Keren! 22 Game Mendunia Ini Berlatar Indonesia! – Part 5

 

15. Delta Force: Land Warrior

Dalam game ber-genre FPS taktikal alias game tembak-menembak ini, para pemain akan menjadi salah satu prajurit dari Tim Delta yang harus melalui serangkaian misi sebanyak 30 tugas. Uniknya, dari sederet latar tempat yang diambil, terselip nama Indonesia sebagai salah satu negara yang disambangi. Tim Delta ditugaskan untuk meringkus gembong narkoba di Indonesia yang lebih tepatnya terletak di Laut Banda, Maluku.

Delta Force ‘diracik’ dan diterbitkan oleh NovaLogic tepat pada milenium ke-2. Game lawas ini dirilis ekslusif dan terkhusus hanya untuk platform Windows alias game PC. Berbeda dengan prekuel sebelumnya, Delta Forceyang saat ini telah dirilis di Steam, Delta Force: Land Warrior sayangnya tak mendapatkan perlakuan yang sama.

16. Mobile Legends

Tidak perlu diragukan lagi, Mobile Legends adalah salah satu game yang tengah dimainkan banyak kalangan baru-baru ini. Tersedia di Android, game ini menjadi game terpopuler yang dimainkan jutaan pemain asal Tanah Air. Oleh karenanya, Moonton selaku developer game berani menghadirkan karakter eksklusif dari Indonesia, yakni Kadita serta Gatotkaca yang terinspirasi dari cerita Nyi Roro Kidul. Gatotkaca juga sering berkata “unity in diversity” yang mirip seperti semboyan kita, Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda, tetap satu juga.”

17. Arena of Valor

“Main AOV dapet 7M!” Para gamers pasti sudah cukup familiar dengan slogan tersebut, terutama jika gamers sering menonton televisi. Akan tetapi, perlu disayangkan sebelumnya jika kita sebagai warga Indonesia tidak tahu jika salah satu hal unik yang terdapat dalam game ini adalah menawarkan karakter yang sangat kental dengan unsur Indonesia.

Sebagai mobile gaming yang kerap kali digadang-gadang sebagai versusan-nya Mobile Legends yang membawa karakter legenda, Arena of Valor justru membawa karakter unik Wiro Sableng. Wiro Sableng di sini menjadi salah satu Hero yang bisa pemain pilih. Vino G. Bastian yang jadi pemeran seri reboot pendekar ini yang juga turun langsung menjadi model dan menyumbang suara buat voice line-nya, lho!

Diketahui bahwa karakter hero tanker Wiro Sableng ini dirilis pada Agustus 2018 silam. Diceritakan bahwa Hero Tanker satu ini sangat kuat dengan skill pasif mampu menerima pemulihan health sebanyak 60% di posisi sekarat atau jika terkena immobilize selama 4,5 detik.

18. FIFA: Road to World Cup 98

Bicara mengenai sebuah game lawas, ada satu game yang sewaktu dulu sempat menggemparkan banyak kalangan, tentunya bagi negara kita Indonesia. Game yang bertajuk FIFA Soccer 1998 Road To World Cup ini bisa dimainkan di konsol PlayStation, Nintendo 64, Super Nintendo, dll.

Pada game tentang pertandingan sepakbola yang tentunya digemari banyak kaum adam ini ternyata di satu sisi juga menampilkan daya tarik dari TIMNAS Indonesia kita tercinta yang masuk dalam game ini. Namun, sayangnya pihak EA Sport selaku pembuat game ini sepertinya kurang memperhatikan sampai ke detailnya.

Alhasil, yang terjadi adalah banyak dari nama-nama yang ada di TIMNAS Indonesia kita yang tidak sesuai dengan placing-nya. Sebagai contoh, Kurniawan Dwi Yulianto yang jelas-jelas goal getter paling yahud pada saat itu, malah dijadikan back. Lalu ada lagi Nur Alim yang biasa ambil alih sebagai back, malah dijadikan striker. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena adanya keterbatasan teknologi saat itu, sehingga menjadi penyebab utama game ini kurang detil.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa developer game ini memasukkan TIMNAS Indonesia di sini memang karena pihak produsen game yang buat loh, bukan hasil bajakan dari hacker-hacker tanah air, ya. Jadi, berbangga hatilah Indonesia, TIMNAS kita sudah sejak lama diusung dan diketahui banyak pihak di dunia ini melalui game ini.

Nah, itu tadi keempat game yang berlatar di Indonesia, menyadur konsep kebudayaan khas Indonesia, maupun dibuat langsung oleh developer asal Indonesia. Nantikan kelanjutannya di Part 6.

Sebelumnya, jangan lupa ya, jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, komunitas gamers terbesar di Indonesia.

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Add a comment