7 Daftar Anime Idol Terbaik dan Inspiratif!

Anime Idol menjadi tontonan wajib bagi anak-anak hingga orang dewasa karena mengisahkan tentang perjuangan untuk menjadi seorang Idol.
anime idol (8)
The Idol Master Cinderella Girls. Sumber: IMDb

7 Daftar Anime Idol Terbaik dan Inspiratif! 

Anime idol adalah salah satu anime yang paling diminati, terutama penonton perempuan dikarenakan mengombinasikan unsur musik dan drama di dalam animasi.

Pada anime ini juga menampilkan beberapa karakter utama yang berperan sebagai idol atau artis multitalenta. Para karakter tersebut tentunya menghibur penontonnya dengan bernyanyi dan menari untuk menghibur penggemarnya.

Selain itu juga, tema Idol ini lebih menceritakan tentang keseruan panggung, sisi gelap dunia entertainment dan perjuangan menjadi seorang idol.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai daftar tontonan anime Idol yang sangat seru dan inspiratif bagi para penonton, terutama bagi kamu yang tertarik ingin menjadi Idol!

Baca juga:

Anime Idol

anime idol (10)
Idoly Pride. Sumber: IDOLY PRIDE/Youtube

Anime Idol adalah kategori media fiksi Jepang berfokus pada cerita seorang Idol berusia 15-20 tahunan yang menghibur para penggemarnya dan menjual merchandise tentangnya.

Pada awalnya, anime ini digunakan untuk mempromosikan musik bagi para Idolnya. Hal ini menjadi populer dan banyak yang memproduksi merchandise sebagai bentuk promosi lainnya.

Dimulai pada tahun 1980-an, anime ini mulai dirancang untuk mempromosikan karier dari seorang penyanyi yang sedang populer.

Hingga saat ini sudah banyak proyek animasi yang berfokus pada cerita dari Idol tersebut untuk membuatnya semakin populer di kalangan non-penggemar.

Cerita anime Idol ini sangat mirip dengan dunia entertainment di real-life, namun ceritanya lebih menegangkan dan mengharukan.

Biasanya lebih menceritakan seseorang yang ingin menjadi Idol dan menghabiskan seluruh waktunya untuk berlatih supaya bisa perform maksimal.

Bagi para Idol, mereka tak akan pernah terlepas dari dunia entertainment terutama dunia musik. Namun, mereka pun memiliki kisah pribadi yang romantis dengan lawan mainnya atau saingannya sendiri.

Daftar Anime Idol Terbaik

anime idol (8)
Love Live! Superstar!!. Sumber: IMDb

Anime ini akan menampilkan beberapa koreografi yang diiringi dengan nyanyian dari para Idol di atas panggung dan background cerita yang mengharukan.

Selain itu juga, tipe anime ini lebih menggabungkan unsur supernatural, perjuangan serta persaingan yang kompetitif antar artis atau penyanyi idola.

Dibawah ini merupakan daftar tontonan anime Idol yang bagus untuk ditonton karena menceritakan tentang perjalanan seorang Idol di dunia industri musik.

Oshi No Ko

anime idol (6)
Oshi no Ko. Sumber: IMDb

Pertama ada anime Idol yang wajib banget untuk di tonton oleh para penggemar Idol yaitu Oshi no Ko yang diadaptasi dari manga karya Aka Akasaka.

Pada awalnya anime Oshi no Ko diumumkan pertama kalinya pada Juni 2022 dan diproduksi oleh Doga Kobo serta ditayangkan pada 12 April 2023 di Tokyo MX.

Episode pertamanya berdurasi 90 menit yang ditayangkan di bioskop Jepang pada 23 Maret 2023. Setelah satu bulan ditayangkan di bioskop, lalu tayang pada Stasiun TV Jepang.

Anime Oshi no Ko ini menceritakan tentang seorang dokter spesialis kandungan bernama Goro Amemiya yang merawat Ibu Hamil bernama Ai Hoshino seorang idol sekaligus oshi-nya Goro.

