5 Cara Nonton Drama Asia Favorit, Selain di Dramacool!

Dramacool adalah salah satu platform streaming drama Asia yang sangat populer digunakan oleh Drama Enthusiast karena gratis.
dramacool (4)
Logo Drama Cool

5 Cara Nonton Drama Asia Favorit, Selain di Dramacool

Dramacool adalah salah satu platform streaming ilegal yang populer bagi kalangan Drama lovers. Walaupun situs ini cukup beresiko, namun masih banyak yang menggunakannya.

Para pengguna belum menyadari bahwa setiap platform ilegal akan membahayakan untuk device serta termasuk kedalam pelanggaran hukum.

Salah satu resikonya adalah keamanan data, biasanya situs ilegal tersebut memiliki banyak iklan yang sangat menganggu yang terkadang diarahkan ke halaman pengunduhan.

Nah, dari iklan sampai file yang telah diunduh tersebut merupakan sebuah malware yang bisa merusak device dan mencuri informasi-mu.

Pastinya kamu tak ingin mengalami hal ini kan? Maka dari itu, penting sekali untuk menghindari menonton di platform streaming ilegal seperti Dramacool.

Mungkin bagi kamu yang ingin mengetahui tentang platform streaming satu ini, pastikan kamu harus membacanya sampai selesai ya!

Baca juga:

Dramacool

dramacool (2)
Sumber: Website Dramacool

Dramacool merupakan platform streaming ilegal yang digunakan untuk menonton serta mengunduh Drama dari Asia secara gratis dan lengkap.

Kamu bisa menonton Drama dan Film dari negara-negara Asia seperti Korea, Jepang, Taiwan, Hongkong, China sampai Thailand disini.

Selain itu juga, platform streaming ilegal satu ini juga memiliki beragam film, drama sampai reality show dari Korea yang cukup lengkap dan terbaru.

Kelebihan Dramacool

Menjadi salah satu platform streaming ilegal yang cukup populer, ternyata Dramacool memiliki beberapa keunggulannya seperti misalnya:

Iklan

Walaupun platform streaming ini memiliki iklan non-legal pada saat kita pertama kali membuka halamannya, namun jika kamu menonton drama disana sudah tak disuguhi oleh iklan.

Perlu diingat bahwa iklan-iklan yang terpampang disana bisa membahayakan device-mu bahkan bisa sampai mengambil data pribadimu.

Maka dari itu, jangan pernah mengklik iklan tersebut ketika muncul di halaman website atau pun pada pop-up.

Streaming Lancar

Jika menonton disini, kamu juga bisa menonton drama Asia dengan lancar tanpa adanya gangguan sehingga kamu bisa menikmati drama favorit-mu.

Kualitas Terbaik

Sebetulnya, Dramacool juga memiliki kualitas yang cukup tinggi sehingga kamu masih bisa mengatur resolusi drama yang akan kamu tonton.

Terdapat tiga resolusi yang bisa kamu pilih mulai dari 240p, 480p sampai 1080p untuk bisa menonton drama sesuai dengan kekuatan jaringanmu.

Gak Perlu Premium

Mungkin kamu juga ingin menonton drama Asia di platform legal tapi malas menggunakan premium karena merasa mahal untuk membelinya.

Nah dengan menonton drama di Dramacool, kamu tidak perlu untuk membeli paket premium dari platform streaming legal tersebut lho!

Hal ini tentunya menjadi poin plus bagi platform streaming ini karena kamu tak perlu menguras dompet-mu untuk berlangganan atau menonton drama Asia favorit-mu.

Daftar Platform Streaming Selain Dramacool

dramacool (1)
Ilustrasi Menonton KDrama. Sumber: Pinterest

Dikarenakan Dramacool adalah platform streaming ilegal, seharusnya kamu menghindari untuk menonton Film, Drama atau Reality Show disana.

Pada sub kali ini akan membahas tentang platform resmi legal untuk menonton drama Asia favorit-mu selain Dramacool yaitu sebagai berikut:

Viu

dramacool (8)
Viu

Pertama kamu bisa menonton Drama Asia di platform streaming Drama Enthusiast yaitu Viu. Platform ini seringkali digunakan untuk menonton Dracin, Drakor dan Drathai.

Selain itu juga, kamu bisa menonton Series Indonesia, Film Korea, Variety Show Korea, Serial Arab, Drama Turki dan Anime di sini.

Adapun drama yang bisa ditonton seperti Dia Angkasa, Cinderella at 2AM, Perfect Family, Summer Night, Serendipity Embrace dan Running Man.

Untuk paketnya pun cukup beragam mulai dari Paket 1 bulan, Paket 3 bulan, Paket 6 bulan dan Paket 12 bulan seharga Rp. 33.000 aja!

Saat ini, Viu sendiri sedang ada promo paket premium 6 bulan hanya Rp. 100.000-an aja yang bisa dibayar melalui Gopay, DOKU, Shopeepay, OVO, Pulsa, Link Aja dan DANA.

WeTV

dramacool (10)
WeTV

Selanjutnya ada WeTV yang bisa kamu andalkan untuk menonton Drama dari negara-negara Asia favorit-mu ketika sedang berada di waktu luang.

Di WeTV ini kamu bisa menonton drama Korea, drama China, Serial Indonesia, Variety Show dari Korea, Film dari Asia dan juga Anime.

Kamu bisa menonton berbagai drama Asia yang sedang terpopuler di WeTV seperti Love & Bid Farewell, Thei Wonderfull Time dan Cute programer.

Uniknya di WeTV ini kamu bisa menonton drama atau film yang gratis sampai berbayar dengan berlangganan WeTV VIP.

Paket WeTV VIP mulai dari Rp. 15.000/bulan untuk pengguna baru, WeTV VIP 3 bulan seharga Rp. 45.000 dan WeTV VIP 1 Tahun seharga Rp. 159.000.

Serta ada pula paket premium biasa yang dibanderol mulai dari Rp. 25.000/bulan, Paket 3 bulan seharga Rp. 69.000 dan Paket 1 Tahun Rp. 249.000.

Vidio

dramacool (8)
Vidio.com

Selanjutnya ada Vidio.com yang bisa kamu gunakan untuk menonton Drama Asia favorit-mu, terutama dari negara Thailan,d China, Korea, Singapore, Filipina dan Jepang.

Selain bisa menonton drama Asia, Vidio.com ini seringkali digunakan untuk menonton streaming pertandingan olahraga seperti Sepak Bola, MotoGP atau Badminton.

Ada beberapa drama Asia yang populer seperti Queen for Seven Days, The Red Apple, Midnight Motel, A Love So Beautiful dan Las Madame.

Tersedia empat paket Premium dengan harga yang berbeda-beda yang bisa kamu gunakan untuk bisa menonton drama Asia favorit-mu sepuasnya disana.

Pertama, Paket Platinum yaitu Paket Sebulan seharga Rp. 39.000 dan Paket Setahun seharga Rp. 269.000-an aja.

Lalu, ada Paket Premium League untuk Semua Device yaitu Paket Sebulan seharga Rp. 139.000 dan Paket Setahun seharga Rp949.000.

Terakhir, ada Paket SPOTV yang memiliki 3 jenis paket yaitu SPOTV Only (dengan iklan) seharga Rp30.000/30 hari, Platinum+SPOTV seharga Rp59.000/30 hari dan Platinum+SPOTV+Premier League seharga Rp159.000/30 hari.

Catchplay+

dramacool (6)
Catchplay+

Selanjutnya ada platform streaming legal yang bisa kamu pakai untuk menonton drama Asian favorit-mu yaitu Catchplay+.

Di Catchplay+ ini menawarkan berbagai film, serial atau drama dari mancanegara, termasuk salah satunya dari negara-negara Asia, lho!

Kamu bisa menonton drama dari Asia seperti Pee Mak, I Can See You Shine, Not a Murder Story, Concrete Utopia, Beautiful Vampire dan lain-lain.

Mungkin bagi kamu yang ingin menonton drama Asia di Catchplay+, kamu tinggal berlangganan premium 1 Bulan, 3 Bulan dan 1 Tahun.

Untuk Paket 1 Bulan seharga Rp22. 500 (pengguna baru), Paket 3 Bulan seharga Rp75.000 dan Paket 1 Tahun seharga Rp199.000.

Netflix

dramacool (7)
Netflix

Terakhir, ada Netflix yaitu platform streaming film dan drama yang paling sering diandalkan oleh movie enthusiast untuk menonton film-film mancanegara sampai Asia.

Netflix ini menjadi platform streaming kesayangan para penikmat film dan drama, pasalnya mereka menonton drama favoritnya seperti Queen of Tears, Eternal Love dan Hidden Love.

Ada pilihan paket premium yang tersedia di Netflix yaitu Paket Mobile 480p seharga Rp. 54.000/bulan, Paket Basic 720p seharga Rp65.000/bulan, Paket Standard 1080p seharga Rp120.000/bulan dan Paket Premium 4K+HDR seharga Rp186.000/bulan.

Hukum Menonton Film Bajakan

dramacool (3)
Ilustrasi Menonton Drama. Sumber: Unsplash

Sempat dijelaskan bahwa adanya dampak dari menonton film atau drama secara ilegal yaitu merusak device-mu dan hal ini juga termasuk pelanggaran hukum.

Apabila menonton film atau drama bajakan di internet, salah satunya di Dramacool termasuk ke dalam hukum pidana.

Melansir dari Aktainaja, Film adalah karya intelektual yang telah melekat dengan hak cipta, maka dari itu ada Undang-Undang sebagai dasar pelindungnya.

Nah, jika kamu mengunduh, menontonnya secara offline serta mengunggah kembali film atau drama bajakan tersebut termasuk ke dalam pencurian.

Lalu, Film tersebut dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta tepatnya tercantum pada Pasal 40 UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Selain tak hanya dilindungi oleh Undang-undang Hak Cipta, akan tetapi Undang-Undang ITE sebagai aturan untuk pelaku pembajakan.

Aktivitas mengunduh film bajakan dari Internet juga disebut sebagai duplikasi suatu ciptaan. Hal ini bisa dikenakan ketentuan pada pasal 113 ayat (3) Undang-Undang Hak Cipta:

“Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).”

Setelah mengunduh dan mengupload-nya kembali untuk memperoleh keuntungan, hal ini bisa disebut sebagai “pembajakan” berdasarkan Pasal 1 angka 23 UU Hak Cipta yaitu sebagai berikut:

“Pembajakan adalah Penggandaan Ciptaan dan/atau produk Hak Terkait secara tidak sah dan pendistribusian barang hasil penggandaan dimaksud secara luas untuk memperoleh keuntungan ekonomi.”

Adapun hukuman bagi pembajak film sesuai dengan Pasal 113 ayat (4) UU Hak Cipta sebagai berikut:

“Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang dilakukan dalam bentuk pembajakan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah).”

Baca juga:

Yuk top up kebutuhan produk digital favorit termurah, cepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!