5 Daftar Aplikasi Berbahaya untuk Anak-anak

Sudah banyak aplikasi berbahaya yang tak lazim diakses oleh anak-anak, dari aplikasi tersebut kemungkinan akan berdampak buruk.
aplikasi berbahaya (3)
Apps on Samsung. Sumber: Pexels

5 Daftar Aplikasi Berbahaya untuk Anak-anak

Aplikasi berbahaya untuk anak-anak cukup menjadi perhatian di era digital. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia sehingga orangtua harus lebih waspada lagi.

Beberapa aplikasi ada yang terlihat aman, padahal sebetulnya berbahaya seperti mengandung iklan tidak pantas, fitur chat yang tidak aman bahkan adanya unsur perjudian.

Terkadang hal ini akan merusak mental dan emosional anak-anak setelah melihat konten-kontennya atau menggunakan aplikasi tersebut.

Selain itu juga, dampak buruknya akan menyebabkan risiko seperti cyber bullying ataupun pencurian informasi pribadi.

Kali ini akan membahas terkait beberapa aplikasi berbahaya yang dinilai sangat tidak pantas jika digunakan oleh anak-anak.

Baca juga:

Daftar Aplikasi Berbahaya

aplikasi berbahaya (2)
Apps on iPhone. Sumber: Unsplash

Kebanyakan fitur pada aplikasi tak jauh-jauh dari fitur “Suka” dan “Share”. Namun, berawal dari fitur ini akan memicu cyber bullying oleh para penggunanya.

Selain itu juga, bisa jadi sosial media tersebut menjadi sarang bully, konten negatif sampai penguntit yang akan mem-bully penggunanya secara anonim.

Ada pula aplikasi dengan fitur room chat anonim yang kemungkinan akan memberikan ancaman secara daring. Namun, beberapa penggunanya tidak sadar.

Sebetulnya, saat ini banyak aplikasi yang lebih bermanfaat dan aman digunakan untuk anak-anak. Tapi, ada beberapa aplikasi yang perlu dihindari oleh anak-anak.

Tinder

aplikasi berbahaya Tinder
Tinder. Sumber: tinder.com

Pertama ada Tinder, yang dikenal sebagai aplikasi pencarian jodoh atau dating app. Aplikasi ini merupakan sosial media yang memungkinkan penggunanya untuk mencari teman berdasarkan lokasi, minat dan kepribadian.

Kelebihan Tinder

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Tinder yaitu diantaranya:

User Friendly

Tinder dirancang dengan User Interface yang sangat simple sehingga mudah digunakan oleh para penggunanya untuk bisa berinteraksi dengan cepat.

Geolokasi

Kelebihan lainnya, pengguna bisa menemukan calon pasangan berdasarkan lokasi terdekat. Fitur ini menjadi salah satu fitur yang populer.

Swipe

Di Tinder, kemungkinan pengguna bisa memilih calon pasangan untuk melihat visual mereka melalui cara “swipe”, yang membuat interaksi lebih cepat.

Minat

Pengguna bisa menyesuaikan pencarian berdasarkan minat yang sama sehingga banyak calon pasangan untuk mencari kecocokan terlebih dahulu.

Bahaya Tinder

Berikut ini adalah beberapa alasan dari Tinder sebagai aplikasi berbahaya untuk anak-anak yaitu diantaranya:

Identitas Anonim

Banyak pengguna yang memalsukan identitasnya di Tinder sehingga bisa menimbulkan interaksi yang menyesatkan bahkan terjadinya penculikan.

Rating Usia

Dengan populernya aplikasi Tinder, terkadang masih banyak anak-anak dibawah umur yang mengabaikan batasan usia dari aplikasi ini.

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan rating usia yang ditetapkan oleh pengembang atau penerbit aplikasi sebelum mengunduhnya.

Konten Dewasa

Tinder adalah aplikasi yang dirancang untuk orang dewasa dan sering digunakan untuk mencari pasangan yang akan berakhir dengan hal-hal seksual.

