Desas-Desus iPhone 13 Series Meluncur Akhir Tahun Ini

 

Setelah iPhone 12 series resmi meluncur di Indonesia pada akhir tahun lalu. Seperti biasanya selalu ada kabar burung mengenai perangkat baru apa yang akan diluncurkan Apple setelah iPhone 12 series ini. Mungkin kebanyakan dari kalian akan serempak menjawab, pasti iPhone 13!

Baca juga: Inilah 3 Cara Force Restart Berbagai Seri iPhone

Disini kita akan membahas desas-desus seputar isu yang anggap saja iPhone 13 sebagai penerus seri sebelumnya.

iPhone 13 lanjutan seri iPhone 12?

iphone 13
iPhone 13

Tapi, apa iya penamaan seri lanjutan iPhone 12 akan menjadi iPhone 13? Mengingat angka 13 ini mempunyai reputasi buruk di berbagai kepercayaan masyarakat.

Bisa saja kan nama yang digunakan nanti adalah iPhone 12s atau langsung lompat ke iPhone 14? Mengingat iPhone pernah melongkap penamaan seri perangkat mereka dari iPhone 8 langsung ke iPhone X, serta dari iPhone X tidak langsung ke iPhone 11, tapi ke iPhone XR dan XS series terlebih dulu.

Banyak desas-desus yang dilontarkan di berbagai forum yang didalamnya terdapat para Apple Fanboy (sebutan untuk fans garis keras produk Apple). Mereka seakan membongkar informasi bahwa seri penerus dari iPhone 12 series ini akan membawa berbagai peningkatan.

Isu yang ada, menyebutkan bahwa peningkatan akan terjadi pada sektor kapasitas internal, spesifikasi kamera, dan bahkan dari segi desainnya.

iPhone 13 meluncur akhir tahun 2021

Banyak yang berspekulasi di forum dan portal berita luar negeri bahwa iPhone 13 akan dirilis pada akhir tahun 2021, kira-kira sekitar bulan September atau Oktober.

Rumor juga menyebutkan bahwa harga iPhone 13 nantinya tidak akan mempunyai selisih yang terpaut jauh berbeda dari iPhone 12 series.

iPhone 13 ini diperkirakan juga akan membawa varian Mini, iPhone 13 biasa, Pro dan Pro Max. Walaupun pada seri iPhone 12 sendiri, varian Mini merupakan varian yang penjualannya tergolong lesu, baik secara global ataupun di pasar Indonesia sendiri.

Sepertinya Apple mungkin masih percaya diri membawa varian Mini di seri iPhone selanjutnya untuk pasar global.

Mengusung refresh rate 120Hz

Refresh Rate 120hz
Refresh Rate 120hz

Selanjutnya, juga terdapat rumor yang menyebut bahwa kemungkinan dua varian tertinggi iPhone 13 yaitu Pro dan Pro Max akan memiliki refresh rate 120Hz, serta akan menggunakan panel layar dari Samsung.

Peningkatan spesifikasi ini, kiranya akan menjadi kabar baik apabila direalisasikan. Melihat bahwa spesifikasi layar, seri tertinggi iPhone 12 Pro Max saja refresh rate-nya masih 60Hz.

Tapi banyak pro player esport di Indonesia sendiri yang masih menjadikan iPhone 12 Pro/Pro Max sebagai HP utama mereka, dibanding memilih HP flagship android yang kiranya memiliki refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate yang lebih besar.

Kira-kira apa ya penyebabnya? Sepengalaman kita sih dari beberapa pro player esport yang menggunakan iPhone 12 Pro/Pro Max menyatakan bahwa mereka merasakan kenyamanan yang berbeda apabila memakai iPhone dibanding mereka menggunakan HP flagship android sekalipun.

Fakta atau tidaknya, bagaimana menurut kalian Vicigers? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya.

Peningkatan spesifikasi kamera

Isu menyebutkan bahwa varian Pro pada iPhone 13 nantinya mungkin akan mendapatkan lensa telephoto yang sama dengan iPhone 12 Pro Max, yang juga mempunyai fitur 2.5x optical zoom, yang lebih baik dari seri sebelumnya.

Ada juga laporan yang menyebutkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk menambahkan kamera periskop yang mungkin mendukung hingga 10x optical zoom ke iPhone di masa depan. Apa mungkin akan disematkan pada iPhone 13?

Internal besar up to 1 TB

1tb
Penyimpanan Internal up to 1TB

Rumor lain juga menyebutkan bahwa tahun 2021 ini sudah waktunya Apple mengenalkan penyimpanan internal mereka yang lebih besar dari biasanya.

Biasanya varian tertinggi perangkat mereka mempunyai penyimpanan internal 512GB, kini iPhone 13, setidaknya untuk varian Pro diisukan akan disematkan penyimpanan internal sebesar 1TB.

Kalau menurut kalian gimana Vicigers? Perlu ga sih memori internal 1TB pada iPhone? Mungkin kalau kalian konten kreator yang butuh penyimpanan besar, isu ini merupakan hal yang menggembirakan.

Tapi rasa-rasanya iPhone 12 series yang disematkan dengan internal 512GB saja mempunyai harga yang fantastis, bagaimana nanti dengan iPhone 13 series dengan penyimpanan internal 1TB. Semoga saja harganya tidak sampai seharga motor Vespa matic baru ya.

Di akhir pembahasan, perlu kita tekankan kembali bahwa beberapa hal yang kita sebutkan di atas adalah masih berupa rumor atau isu belaka dan belum dapat dipastikan kebenarannya. Mau beli iPhone 12 series tanggung takut iPhone 13 keluar? Yasudah, nabung dulu aja Vicigers!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment