Simak! 6 Buff Mobile Legends Ini Jadi Langganan Para Hero Jungler!

buff mobile legends di jungle

Udah tahu buff Mobile Legends belum? Penulis yakin pasti sebagian dari kamu ada yang masih bingung sama istilah buff di Mobile Legends lengkap dengan kegunaannya.

Sederhananya, buff di Mobile Legends ini adalah upgrade kekuatan hero untuk melawan tim musuh di arena. Panjangnya, buff merupakan tambahan kekuatan dengan berbagai macam variasi, misalnya tambahan damage, movement speed, HP, regen, defense, shield dan masih banyak lagi.

Dalam Mobile Legends sendiri, terdapat buff yang bisa kamu peroleh baik dari hero support maupun monster yang suka keluyuran di arena atau disebut creeps. Ada juga buff spesial yang bisa kamu dapatkan dari monster tertentu.

Seberapa pentingkah mengambil buff? Tentunya, kalau kamu ingin menang, harus punya tambahan kekuatan baik dari segi serangan maupun pertahanan. Banyak faktor yang mempengaruhi untuk menjadi pemenang di match, salah satunya adalah mendapatkan buff yang tepat.

Baca juga: 7 Item Counter Hero Marksman di Mobile Legends

Biasanya, hero yang keluyuran mencari buff adalah hero spesialis mid dan late game serta hero spesialis jungler. Peran mereka lainnya adalah untuk berbagi buff dengan tim sesuai kebutuhan supaya bisa mengalahkan tim lawan.

Intinya, kamu harus bisa menentukan buff apa dan mana saja yang cocok untuk hero yang ada di tim kamu, dan buff mana saja yang harus kamu halangi supaya hero tim lawan tidak kebagian. Berikut ini akan dibahas buff yang bisa kamu dapatkan dan fungsinya di arena tiap match.

Kegunaan Buff Mobile Legends Di Arena

buff mobile legends kegunaan buff

Ada berbagai macam buff Mobile Legends yang dapat kamu raih dalam setiap match, baik ranked, classic, maupun brawl. Syarat mendapatkan buff tersebut adalah dengan mengalahkan creeps, atau monster tertentu.

Mendapatkan buff di arena Mobile Legends adalah salah satu taktik terpenting baik bagi mereka yang bermain solo, team, maupun match resmi. Kamu bisa lihat bahwa tidak ada player yang tidak bisa memantapkan skillset-nya tanpa buff di arena.

Selain menjadi salah satu taktik terpenting, buff di arena juga akan melatih komunikasi kamu dan rekan kamu. Misalnya, rekan tim kamu menggunakan hero Miya, maka kamu yang menggunakan Tigreal akan meng-cover Miya untuk farming buff merah.

Nantinya, rekanmu yang menggunakan Miya akan menjadi core dalam mengalahkan lawan mulai dari mid game, sementara Tigreal bisa melakukan rotasi dengan Miya untuk jungling sejenak dan melengkapi item-nya.

Baca juga: Rekomendasi 6 Hero Jungler Terbaik di Mobile Legends

Dalam kasus tertentu, buff juga akan menjadi rebutan para player. Inilah salah satu alasan bahwa mendapat buff akan memperlihatkan seberapa jauh chemistry di antara rekan satu tim.

Hal ini juga akan menunjukkan player mana yang memang mementingkan kemenangan tim dan player mana yang hanya ingin bergerak sendiri tanpa arahan. Berbagi buff Mobile Legends bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur ego setiap player.

6 Buff Mobile Legends Yang Didapat Dari Monster Di Arena

Red/Orange Buff (Buff Merah Atau Jingga)

buff mobile legends buff merah 1

Buff Mobile Legends yang suka jadi rebutan kedua tim bahkan tiap hero adalah buff merah. Buff ini perannya sangat penting untuk meningkatkan kemampuan bertarung setiap hero. Buff ini juga memberikan efek yang berbeda-beda terhadap role para hero.

Maksudnya, jika kamu bermain sebagai marksman dan mendapat buff merah, maka ada perbedaan upgrade kekuatan dari rekan tim kamu yang bermain sebagai assassin.