Apabila anak-anak yang mengakses aplikasi ini, cukup beresiko karena mereka bisa melihat chat atau konten yang kurang sesuai dengan usianya.

Fitur Geolokasi

Walaupun Tinder memiliki fitur Geolokasi yang menjadi salah satu keunggulannya terutama bagi orang dewasa. Namun, fitur ini menjadi bahaya bagi anak-anak.

Fitur ini cukup berbahaya bagi anak-anak karena memungkinkan mereka untuk bertemu orang asing di lokasi terdekat bahkan bisa berisiko penculikan atau pelecehan.

Chat Tidak Pantas

Selain itu juga, Tinder memungkinkan penggunanya untuk mengirim chat setelah adanya kecocokan. Tapi, jika diakses oleh anak-anak, kemungkinan mereka akan mendapatkan chat yang tidak pantas.

Swipe Addiction

Hadirnya fitur Swipe di Tinder, memudahkan penggunanya untuk mendapatkan calon pasangan melalui swipe. Tapi, untuk anak-anak bisa membuat mereka ketagihan yang mengganggu akivitas mereka.

Snapchat

aplikasi berbahaya Snapchat
Snapchat

Kedua ada Snapchat yang dinilai menjadi aplikasi berbahaya untuk anak-anak. Pasalnya, Snapchat adalah aplikasi mengirim snap foto atau video singkat.

Snapchat menjadi aplikasi yang cukup menarik, karena penggunanya bisa mengirim ‘Snap’ yang bisa dilihat dalam waktu terbatas sebelum menghilang.

Oleh karena itu, aplikasi ini cukup marak digunakan oleh remaja untuk mencari teman dari luar negeri dan mendapatkan pasangan disana.

Tak jarang banyak pengguna Snapchat yang mengira bahwa aplikasi ini bisa dijadikan sebagai dating app pengganti Tinder, Tantan atau Bumble.

Kelebihan Snapchat

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari fitur-fitur yang terdapat di aplikasi Snapchat yaitu diantaranya:

Fitur Edit Video dan Foto

Snapchat memungkinkan penggunanya untuk mengedit video atau foto sebelum dikirimkan ke pengguna lain atau mengunduhnya dengan memberikan stiker, efek atau filter.

Snap

Sebagai salah satu fitur utama dari snapchat adalah pesan yang bersifat sementara, dimana penggunanya dapat mengirimkan foto atau video yang disebut ‘Snap’ dalam waktu terbatas.

Tentunya snap tersebut akan menghilang setelah maksimal dua kali dilihat oleh penerimanya dan plusnya akan memberikan privasi tinggi.

Stories

Dengan fitur ini, penggunanya bisa mengunggah snap melalui fitur ‘Stories’ yang bisa dilihat oleh teman-temannya selama 24 jam saja.

Snap Map

Di fitur ini, kamu bisa melihat tema-temanmu yang berasal dari negara atau lokasi yang sama bahkan bisa melihat teman-temanmu yang berada di seluruh dunia.

Kamu juga bisa melihat beberapa story yang diupload oleh pengguna lain bahkan story non teman-teman-mu di seluruh dunia.

Bahaya Snapchat

Berikut ini adalah beberapa alasan dari Snapchat yang dikategorikan sebagai aplikasi berbahaya untuk anak-anak yaitu diantaranya:

Chat Sementara

Pada umumnya, konten Snapchat bersifat sementara sehingga banyak pengguna yang mensalahgunakan aplikasi ini. Banyak pengguna yang mengirimkan konten tidak pantas melalui fitur ini karena bersifat sementara.

Namun, pengguna masih bisa menyimpannya apabila konten tersebut diatur tanpa timer. Tapi, jika konten tersebut diatur secara terbatas, penggunanya harus menggunakan aplikasi screen record untuk menyimpannya.

Konten Dewasa

Di Snapchat, tidak bisa memfilter konten mana yang tidak pantas. Dengan ini, banyak pengguna yang sering mengirimkan snap yang mengandung unsur seksual atau kekerasan.

Bahkan pada fitur ‘Discover’ sendiri sering menampilkan beberapa konten populer yang mengandung unsur dewasa.