Ai Hoshino adalah seorang idol yang menyembunyikan kehamilannya dan tak ingin seluruh penggemarnya tahu bahwa ia sedang hamil sehingga ia dirawat di rumah sakit tempat Goro bekerja.

Ketika hari persalinan Ai Hoshino tiba, Goro dibunuh oleh sosok misterius. Setelah meninggal, Goro bereinkarnasi menjadi Aquamarine Hoshino salah satu bayi kembar dari Ai Hoshino.

Lalu, Aqua dibesarkan oleh Ai Hoshino yang sekaligus menjadi idol favorit-nya sambil menyelediki siapa yang telah membunuh Goro di masa lalu.

IDOLiSH7

anime idol (4)
IDOLiSH7. Sumber: IMDb

Selanjutnya ada anime Idol yang wajib ditonton yaitu IDOLiSH7. Anime ini diproduksi oleh studio animasi yaitu TRYOCA dan ditayangkan pada 7 Januari 2018.

Anime ini menceritakan tentang Tsumugi Takanashi yang baru pertama kali kerja di agensi produksi dan diangkat menjadi manager Idol Group pria oleh ayahnya di agensi tersebut.

Tsumugi Takanashi akan melakukan apapun untuk mendukung ketujuh member Idol Group tersebut. Setelah melihat performa memukau dari ketujuh member, ia harus mengeluarkan empat member dari grup tersebut.

Idol group yang tadinya berjumlah tujuh orang, kini hanya menyisakan tiga orang yang sudah diberi nama TRIGGER oleh agensi tersebut.

Lalu, agensi tersebut menggelar audisi dadakan untuk mengeluarkan anggota lama TRIGGER. Namun, Tsumugi menolak untuk mengeluarkan anggota lama karena semuanya berbakat.

Dengan ini, ia tetap untuk mendukung ketiga anggota TRIGGER untuk terus menggapai impiannya menjadi seorang Idol dan siap menghadapi musik yang kompetitif.

AKB0048

anime idol (2)
AKB0048. Sumber: WikiFandom

Ketiga ada anime Idol berjudul AKB0048 atau AKB0048: First Stage yang diproduksi oleh Satelight dan ditayangkan pada 29 April 2012.

AKB0048 menceritakan tentang Idol Group wanita yang akan dibentuk suatu planet baru setelah perang antarplanet diawal abad ke-21.

Deep Galactic Trade Organization adalah sebuah pemerintahan yang mempengaruhi banyak planet baru yang akan dihuni. Organisasi tersebut ingin menghancurkan dunia musik selamanya.

Sebuah Idol Group yang bernama AKB0048 akan dibentuk berdasarkan idol group asli asal Jepang yaitu AKB48 yang akan hidup di planet baru.

Setelah debut, AKB0048 telah diakui secara global dan misi mereka ingin menghidupkan kembali dunia musik yang sempat padam setelah perang antarplanet dengan mengadakan tour konser sebanyak mungkin.

Untuk bisa tampil di tour konser tersebut, para anggota Idol Group tersebut harus terus berlatih supaya bisa tampil maksimal di konser mereka.

Menariknya dari anime AKB0048 ini menampilkan karakter yang menggunakan seifuku (seragam/kostum) setlist dari persis milik AKB48.

Selection Project

anime idol (7)
Selection Project. Sumber: IMDb

Lalu ada anime Idol yang harus kamu tonton adalah Selection Project yang diproduksi oleh Doga Kobo Studios dan ditayangkan pada 1 Oktober 2021.

Anime ini menceritakan tentang Suzune Miyama yang mengidap penyakit jantung, namun ia selalu bermimpi untuk menjadi seorang Idol.

Pada akhirnya, ia memperoleh kesempatan dalam bentuk ‘Selection Project’, yaitu serangkaian kompetisi populer yang digelar oleh idola legend bernama Akari Amasawa.

