Yuk Kenali 5 Role Dota 2, Apa Saja?

Bagi player Dota 2 pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Role’ di dalam game. Pasalnya, game Dota 2 sendiri memang memerlukan role-role tertentu karena game ini bersifat game yang dimainkan secara tim dan memerlukan kerja sama agar mencapai kemenangan dalam permainan.

Ada banyak sekali role Dota 2 yang harus player pahami dan pelajari baik dari fungsinya hingga hero-hero apa saja yang perlu digunakan untuk mengisi role tersebut. Melalui artikel ini, VCGamers akan memberitahukan role Dota 2 yang wajib kalian pahami sebelum bermain game ini!

Role Dota 2

Sesuai namanya, role merupakan peran bagi hero yang cocok untuk dimainkan sebagai kombinasi dari atribut, abilities, dan item yang mereka gunakan sehingga mampu untuk membentuk permainan. Meskipun abilities dari hero mungkin disesuaikan untuk berbagai tujuan dan dapat digunakan dalam berbagai dan dalam situasi yang berbeda, fungsi role tetap ada untuk menentukan gaya bermain yang diharapkan sesuai dengan hero tersebut, serta tindakan yang harus pemain lakukan ketika bermain.

Berikut role Dota 2:

Carry/Safelane

role dota 2
Carry Dota 2

Role Carry atau Safelane merupakan hero yang dapat memperoleh kekuatan ofensif terbesar saat game berlangsung. Role ini merupakan role yang pada akhirnya akan memenangkan permainan tim.

Ini disebabkan karena tanggung jawab seorang carry Posisi 1 adalah mendapatkan banyak gold dan experience yang membuat para pemain tim akan mendapatkan item lebih cepat dari lawan, sehingga menskalakannya.

Role ini cenderung menjadi sangat kuat di late-game dibandingkan dengan hero lain setelah mereka mengumpulkan level dan item yang substansial. Setelah farming, role Carry akan sangat sakit untuk memberikan damage kepada lawan dan cenderung meraih kemenangan melalui skil mereka yang dapat menghancurkan struktur musuh daripada membunuh hero musuh.

Selain itu, pemain yang menggunakan role ini juga harus paham timing yang tepat untuk farming dan timing untuk membantu rekan satu tim dalam teamfight.

Hero yang cocok untuk mengisi posisi Carry diantara lain adalah Ursa, Phantom Assassin, Anti-Mage, Phantom Lancer, Drow Ranger, Juggernaut dll.

Baca Juga: Skill, Weapon dan Skill Combo Homer Free Fire 2022

Mid-Laner

role dota 2
Mid-Laner

Poosisi selanjutnya adalah Mid-laner. Mid-Laner merupakan role yang dimana para pemain akan melakukan solo lane dan akan mencapai level 6 paling cepat diantara role lainnya. Tugas utama dari pemain mid-lane yakni harus membantu lane mana saja yang nampaknya berjalan sangat buruk dan memerlukan bantuan.

Selain itu, mid-laner biasanya bisa memperkuat farm mereka dan mendapatkan early kill di side lane. Seorang Midlaner juga bertugas untuk mendapatkan XP, level, dan Gold secepat mungkin.

Dan tugas penting lainnya dari mid-laner adalah untuk mendominasi game pada early game dan mid game dengan melakuakn roaming untuk membunuh carry lawan dan push tower. Maka tak heran kalau posisi mid-lane merupakan posisi yang cukup penting dalam game.

Hero yang cocok untuk mengisi posisi ini adalah Invoker, Shadow Fiend, Templar Assassin, Outworld Destroyer, Storm Spirit, dll.

Baca Juga: Apa Itu Moba? Inilah Penjelasan Lengkapnya!

Off-lane

role dota 2
Off-Lane Dota 2

Role Off-lane memiliki salah satu peran terpenting dalam game Dota 2, pasanya hero dengan role ini memiliki tujuan untuk harras pemain carry musuh dan menghalanginya dalam melakukan farming, mencari gold dan exp.

Tugas penting lainnya dari peran off-lane adalah mengambil towers lebih awal dan memperluas map untuk tim kalian. Jika kalian memilih role offlaner dalam permainan, maka kalian harus memiliki kemampuan farming dan fighting yang tinggi dan cermat agar mampu berkontribusi maksimal bagi tim kalian.

Memiliki offlaner di tim juga memungkinkan tim kalian memiliki Jungler atau menjalankan tri-lane dengan risiko lebih kecil kehilangan suicide lane ke lane lawan.

Hero yang cocok mengisi role ini adalah Underlord, Axe, Tidehunter, Bristleback, Centaur Warruner, dll.

Baca Juga: 5 Item Untuk Hero Tank Dota 2 yang Wajib Kamu Gunakan

Soft Support

role dota 2
Soft Support Dota 2

Roaming Support atau Soft Support merupakan role yang juga cukup penting dalam Dota 2, pasalnya role ini memiliki tugas untuk memberikan visi kepada tim di map dan melakukan rotasi ke lane lain serta melakukan kill sebanyak-banyaknya terhadap lawan. Role Soft Support juga role yang harus diisi oleh pemain yang biasanya muncul untuk melawan rune dengan kekuatan 4 menit atau 6 menit untuk melawan mid-laner.

Selain itu, role ini juga memiliki tugas untuk membantu core tim untuk mencapai gold dan XP yang maksimal dengan cara roaming dari satu lane ke lane yang lain. Jika Vicigers memilih untuk menjadi role ini, Vicigers harus aktif melakukan creep stacking, warding, dan membantu carry tim untuk melakukan kill ataupun gank terhadap musuh.

Perlu diingat bahwa hero Support tidak terlalu membutuhkan item, dan umumnya hanya membeli satu atau dua item untuk penggunaan pribadi pemain. Jika terdapat sisa gold, pemain biasanya menggunakan untuk membeli item yang penting untuk tim seperti Animal Courier, Sentry Ward, Observer Ward, dan Smoke of Deceit.

Hero yang cocok untuk mengisi posisi ini adalah Spirit Breaker, Mirana, Earth Spirit, Bounty Hunter, Undying, Sand King, Tusk, dll.

Baca Juga: Rekomendasi Hero Hard Support Terbaik Dota 2 2022

Hard Support

Hard Support Dota 2

Selain Soft Support, posisi lainnya adalah Hard Support. Salah satu tugas yang cukup penting bagi Hard Support adalah mengamankan game carry hero dari support off-laner dan melakukan roaming. Selain itu, role ini juga berperan untuk membantu carry tim dalam melakukan farming.

Jika Vicigers memilih untuk menjadi role ini, maka Vicigers harus cermat ketika melakukan analisis map, warding, dan stack creep mampu menjaga carry tim dari gank lawan.

Hero yang cocok untuk mengisi posisi ini adalah Lion, Witch Doctor, Enchantress, Ogre Magi, Pudge, dll.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!