3 Galaxy A Series Samsung Terbaru Tidak Masuk Varian 5G!

 

Kalian tahu kan kalau belum lama ini Samsung membawa 3 varian Galaxy A series terbaru masuk resmi ke Indonesia. Tapi apa kalian tahu ada yang aneh dari Galaxy A series terbaru dari Samsung tersebut?

Baca juga: Samsung Galaxy A32 dan A72, Pas Untuk Siapa?

Galaxy A Series terbaru Samsung sama sekali tidak membawa varian 5G masuk resmi ke Indonesia

samsung galaxy a72 5g
Samsung Galaxy A72 5G

Kita juga tidak tahu, apa alasan Samsung Indonesia sama sekali tidak membawa varian 5G untuk Galaxy A series yang baru meluncur sekitar satu bulan lalu.

Seakan Samsung Indonesia ingin mengatakan, kalau mau HP Samsung 5G, minimal beli saja Galaxy seri S terbaru kita!

Tapi memang tidak bisa dipungkiri, jaringan 5G di Indonesia juga nasibnya belum jelas, apakah akan meluncur tahun ini, tahun depan, atau tahun depannya lagi.

Mungkin hal tersebut dilakukan Samsung Indonesia, juga untuk memangkas harga Galaxy A series terbaru yang meluncur resmi di Indonesia.

Karena jaringan 5G bukan didapat dengan hanya sekedar menambahkan antena saja, tapi juga harus mengganti prosesor yang mendukung jaringan 5G, dan artinya juga menambah biaya produksi.

Samsung Galaxy A Series 4G Vs 5G

FYI, untuk kalian yang belum paham, kita bantu jelaskan bahwa jaringan 4G/5G pada sebuah smartphone dipengaruhi dari prosesor yang dipakai oleh smartphone itu sendiri.

Snapdragon 720G Vs 750G
Snapdragon 720G Vs 750G

Misal seperti Galaxy A52/A72 4G menggunakan Snapdragon 720G, sedangkan A52/A72 5G mau tidak mau harus melakukan upgrade prosesor sehingga memakai Snapdragon 750G yang mendukung 5G.

Begitu pula dengan Galaxy A32 4G menggunakan Mediatek Helio G80, sedangkan Galaxy A32 5G menggunakan Mediatek Density 720 yang mendukung 5G.

mediatek helio g80 vs dimensity 720
Mediatek Helio G80 Vs Dimensity 720

Pada kasus Galaxy A32, prosesor yang dipakai untuk seri 5G, walaupun sama-sama besutan Mediatek. Namun memiliki fabrikasi yang jauh berbeda, yaitu 12nm untuk Helio G80 dan 7nm untuk Dimensity 720.

Jelas, untuk hasil di atas kertas dan secara real-nya Dimensity 720 memiliki efisiensi kinerja prosesor yang lebih baik dibanding Helio G80 secara keseluruhan. Jadi, untuk kalian yang berencana meminang Galaxy A32, kita sarankan kalian untuk memilih varian 5G.

Eh, tapi kan Galaxy A32 5G tidak keluar resmi di Indonesia! Ya sudah beli Galaxy S21 Ultra 5G saja!

Bercanda kok Vicigers, tapi karena Samsung belum mengeluarkan Galaxy A72 5G untuk pasar global hingga saat ini, masih ada harapan untuk Indonesia akan mendapatkan Galaxy A series varian 5G di seri tertingginya.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment