Cara Brilliant Main Mobile Legends Agar Gak Lag Lagi

 

Suka Lag Saat Main? Ini Cara Biar Main Mobile Legends Gak Lag Lagi

Hallo sobat Vicigers, Apa kamu suka kesal saat main Mobile Legends terus-terusan lag? Sebenarnya apa sih yang bikin game-nya lag?

Biasanya ada dua alasan kenapa game Mobile Legends suka lag. Pertama adalah faktor koneksi sehingga game kamu berjalan loncat-loncat. Kemudian ada juga faktor dari HP sendiri yang punya performa lambat sehingga game-nya berjalan dalam framerate kecil.

Untungnya ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mencegah lag di game Mobile Legends. Apa saja cara tersebut? Yuk disimak yaa Vicigers

Nyala-matikan mode pesawat

Source : Geeky Soumya

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menyalakan dan mematikan mode pesawat. Setelah dinyalakan, tunggu sesaat lalu matikan mode pesawat.

Hal ini akan me-reset koneksi kamu dan harapannya mengurangi lag di dalam game.

Setting APN dan koneksi LTE

Source : Oprekinaja

APN adalah jembatan antara SIM card dan jaringan internet. Untuk mengatur setting APN masuk ke Pengaturan > Lainnya > Jaringan Seluler > Nama Titik Akses > Atur APN. Setting APN berbeda untuk setiap provider.

Selain itu, pastikan ponsel kamu tetap menggunakan koneksi LTE/4G dan jangan sampai pindah ke koneksi 3G. Buka aplikasi Telepon lalu masukkan kode #*#*4636#*#*. Selanjutnya pilih menu Informasi Telepon dan yang terakhir pilihlah 4G LTE Only.

Jangan main saat sedang charge

Source : Spin.com

Bermain saat sedang charge baterai memang menjamin HP kamu gak bakal kehabisan daya. Tapi bermain saat sedang charge punya dampak buruk.

Charging baterai akan menghasilkan panas, dan panas bisa menurunkan performa HP kamu saat bermain game sehingga akan terasa lag.

Atur grafik ke paling rendah

Source : Noobs2pro

Bermain Mobile Legends di grafik tertinggi akan memakan resource HP dan bisa membuat lag saat bermain dengan intens.

Untuk menguranginya, turunkan setting grafik ke medium atau low agar game berjalan lebih lancar.

Nyalakan Speed Mode

Source : Noobs2pro

Mobile Legends punya fitur bernama Speed Mode. Jika aktif, game akan menyedot data lebih besar namun bakal menjamin kestabilan jaringan.

Mode ini bisa dinyalakan di pengaturan jaringan pada menu setting.

Gunakan jaringan wifi

Source : ESR.com

Jika kamu punya koneksi wifi di rumah atau tempat tongkrongan, sangat disarankan untuk berpindah ke koneksi wifi.

Selain karena lebih stabil, koneksi wifi juga gak bakal memotong kuota, serta mengurangi konsumsi baterai jadi lebih hemat.

Matikan aplikasi background

Source : Asurion

Setting game sudah paling rendah tapi game-nya masih lag? Cek jika ada aplikasi lain yang masih berjalan di background.

Aplikasi seperti media sosial, email, musik, dan lainnya yang masih ada di histori bisa memakan RAM dan bandwidth HP. Sebelum main, pastikan aplikasi tersebut sudah dimatikan.

Nyalakan performance mode dan game booster

Source : Spin.com

Dua fitur di dalam HP ini berfungsi untuk menggenjot performa sampai ke tetes terakhir. Setiap HP punya nama aplikasi dan setting berbeda jadi jangan lupa dicek dulu.

Performance mode biasanya mengalokasikan komponen HP untuk menyedot daya baterai lebih banyak agar bisa bekerja optimal. Sementara itu game booster bakal mematikan aplikasi dan fitur yang gak dibutuhkan sementara agar game bekerja lebih lancar.

Restart game

Source : Mobile Legends Free

Restart lag mobile legends Mobile Legends Free Setelah bermain sekian lama, mungkin kamu bakal merasa game berjalan agak berat atau lag. Kadang-kadang, kamu bisa me-restart game dan menghapusnya dari RAM. Saat masuk kembali, game bakal berjalan lebih lancar.

Ganti HP

Source : Cake.com

Jika cara-cara di atas sudah kamu coba tapi masih gak berhasil, mungkin masalah sebenarnya ada di HP kamu.

Meskipun ganti HP adalah cara paling gampang namun mahal, setiap HP memang punya limitasi yang semakin diperpendek berkat faktor usia. Game Mobile Legends semakin berkembang di tiap update, sementara spesifikasi HP begitu-begitu saja.

Itu dia beberapa tips Vicigers agar gak lag saat main Mobile Legends. Apakah ada cara yang paten buat kamu?

Jangan lupa buat cek turnamen MLBB dan turnamen esports lainnya yang bisa kamu ikuti di VCGamers.co.id, mulai dari PUBGM, Free Fire, Mobile Legends, dan masih banyak lagi!

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Add a comment