Snap Maps

Fitur snap map yang hadir disini, bisa memungkinkan penggunanya untuk melihat dimana mereka berada secara real-time apabila mengaktifkannya.

Tentu, hal ini cukup bahaya untuk anak-anak karena memungkinkan pengguna lain untuk melacak keberadaan teman-temannya setiap waktu.

Snapstreaks

Fitur unggulan dari Snapcaht adalah ‘Streaks’, dimana antar pengguna mengirimkan snap dengan sering yang bisa membuat mereka ketagihan karena harus mencapai target Streak.

Terkadang, hal ini menjadi tekanan bagi penggunanya karena harus mengirimkan snap secara terus menerus sebelum ‘Snapstreak’ berakhir atau terputus sehingga mengulangnya dari awal.

Pengguna Anonim

Di snapchat sendiri, kita tidak bisa melihat foto seseorang sehingga kebanyakan penggunanya tidak mengetahui wajah dari pengguna lain.

Terkadang, fitur ini cukup bahaya untuk anak-anak, karena kemungkinan bisa berinteraksi dengan pengguna anonim yang berniat jahat.

BIGO LIVE

aplikasi berbahaya Bigo Live
Bigo Live. Sumber: bigo.tv

Ketiga ada BIGO LIVE adalah aplikasi live streaming yang memungkinkan penggunanya untuk menyiarkan aktivitas daily-nya secara real-tima dan berinteraksi dengan penontonnya.

BIGO LIVE menjadi salah satu aplikasi populer di kalangan remaja karena mereka bisa berbagi momen secara langsung dan berteman secara online.

Kelebihan BIGO LIVE

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari fitur-fitur yang terdapat di aplikasi BIGO LIVE yaitu diantaranya:

Interaksi Secara Real-Time

Pada umumnya, pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan penontonnya selama live berlangsung sehingga akan menciptakan komunikasi cepat antara penonton dan streamer.

Sumber Pendapatan

Selain itu, streamer yang melakukan live akan menerima gift virtual dari penontonnya yang bisa diubah menjadi uang tunai. Banyak yang menggunakan BIGO LIVE sebagai sumber pendapatan.

Sarana Mengekspresikan Diri

Aplikasi ini dapat membantu para penggunanya untuk mengekspresikan diri, seperti menunjukkan bakatnya sambil meminta feddback kepada penontonnya.

Bahaya BIGO LIVE

Berikut ini adalah informasi terkait bahaya dari aplikasi BIGO LIVE yang perlu diketahui yaitu diantaranya:

Konten Live Dewasa

Di BIGO LIVE sering kali menampilkan beberapa siaran live yang menampilkan konten tidak pantas seperti unsur seksual atau percakapan yang tidak sesuai.

Gift Virtual

Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk terus memberikan gift virtual kepada streamer. Namun, bahaya bagi anak-anak karena bisa menimbulkan kekhawatiran finansial dalam jumlah banyak.

Minim Pengawasan

Siapapun streamernya bisa menyiarkan apa saja, termasuk konten yang bersifat dewasa dan tidak pantas untuk anak-anak. Jadi, kemungkinan besar anak-anak yang menonton akan melihat atau mendengar hal-hal dewasa.

Tiktok

Tiktok
Tiktok. Sumber: tiktok.com

Walaupun saat ini Tiktok menjadi salah satu sosial media terpopuler di seluruh dunia untuk kebutuhan hiburan ataupun bisnis. Di aplikasi ini bisa memungkinkan penggunanya untuk membuat, menonton dan membagikan video.

Meskipun rata-rata konten yang dibagikan bertujuan sebagai hiburan, tapi Tiktok menjadi aplikasi berbahaya bagi anak-anak karena konten-kontennya.

Kelebihan Tiktok

Berikut ini ada beberapa kelebihan dari aplikasi Tiktok yaitu diantaranya:

Platform Kreatif

Aplikasi Tiktok bisa membuat penggunanya lebih kreatif, karena terdapat beberapa fitur untuk membuat konten menarik sebelum diunggah.

