumor bahwa kemunculan HP ini akan dibatalkan terkait pandemi.

Beberapa waktu lalu Google sempat mengonfirmasi bahwa Pixel 5a 5G akan datang ke AS dan Jepang, tetapi tidak menjelaskan secara rinci tentang ketersediaan HP tersebut secara global atau apakah akan ada versi 4G LTE dari Pixel 5a, yang mungkin bisa dibanderol dengan harga yang lebih murah lagi.

Sekilas perjalanan Google Pixel kelas Mid-Range

Bagi kalian yang penasaran bagaimana perjalanan Pixel seri ‘a’ sejauh ini, yang pertama ada Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL, ponsel kelas menengah pertama dalam seri Pixel, dirilis dengan harga mulai dari 399 USD.

Perbedaan dari Pixel 3a dan Pixel 3a XL hanyalah di besaran layar dan kapasitas baterai, yaitu 5.6″ vs 6.0″ dan 3000mAh vs 3700mAh.

Google Pixel 3a XL
Google Pixel 3a XL, Sumber: GSMArena

Jadi pada masa itu, karena harga yang ditawarkan juga selisihnya tidak terlalu jauh, Pixel 3a XL banyak menjadi incaran karena memiliki daya baterai yang lebih besar untuk dapat menemani kegiatan sehari-hari.

Lalu, selanjutnya ada Pixel 4a dan Pixel 4a 5G bahkan dibanderol dengan harga yang lebih rendah yaitu mulai dari 349 USD saat diluncurkan.

Namun, kedua seri ini memiliki spesifikasi yang jauh berbeda, disebabkan karena Pixel 4a hanya dibekali Snapdragon 730G dengan jaringan 4G, sedangkan Pixel 4a 5G dibekali dengan Snapdragon 765G yang sudah mendukung jaringan 5G.

Selain itu, Pixel 4a 5G juga dibekali dengan layar dan baterai yang lebih besar, serta modul kamera yang lebih baik, namun dengan selisih harga yang lumayan jauh berbeda, yaitu sekitar 150 USD atau lebih dari 2 juta rupiah.

Google Pixel 4a
Google Pixel 4a, Sumber: GMSArena

Pada masanya, Pixel 4a varian 4G lah yang menjadi primadona karena memiliki harga yang terjangkau, dengan kualitas kamera ciamik khas Google Pixel.

Baca selanjutnya: Google Pixel 5a Tidak Resmi Tapi Dinanti – Part 3

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/vcgamers untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment