Inilah 6 Tips Perfect Main Mobile Legends Buat Pemula

 

Inilah 6 Tips Main Mobile Legends Buat Pemula

Hallo sobat Vicigers, Mobile Legends adalah game MOBA yang asyik ditonton tapi cukup kompleks dimainkan. Jika kamu sudah akrab dengan game MOBA, kamu gak perlu belajar lama buat memainkannya. Tapi jika kamu pemula, gimana caranya memainkan Mobile Legends?

Baca Artikel selengkapnya

Sebagai pemula di Mobile Legends, ada banyak hal yang harus dipelajari. Kamu bisa belajar sambil bermain, tapi jika banyak membuat kesalahan justru bakal menjadi beban bagi teman satu tim yang harus jadi carry.

Nah, bagaimana caranya biar bisa cepat jago main Mobile Legends dan mencegah jadi beban? Kamu bisa ikuti tips dan trik bermain MLBB sebagai pemula berikut ini yang sudah dirangkum oleh VCGamers.co.id

Cara Memainkan Mobile Legends untuk pemula

Kenalan dengan hero

Tips Main Mobile Legends Buat Pemula
Source : Pinterest

Mobile Legends punya ratusan hero dengan skill dan spesialisasi masing-masing. Kelihatannya memang sulit untuk mempelajarinya satu-satu, namun secara singkat para hero MLBB dibagi ke dalam kategori berikut.

  1. Tank: Tank memiliki tugas di garis depan untuk menahan musuh. Mereka memiliki defense tinggi untuk mengunci pergerakan lawan. Contohnya adalah Tigreal, Johnson, dan Grock.
  2. Fighter: Jika tank bertugas di depan untuk keperluan defensif, maka fighter adalah untuk urusan ofensif. Mereka adalah petarung jarak dekat yang berfungsi sebagai damage dealer untuk lawan. Contohnya adalah Chou, Sun, dan Ruby.
  3. Assassin: Assassin adalah punya kecepatan dan serangan mematikan untuk membunuh hero lawan. Namun, jumlah HP yang sedikit membuat mereka menantang untuk dimainkan. Contohnya adalah Fanny, Helcurt, dan Hayabusa.
  4. Mage: Mage merupakan DPS yang bisa menghasilkan kerusakan dari jarak jauh. Biasanya mereka memiliki burst dan crowd control yang ampuh. Contohnya adalah Alice, Eudora, dan Harith.
  5. Marksman: Layaknya mage, marksman juga menyerang dari jarak jauh. Lalu apa perbedaannya? Jika mage memberikan DPS, maka marksman spesialisasinya pada crit. Contohnya adalah Miya, Layla, dan Lesley.
  6. Support: Support memiliki peran sebagai pendukung pemain lain. Skill mereka condong digunakan untuk healing atau melindungi teman. Contohnya adalah Angela, Diggie, dan Rafaela.

Tentukan hero favorit kamu di masing-masing role dan pelajari mekanika game dengan mereka sebelum berpindah ke hero lain. Jika masih bingung, kamu bisa memulai dengan Layla karena mekanikanya ramah newbie.

Kuasai role hero favorit

Source : Gadgetren

Setelah menentukan hero yang mau kamu dalami, kamu bisa memulai menguasai mereka dengan memahami skill mereka. Tombol panah di sisi kanan layar dekat tombol ultimate menjelaskan seperti apa skill dari hero yang kamu pakai. Manfaatkan skill mereka sesuai situasi dan kondisi di dalam game.

Selain itu, kamu juga bisa memasang Battle Spell sebelum game dimulai. Battle Spell memberikan skill tambahan yang bisa menambah kekuatan atau menutupi kelemahan hero kamu.

Siapkan item yang tepat

Source : Kincir

Item berfungsi menambah kekuatan hero kamu. Item harus dibeli di dalam match, namun kamu bisa mengatur loadout-nya sebelum game dimulai. Setiap hero hanya bisa membawa 6 item.

Di dalam menu game, kamu bisa mencontek loadout item dari para pro player yang sudah terbukti keampuhannya. Kemudian di dalam game, kamu bisa membeli item tersebut dengan menekan ikonnya di sudut kanan atas layar.

Pelajari map

Source : Pinterest

Map di dalam Mobile Legends terbagi ke dalam beberapa segmen: Base, Lane, dan Jungle. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Base: Base adalah markas tim kamu dan tim lawan yang ada di sudut kanan atas dan kiri bawah map. Jika base kamu hancur, maka kamu akan kalah.
  • Lane: Lane adalah jalur tempat minion dari base bergerak menuju base lawan. Di sepanjang lane, ada beberapa tower yang berfungsi menghambat laju hero dan minion. Jalur di tepi atas dan kiri adalah top lane, jalur di tepi kanan dan bawah adalah bottom lane, dan jalur diagonal di tengah adalah mid/middle lane.
  • Jungle: Area tempur yang dipenuhi monster yang bisa dibunuh. Beberapa monster bakal memberikan ekstra HP, gold, atau buff sesuai dengan role. Ada juga monster boss yaitu Turtle dan Lord yang bakal memberikan gold dan EXP besar. Lord adalah yang paling diincar, karena Lord bisa dipanggil oleh mereka yang mengalahkannya untuk menerjang base lawan!

Memahami map Mobile Legends bukan cuma menguntungkan buat kamu, tapi juga buat tim untuk memudahkan komunikasi dan kerja sama!

Pahami positioning

Source : RevivalTV

Bicara soal tim, Mobile Legends adalah game berbasis tim. Kamu harus bekerja sama dengan teman untuk bisa memenangkan game. Kunci dalam pertarungan tim ini ada pada positioning.

Positioning adalah mengatur posisi hero kamu relatif dengan hero teman dan lawan. Positioning bakal mempengaruhi hasil pertarungan hero kamu dan tim kamu dengan hero lawan, serta bisa mengubah jalannya pertandingan jika dieksekusi dengan baik.

Posisi antara para hero berlangsung dinamis dan saling mempengaruhi satu sama lain. Positioning bukan cuma soal menjaga jarak, namun juga memahami role setiap hero dan juga hubungan diantaranya, serta tahu kapan waktunya menyerang dan mundur.

Riset meta baru dan beli hero

Source : Bluestack

Strategi yang buat kamu ampuh kali ini, bisa jadi bakal tidak berguna di lain waktu. Apalagi saat ada patch baru muncul yang mengubah gameplay secara signifikan. Kamu harus rajin meriset meta yang oke, dengan cara mencoba sendiri atau mempelajari pengalaman gamer lain.

Dalam beberapa patch, bakal hadir hero baru yang bisa kamu beli. Loh, hero harus beli? Ya, sebagian hero MLBB harus dibeli dengan battle points atau diamond. Sebelum membeli hero, pastikan kamu sudah mengetahui skill, kelebihan, dan kekurangannya agar bisa dimaksimalkan dengan baik.

Itu dia beberapa tips dan trik memainkan Mobile Legends sebagai pemula ya Vicigers. Semoga bisa cepat jago dan dapat rank tinggi ya!

Jangan lupa buat cek turnamen MLBB dan turnamen esports lainnya yang bisa kamu ikuti di VCGamers.co.id, mulai dari PUBGM, Mobile Legends dan masih banyak lagi!

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

 

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Add a comment