Adapun tools editing yang ada di Tiktok yaitu filter, efek, musik, sticker, font, cut tools dan lain-lain untuk membuat konten menarik.

Interaksi Global 

Pengguna bisa terhubung dan berteman dengan seluruh pengguna Tiktok di seluruh dunia, sehingga hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mempelajari budaya dari negara lain.

Konten Viral

Biasanya konten-konten yang diupload ke Tiktok lebih cepat masuk FYP (For You Page) yang ditonton oleh banyak orang sehingga konten tersebut lebih cepat viral.

Selain itu juga, di Tiktok sebagai salah satu sosial media sebagai tempat viralnya tren atau challenge baru di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk terus mengikuti tren yang sedang populer.

Bahaya Tiktok

Berikut ini adalah informasi terkait bahaya dari aplikasi Tiktok untuk anak-anak yang perlu diketahui yaitu diantaranya:

Konten Tidak Pantas

Banyak konten-konten yang tidak pantas dari aplikasi Tiktok, terutama yang mengandung kekerasan, bahasa kasar ataupun tindakan tak senonoh yang bisa dilihat oleh anak-anak.

Challege Bahaya

Tiktok juga cukup terkenal dengan challenge yang sering viral. Walaupun banyak challenge yang bersifat lucu dan menghibur, tapi ada juga challenge yang membahayakan dan cukup berisiko seperti tindakan fisik yang kasar atau bahaya.

Pengaruh Negatif

Selain itu juga, Tiktok diisi dengan konten-konten yang beragam dan kemungkinan viral ke seluruh penjuru dunia. Terkadang, konten ini menjadi sebuah acuan bagi anak-anak karena mereka akan mengimitasi dari konten yang dilihat tersebut.

Kecanduan

Fitur ‘Infinite Scroll’ yang ada di aplikasi Tiktok, kemungkinan akan membuat penggunanya merasa ketagihan untuk terus melihat konten-konten yang ada disana tanpa henti sehingga menjadi kecanduan.

Tentu, apabila anak-anak mengakses Tiktok, mereka akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menonton konten disana, termasuk konten dewasa apabila tidak diawasi oleh orangtua.

Bumble

Bumble
Bumble. Sumber: Bumble.com

Terakhir ada Bumble yang menjadi salah satu aplikasi berbahaya untuk anak-anak. Aplikasi ini merupakan dating app yang memungkinkan penggunakan untuk menjalin hubungan disana.

Aplikasi ini populer karena memberikan kontrol kepada perempuan yang harus memulai chat terlebih dahulu kepada setalah terkoneksi.

Kelebihan Bumble

Adapun beberapa kelebihan dari Bumble yaitu diantaranya sebagai berikut:

Perempuan Memulai Chat

Biasanya yang selalui memulai percakapan duluan di sosial media adalah laki-laki. Namun, berbeda di aplikasi Bumble, perempuan yang akan memulai chat kepada teman-temannya.

Bumble BF dan Bumble Bizz

Selain itu, Bumble memiliki fitur untuk mencari teman (Bumble BFF) dan membangun jaringan professional (Bumble Bizz), sehingga bisa terhubung untuk berteman dan pekerjaan.

Bahaya Bumble

Berikut ini merupakan beberapa bahaya dari Bumble apabila diakses oleh anak-anak yaitu diantaranya:

Konten Dewasa

Sebagai dating app, tak jarang aplikasi ini digunakan untuk menjalin hubungan romantis atau berkencan. Chat di aplikasi ini sering mengandung konten dewasa.

Interaksi dengan Orang Asing

Bumble memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan orang asing, kemungkinan akan berbahaya bagi anak-anak karena mereka terhubung dengan orang yang berniat buruk.

Privasi dan Informasi Pribadi

Di Bumble sering membagikan informasi pribadi seperti lokasi, foto atau data-data lainnya. Bagi anak-anak yang belum paham terkait hal ini, mereka akan mudah membagikannya kepada orang asing yang bisa membahayakan mereka.

Baca juga:

Yuk segera top up kebutuhan produk digital favorit-mu termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!