Kalau kamu menggunakan hero dengan role assassin, fighter dan tanker, maka buff merah akan memberikan sebesar 50 True Damage dan memperlambat hero lawan atau monster sebesar 60%.

Bila kamu menggunakan marksman, mage dan support, maka kamu akan mendapat upgrade 50 True Damage dan akan mengurangi speed hero lawan atau monster sebesar 20%.

buff mobile legends buff merah 2

Buff merah ini akan banyak dibutuhkan oleh para hero core yang biasanya diisi oleh hero fighter, marksman, tanker dan mage. Hero support biasanya akan lebih fokus ke buff yang lain kecuali kamu menjadikan hero support sebagai penyerang sekunder dalam tim kamu.

Kamu bisa mendapatkan buff ini dari Monster berwarna merah atau Fiend, dengan lokasinya berada di bagian bawah lane. Hero bottom lane biasanya akan menemani core untuk berkeliling bottom lane sambil sedikit poke lawan yang datang ke lane tersebut.

Blue/Purple Buff (Buff Biru)

buff mobile legends buff biru 1

Selain buff merah, buff biru juga tidak kalah pentingnya karena akan memberikan beberapa upgrade yang khusus memulihkan status hero yang mendapatkannya.

Untuk buff biru ini tidak ada efek yang dibagi sebagaimana buff merah. Hero yang mendapatkan buff ini akan mendapat pengurangan CD skill mereka sebanyak 10%, pengurangan penggunaan mana sebesar 40%, serta pengurangan energy sebesar 25%.

Apabila hero dengan buff biru berhasil menciptakan kill, maka akan ada persentase restorasi HP bergantung pada target yang mereka kalahkan.

Jika hero dengan buff biru mengalahkan minion, maka akan mendapat 3% tambahan HP. Mengalahkan creeps atau monster akan mendapat tambahan HP sebesar 12%, sementara mengalahkan hero lawan mendapat tambahan 8% saja.

buff mobile legends buff biru 2

Buff biru di Mobile Legends ini akan cocok untuk hero yang boros mana, hero support dan mage yang memang serangannya mengandalkan magic attack dan damage, serta hero yang butuh tambahan HP dan sering melakukan kill.

Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading
Scroll to continue reading

Buff biru ini bisa meningkatkan performa hero dengan skillset yang membutuhkan stamina. Biasanya, hero seperti Harith, Silvanna dan Kaja akan sangat membutuhkan buff ini di mid dan late game.

Lokasi buff biru ini ada di lane yang cukup berbahaya, yakni di bagian atas dengan mengalahkan monster berwarna biru atau ungu. Maka dari itu, pastikan kamu membawa tank atau support untuk menemani kamu farming, atau boleh solo farming apabila level hero dan item sudah mumpuni.

Baca juga: 5 Hero Support yang Diperebutkan di MPL Season 8, Penasaran?

Healing Buff (Buff HP Dan Mana)

buff mobile legends healing buff 1

Buff Mobile Legends selanjutnya adalah buff untuk restorasi HP dan mana yang dapat kamu fokuskan untuk hero tertentu, atau untuk hero yang sedang sekarat. Paling tidak, ada banyak monster dan creeps yang bisa kamu kalahkan sehingga buff ini bisa kamu stack.

Setiap mengalahkan creeps dengan tipe crammer semacam kumbang, rockursa yang menyerupai beruang, serpent kecil berwarna ungu, kamu akan mendapat tambahan 5% mana dan 350 HP. Kalau memungkinkan, kamu bisa roaming sejenak untuk menumpuk buff ini.

buff mobile legends healing buff 2

Misalnya, salah satu hero core kamu kesulitan untuk recall dan lawan sedang menguasai lane tim kamu. Healing buff bisa menjadi salah satu opsi untuk restorasi HP tanpa kembali ke base.

Situasi tersebut akan lebih baik apabila ada hero support yang bisa heal HP maupun mana, atau kalau ada, support yang bisa memberi shield sehingga hero core kamu bisa lebih leluasa farming healing buff ini.

