Snapdragon 860 Primadona Baru HP Mid Range – Part 2

 

Baca sebelumnya: Snapdragon 860 Primadona Baru HP Mid Range – Part 1

7 Fakta Menarik Snapdragon 860

snapdragon 860
Qualcomm Snapdragon 860
  • Menggunakan fabrikasi 7nm

Tidak seperti Snapdragon 888 yang menggunakan fabrikasi 5nm, Snapdragon 860 masih menggunakan fabrikasi 7nm sama seperti adiknya Snapdragon 855/855+, ataupun kakaknya Snapdragon 865/865+ dan 870.

Terlepas dari hal tersebut, kita sebenarnya masih takjub, bahwa kini prosesor Snapdragon seri 800 tidak lagi khusus diperuntukkan HP kelas high-end, namun telah menyasar kelas mid-range.

  • Mendukung RAM hingga 16GB

Kalian tahu apa artinya ini? Artinya kurang lebih bahwa smartphone seri baru yang nantinya menggunakan prosesor ini, nantinya akan mampu menggunakan maksimal RAM sebesar 16GB.

Bayangin HP kelas mid-range dengan RAM 16GB? Bottleneck? Mungkin, tapi lebih meyakinkan kalau nantinya ada brand smartphone yang benar-benar menyematkan RAM maksimal 16GB untuk prosesor ini, agar kita bisa tahu bagaimana performa aslinya.

Tapi kayanya kalau disematkan RAM 16GB harganya ga mungkin di bawah 5 juta lah ya, kecuali Xiaomi mau mengulang kebiasaannya, ‘ngancurin harga pasar’! Mungkin saja sih, siapa yang tahu.

  • GPU Adreno 640

Tidak melakukan upgrade pada sektor GPU-nya, maka prosesor Snapdragon 860 kini masih menggunakan pengolah grafis (GPU) Adreno 640, sama seperti adiknya Snapdragon 855/855+.

Sama nasibnya seperti prosesor ini, Snapdragon 870 juga masih menggunakan GPU yang sama dengan Snapdragon 865/865+, yaitu Adreno 650.

Adreno 640 bukanlah GPU ‘ecek-ecek’, GPU ini dapat melibas game-game terberat saat ini, seperti Genshin Impact ataupun game FPS mainstream seperti Free Fire, PUBG, dll dengan pengaturan rata kanan.

  • Pertama digunakan pada Poco X3 Pro

xiaomi poco x3 pro
Sumber: GSMArena

Bukan jadi rahasia lagi, sampai saat artikel ini tayang pun, belum ada brand smartphone yang mengumumkan bahwa seri HP mereka selanjutnya akan menggunakan prosesor Snapdragon 860 besutan Qualcomm ini, selain Poco X3 Pro dari Xiaomi.

Mungkin banyak dari brand smartphone kompetitor tidak yakin untuk bersaing dengan Xiaomi di kelas ini, karena Xiaomi terlampau membuat harga Poco X3 Pro bukan seperti HP flagship pada umumnya, tapi seperti HP flagship dengan harga yang terjangkau.

  • Diprediksi akan menjadi jagoan HP mid-range

Sebenarnya kemunculan Poco X3 Pro merupakan angin segar, untuk kita para pecinta ‘kere hore’ yang ingin HP ngebut kelas flagship dengan harga HP kelas mid-range.

Semoga kedepannya banyak brand smartphone yang menggunakan prosesor ini, dan membanderolnya dengan harga yang rasional. Walaupun ‘rasional’ maksud kita disini lebih ke ‘murah’ sih.

Semoga dapat mengikuti jejak Xiaomi, itu intinya!

Baca juga: Upgrade Poco X3 Pro Padahal Sudah Punya Poco X3 NFC, Wajib Ga Sih?

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment