5 Daftar HP dengan GPS Terakurat Mulai 1 Jutaan

Beberapa pengguna membutuhkan HP terjangkau yang telah dilengkapi dengan GPS terakurat untuk kebutuhan sehari-harinya.
hp dengan gps terakurat (3)
Tracking the Road on Smartphone. Sumber: Pexels

5 Daftar HP dengan GPS Terakurat Mulai 1 Jutaan

Saat ini sudah banyak sekali pengguna yang membutuhkan HP dengan GPS terakurat karena sangat membantu untuk menavigasi arah ketika perjalanan atau berjalan kaki.  

Selain itu juga, kecanggihan GPS dalam HP ini bisa digunakan untuk melacak kebugaran, mencari lokasi seseorang, layanan Ojol (Ojek Online) sampai nge-gaming. 

Oleh karena itu bagi seorang Ojek Online ataupun kamu yang sering berkendara, sangat penting sekali untuk memiliki HP dengan fitur GPS.

Mungkin beberapa HP telah dilengkapi dengan GPS-nya masing-masing, akan tetapi GPS tersebut terkadang kurang akurat.

Maka dari itu, pada HP yang ber-GPS harus dilengkapi dengan teknologi BeiDou, GLONASS dan Galileo untuk memastikan akurasi lebih tinggi.

Kali ini kita akan membahas tentang rekomendasi HP dengan GPS terakurat dengan spek terbaik serta harganya yang terjangkau.

Baca juga:

GPS

hp dengan gps terakurat (6)
Maps on Smartphone. Sumber: Unsplash

Melansir dari nasa.gov, Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi radio berbasis ruang angkasa yang dimiliki oleh Amerika Serikat serta dioperasikan oleh United States Air Force (USAF).

Definisi lain, GPS adalah sistem navigasi berbasis satelit yang bisa digunakan oleh semua pengguna yang telah memiliki GPS tanpa harus berlangganan atau biaya tambahan.

Selain itu juga, GPS ini sangat berfungsi untuk melihat kondisi cuaca di suatu tempat, termasuk di seluruh dunia dalam waktu 24/7.

Sistem GPS ini terbagi menjadi tiga bagian utama yang dilengkapi dengan fungsinya masing-masing yaitu sebagai berikut:

Space Segment (Segmen Ruang Angkasa)

GPS ini bisa mencakup hingga 30 satelit orbit yang dioperasikan serta dirawat oleh US Space Force. Satelit ini akan menyiarkan sinyal radio untuk mengontrol dan memantau stasiun di Bumi.

Control Segment (Segmen Kontrol)

Pada Control Segment (Segmen Kontrol) ini mencakup kontrol utama dan cadangan, antena darat serta beberapa stasiun yang ada di seluruh dunia.

Stasiun-stasiun tersebut untuk memastikan satelit GPS dapat berfungsi dengan baik, mampu mengorbit di lokasi serta memiliki jam atom akurat.

User Segment (Segmen Pengguna)

Segmen pengguna ini mencakup semua orang yang mengontol satelit GPS untuk mengukur PNT (Positioning, Navigation dan Timing).

Biasanya smartphone yang menyediakan GPS untuk menavigasi arah ketika berkendara, tentunya hal ini harus memiliki teknologi akurasi tinggi.

GPS di smartphone digunakan untuk menemukan lokasi, menavigasi arah, menentukan waktu, melacak kebugaran, melihat riwayat lokasi sampai menemukan device yang hilang.

Daftar HP dengan GPS Terakurat

hp dengan gps terakurat (7)
Google Maps on Smartphone. Sumber: Unsplash

Seperti yang disebutkan, GPS berfungsi bagi pengguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari sehingga banyak yang membutuhkan GPS di HP-nya.

Maka dari itu, saatnya kita mengetahui rekomendasi apa saja HP dengan GPS terakurat yang memiliki spesifikasi terbaik serta harga yang terjangkau.

OPPO A60

hp dengan gps terakurat (8)
OPPO A60. Sumber: Oppo.com

HP yang ada GPS pertama adalah OPPO A60 sebagai salah satu smartphone mid-class yang dirilis pada 17 Mei 2024 kemarin dengan harga resminya Rp2.999.000.

Dengan harga tersebut, pastinya OPPO A60 ini tidak ingin mengecewakan para penggunanya. Pasalnya, spesifikasi yang dimilikinya cukup gahar.

Desain OPPO A60 ini sangat menarik sekali, dimensinya sangat tipis yang disebut dengan Ultra Slim yaitu hanya berukuran 7,68 mm.

Layarnya menggunakan IPS LCD yang telah mendukung hingga 950 nit sehingga bisa digunakan ketika berada di luar ruangan ataupun di bawah sinar matahari.

OPPO A60 ini memiliki refresh rate 90 Hz yang bisa membantumu untuk scroll seharian dengan lancar dan mulus tanpa lemot.

Dari ukurannya yang tipis, dapat membuatnya gampang dimasukkan ke saku celana. Berat bobotnya hanya 186 gram yang membuat pengguna semakin nyaman menggunakannya.

OPPO A60 cukup tahan dari debu ataupun percikan air karena memiliki sertifikasi IP54. Salah satu keungulannya, HP ini bisa digunakan walaupun layarnya basah.

Dengan sertifikasi tersebut, OPPO A60 ini cukup tahan pada benturan hingga cuaca dan suhu yang cukup extreme.

Terdapat dua opsi warna dari OPPO A60 ini yaitu Ripple Blue yang terinspirasi dari warna ombak di laut, serta Midnight Purple yang terinspirasi dari tampilan langit ketika malam hari.

Pada permukaan body-nya, diakhir dengan glossy dengan tekstur serta glitter yang membuat HP ini sangat berkilau dan tetap elegan.

Untuk baterainya sendiri berkapasitas 5000 mAh yang bisa tahan seharian bahkan hingga 30 jam pemakaian padahal hanya sekali charger saja.

Didukung dengan fast charging yaitu 45W SuperVOOC yang mampu charger hingga 50% hanya dalam setengah jam saja sehingga kamu bisa cepat menggunakannya.

RAM pada OPPO A60 ini memiliki kapasitas 8GB yang berjenis LPDDR4x serta memiliki fitur RAM Expansion yang bisa diperluas lagi.

Adapun dua varian memori internal pada OPPO A60 ini yaitu 128 GB dan 256 GB sehingga dengan ini kamu tak perlu khawatir untuk menyimpan aplikasi berat.

Memiliki kamera wide angle beresolusi 50 MP serta 2 MP depth sensor pada body belakang dari OPPO A60 ini yang akan menghasilkan foto lebih jernih.

Kamera selfie-nya beresolusi 8 MP mampu mengambil foto selfie dengan hasil jernih dan tidak buram walaupun berada di tempat minim cahaya.

HP OPPO A60 ini juga telah dilengkapi dengan fitur GPS dengan teknologi GNNS yang bisa mendukungmu untuk menemukan lokasi.

Gadget satu ini telah mendukung berbagai satelit global seperti GPS, A-GPS, GLONASS, GALILEO BDS dan QZSS yang cukup unggul dalam hal penjelajahan.

OPPO ini mampu meningkatkan akurasi dan letak, dengan Chipset Snapdragon 680 mampu meningkatkan pengalaman navigasi.

POCO C65

hp dengan gps terakurat (4)
POCO C65. Sumber: mi.co.id

Kedua ada HP POCO C65 dengan fitur GPS terakurat yang dirilis pada awal tahun kemarin tepatnya pada 4 Januari 2024 dengan harga resminya Rp1.379.000.

Desainnya cukup menarik, terutama pada modul kameranya disertai dengan nama POCO disampingnya yang terlihat elegan dan simpel.

POCO C65 memiliki dua opsi warna yaitu Black dan Ungu, dimana memiliki desain bump kamera khas dari POCO sendiri.

Berat bobot dari HP POCO C65 ini sebesar 192 gram, namun masih tetapi nyaman digenggam ataupun dimasukkan kedalam saku celana.

Walaupun desainnya terbuat dari plastik, akan tetapi body belakangnya telah dilapisi dengan finishing mate sehingga membuatnya terasa licin.

Adapun opsi RAM dari POCO C65 ini yaitu dengan varian 8 GB/256 GB serta 6 GB/128 GB yang sangat cocok digunakan untuk gaming dan lain-lain.

Selain itu juga, adapun kapasitas memori dari POCO C65 ini yang masih bisa kamu perluas lagi dengan menggunakan kartu memori.

Untuk layar POCO C65 sendiri berukuran 6,74 inch yang bisa diandalkan untuk menonton film ataupun scroll sosial media full seharian.

Hadir dengan refresh rate 90 Hz yang bekerja secara otomatis, sehingga kamu juga masih bisa menyesuaikan modenya sendiri berdasarkan aplikasi, seperti 60 Hz atau 90 Hz.

Selain itu juga, kamu masih bisa menggunakan POCO C65 ini ketika berada diluar ruangan, karena memiliki tingkat kecerahan hingga 600 nit.

POCO C65 ini dilengkapi dengan kamera di belakang body-nya, Kamera utamanya beresolusi 50 MP, sedangkan kamera makronya beresolusi 2 MP.

Sementara untuk kamera selfi-nya beresolusi 8 MP yang akan menghasilkan kualitas gambar terlihat sangat detail, fokus dan sangat cerah.

Keunggulan lainnya, POCO C65 ini telah dilengkapi dengan NFC yang bisa membantumu untuk mengecek saldo e-money ataupun bertransaksi digital.

Fitur GPS pada HP ini menggunakan sistem navigasi, GLONASS, Galileo dan BeiDou yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti navigasi atau melacak lokasi.

Infinix Note 40

hp dengan gps terakurat (1)
Infinix Note 40 Pro. Sumber: id.infinixmobility.com

Ketiga ada HP Infinix dengan GPS terakurat yaitu Infinix Note 40 Pro dirilis pada pada 2 Mei 2024 disertai harga resminya yaitu Rp3.799.000 aja.

Desainnya sangat menarik, dimana pada layarnya yang melengkung disebut dengan 3D Curved dan belakangnya sangat mewah dengan dua pilihan warna yaitu Vintage Green dan Titan Gold.