Walapun Suzune Miyama harap-harap cemas akan penyakitnya karena takut ditolak dari project tersebut. Saat audisi, penampilannya berhasil memukau para juri, namun ia melakukan kesalahan sehingga didiskualifikasi.

Di sisi lain, Seira Kurusu adalah anggota audisi yang sempat dikalahkannya dan mengumumkan untuk resign dari ‘Selection Project’.

Seira Kurusu menyatakan bahwa Suzune Miyama yang harus menggantikannya pada projek tersebut. Akhirnya Suzune berjanji untuk bertemu Seira ketika sudah sukses menjadi Idol nanti.

Aikatsu!

anime idol (1)
Aikatsu! Sumber: Crunchyroll

Selanjutnya ada anime Idol yang cukup populer di tahun 2012 yaitu Aikatsu!. Anime ini diproduksi oleh Sunrise dan Bandai Namco Pictures yang ditayangkan pada 8 Oktober 2012.

Melansir dari JPNN, Aikatsu! mulai ditayangkan di RCTI pada 20 September 2014 dan idol group asal Jakarta yaitu JKT48 pernah berkolaborasi untuk menjadi duta Aikatsu! untuk mempromosikan Collaboration Card serta game Aikatsu!

Aikatsu! menceritakan tentang seorang Idol yang latihan di Starlight Academy yaitu tempat suci pagi artis atau penyanyi.

Karakter utama Aikatsu! yaitu Aoi Kiriya bersama Ichigo berniat untuk mendaftar ke sekolah swasta ternama untuk memenuhi pujian dari sang idol ternama yaitu Mizuki Kanzaki.

Dari lika-liku kehidupan yang telah dilewati, mereka berdua berniat untuk menerangi kehidupan orang lain seperti yang dilakukan oleh Mizuki Kanzaki alias sang idol ternama.

Wake Up, Girls!

anime idol (9)
Wake Up, Girls! Sumber: IMDb

Keenam ada anime Idol yang harus kamu tonton yaitu Wake Up, Girls! yang diproduksi oleh Tatsunoko Production dan ditayangkan pada 11 Januari 2014.

Anime ini menceritakan tujuh gadis yaitu Mayu, Airi, Minami, Yoshino, Nanami, Kaya, dan Miyu untuk membentuk group penyanyi baru yang bernama Wake Up, Girls!

Mereka bertujuh kurang percaya dengan managernya sendiri yaitu Matsuda. Suatu hari kekacauan terjadi, dimana mengharuskan semua anggota harus menggunakan pakaian renang daripada mempromosikan musiknya.

Lalu ada gosip yang menerpa Mayu dan hal ini menimbulkan perpecahan dalam grup tersebut hingga pada akhirnya mereka harus bertahan didalam grup walaupun ada masalah.

D4DJ First Mix

anime idol (3)
D4DJ First Mix. Sumber: IMDb

Terakhir ada anime Idol yang wajib ditonton yaitu D4DJ: First Mix diproduksi oleh SANZIGEN yang ditayangkan pada 30 Oktober 2020.

Di anime ini menceritakan tentang Rinku Aimoto yang balik ke Jepang setelah dari Afrika untuk menghadiri Yoba Academy yaitu sebuah sekolah untuk DJ, Vokalis dan Penari.

Disana ia bertemu dengan Maho Akashi yaitu seorang calon DJ yang mengajarinya basic DJ. Mereka berdua menghadiri pertunjukan DJ yang menampilkan DJ terkenal seperti Yoba dan Peaky P-Key.

Setelah pertunjukkan tersebut, mereka bertiga membentuk unit sendiri. Lalu, Rinku dan Maho mulai merekrut Muni Oonaruto dan Rei Togetsu untuk bergabung ke unit baru mereka.

Unit tersebut diberi nama ‘Happy Arround’ yang bertujuan memanfaatkan persahabatan mereka dan berusaha untuk menjadi DJ terbaik di Jepang.

Baca juga: 

Yuk, segera top up kebutuhan produk digital favorit-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!