Lokasi buff ini biasanya tersebar baik di bottom maupun top lane, jadi kondisikan lane terlebih dulu jika kamu memutuskan untuk farming buff ini.

Walkie Grass Buff (Buff Speed)

buff mobile legends walkie grass 1

Buff yang satu ini khusus untuk para hero yang memiliki movement speed lambat dan kurang lincah. Sesuai dengan namanya, setiap hero yang mengalahkan monster dengan buff ini maka akan mendapat sedikit tambahan speed selama beberapa saat.

Buff speed ini juga akan sangat baik untuk beberapa hero yang memang butuh bergerak cepat, baik untuk poke maupun carry tim. Dalam situasi mid dan late game misalnya, mereka akan meminta cover atau rotasi dengan bottom laner supaya mereka bisa mendapat buff ini.

Kalau dalam tim kamu ada Lolita atau Layla dan mereka bisa cukup beruntung untuk survive hingga mid dan late game, maka sebaiknya kamu membiarkan mereka untuk farming buff ini bersamaan dengan buff merah. Support dan cover mereka supaya tidak jadi sasaran hero lawan.

Kalau dalam tim kamu ada Fanny, Beatrix dan Khufra juga, buff Mobile Legends yang satu ini akan efektif mempercepat speed mereka supaya bisa poke dan push tim lawan.

Akan lebih efektif kalau kamu juga menyediakan hero support yang bisa heal dan membantu serangan seperti Rafaela dan Nana.

Baca juga: Wajib Dicoba! Ini Build Nana Tersakit

Gold Buff

buff mobile legends gold buff

Buff Mobile Legends berupa buff gold akan sangat cocok bagi tanker dan fighter spesialis mid game sehingga mereka bisa melengkapi items yang mereka butuhkan untuk carry atau cover tim kamu nantinya.

Keuntungan dari buff ini adalah efek pasifnya yang akan menambah gold tim selama 30 detik dengan kelipatan sebesar 100 gold. Apabila hero kamu membunuh salah satu creep yang lebih kecil, maka akan ada efek pasif berupa tambahan sebesar 30 gold selama 9 detik.

Kamu akan menemukan gold buff ini di gold lane, yang biasanya dihuni oleh creeps berbentuk kelomang dengan cangkang kristal, baik yang berukuran besar maupun kecil. Ukuran kedua monster ini menentukan buff yang kamu dapat.

Gold lane ini lokasinya akan sedikit lebih ke atas, jauh dari buff merah, biru dan healing. Oleh karena itu, para hero yang menjaga lane tersebut akan sangat membutuhkan gold buff dan kamu juga hendaknya melakukan rotasi posisi agar mereka dapat farming dengan tenang.

Turtle Buff

buff mobile legends turtle buff

Mengalahkan Turtle di arena Mobile Legends akan memberikan keuntungan berupa kemampuan untuk menyerap damage sebesar 400 dengan syarat tidak boleh terkena serangan lawan ataupun creeps dalam 5 detik pertama.

Bagi hero yang menjadi orang terakhir dalam membunuh Turtle, mereka akan mendapat tambahan physical attack sebesar 20 serta tambahan 25 magic power.

Dari keuntungan-keuntungan tersebut, hero hybrid seperti Kimmy dan Natan yang bisa melakukan physical dan magic damage akan sangat diuntungkan. Jadi, apabila kamu atau rekanmu menggunakan kedua hero tersebut, berikanlah serangan akhir pada mereka.

Meskipun begitu, hero manapun juga akan cocok menjadi pembunuh Turtle selama mereka memang membutuhkan shield, tambahan physical dan magic damage. Selain kedua hero tersebut, hero carry juga akan sangat cocok mendapat buff turtle ini.

Baca juga: Sanctum Island, Map Baru Mobile Legends Yang Desainnya Mirip Atlantis Kuno!

Itulah kegunaan buff Mobile Legends serta keenam jenisnya yang akan sangat berpengaruh untuk hero jungler tim kawan maupun lawan. Terus bangun komunikasi antarsesama rekan kamu ya Vicigers supaya komposisi tim tetap terjaga!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?
Yuk isi email kamu di bawah!

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Add a comment

id_IDID