Dengan ukuran dimensi 74,6 x 164,35 x 7,75 mm serta bobotnya yang berukuran 190 gram ini membuatnya tidak berat sehingga masih nyaman digenggam.

Pada kamera utama Infinix Note 40 Pro ini beresolusi 108 MP, kamera makronya 2 MP dan kamera depth-nya 2 MP. Sedangkan kamera selfie-nya 32 MP dilengkapi dengan LED flash.

Jadi, dengan resolusi kameranya yang bagus sehingga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan fotografi seperti foto ataupun merekam video.

Adapun dua opsi RAM yang bisa kamu pilih yaitu RAM 8 GB dan RAM 12 GB dengan masing-masing memiliki memori internal sebesar 256 GB.

Kapasitas baterainya sebesar 5.000 mAh yang bisa bertahan sampai 2 hari serta didukung dengan fast charging 70 watt dengan beberapa mode charging yaitu Smart dan Hyper.

Nah, Infinix Note 40 Pro juga bisa dijadikan sebagai solusi bagi kamu yang mencari smartphone dengan sistem navigasi terbaik.

Pada Infinix Note 40 ini telah mendukung satelit global utama seperti GPS dan A-GPS yang cukup bermanfaatkan untuk memperoleh lokasi yang tepat.

Itel P55

hp dengan gps terakurat (2)
Itel P55. Sumber: itelindonesia/Instagram

Keempat ada Itel P55 yang disebut sebagai HP dengan GPS terakurat serta harganya terjangkau sekitar Rp. 1. 599.000 aja di Indonesia.

Desainnya memang terlihat tidak seperti HP murahan, desainnya sendiri sangat elegan dan terlihat mewah karena teksturnya yang berkilau pada body belakangnya.

Selain itu juga, Itel P55 ini tidak memiliki sertifikasi ketahanan debu dan air serta tidak menggunakan Gorilla Glass. Namun, keunggulannya terletak pada body-nya yang kuat.

Dilengkapi dengan RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB serta tersedianya fitur untuk memperluas RAM virtual sebesar 2 GB, 4 GB dan 6 GB plus adanya slot MicroSD.

Kamera Itel P55 ini sangat canggih, pada kamera utama 50 MP wide-angle serta telah dilengkapi dengan autofokus yang bisa menghasilkan foto lebih fokus dan detail.

Selain itu juga, mendukung fitur perekaman dengan resolusi 2K pada kecepatan 30 FPS sehingga hasil video terlihat lebih detail.

Baterainya berkapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan seharian yang dilengkapi dengan fitur hemat baterai berbasis AI yang bisa kamu sesuaikan sendiri.

GPS pada Itel P55 ini telah mendukung sistem GPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou, Galileo dan NavIC untuk menemukan lokasi, menavigasi arah dan menemukan device yang hilang.

Redmi 13C

hp dengan gps terakurat (5)
Redmi 13C. Sumber: mi.co.id

Terakhir ada HP Redmi 13C dengan GPS terakurat serta memiliki performa dan kemampuan multitasking yang cukup memuaskan.

Redmi 13C ini yang dirilis pada 7 Desember 2023 ini dibanderol seharga Rp. 1. 799.000 yang bisa kamu beli di Official Marketplace Xiaomi.

Desainnya sangat stylish dengan varian warna Midnight Black, Navy Blue, Clover Green serta Glacier White yang memberikan kesan elegan, playful dan modis.

Untuk desainnya sendiri dibuat untuk memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menggenggamnya. Ukuran dimensinya pun tak terlalu besar hanya 78 x 168 x8.1 mm dan bobot 192 gram.

Adapun opsi RAM yang bisa dipilih yaitu RAM 6 GB/128 GB serta RAM 8 GB/256 GB yang cukup besar serta memiliki slot khusus untuk MicroSD dan kamu pun bisa menambah penyimpanan hingga 1 TB.

Dari sisi kamera, terdapat kamera utama yang beresolusi 50 MP serta kamera makro beresolusi 2 MP yang mampu menghasilkan foto yang lebih fokus dan detail.

Selain itu juga, kamu bisa memanfaatkan Night Mode untuk mengambil gambar yang lebih maksimal walaupun dalam di kondisi gelap.

Kamera selfienya beresolusi 8 MP disertai dengan fitur HDR dengan ring cahaya yang mampu menghasilkan foto yang lebih jelas dan tidak buram.

Layar Redmi 13C ini cukup besar karena berukuran 6,74 Inch dengan refresh rate 90 Hz yang bisa diandalkan ketika scroll, nonton video atau gaming.

Kapasitas baterainya mencapai 5.000 mAh yang bisa tahan dalam waktu 8 jam saja. Selain itu juga telah mendukung fast charging, dimana hanya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk mengisi full baterai.

Keunggulan lainnya dari Redmi 13C, kamu bisa memanfaatkan fitur GPS-nya untuk menavigasi arah ataupun menijau lokasi dengan menggunakan satelit GALILEO.

Baca juga:

Yuk top up kebutuhan produk digital favorit-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!