4 Judul Anime Mafia yang Layak Direkomendasikan

4 rekomendasi anime mafia terbaik versi VCGamers ini cocok banget untuk dijadikan selingan dan variasi menonton.
4 rekomendasi anime mafia terbaik versi VCGamers
4 rekomendasi anime mafia terbaik versi VCGamers. Sumber: Pixabay

Anime mafia merupakan salah satu genre niche (digandrungi kalangan tertentu saja) yang kian berkembang. Yap, seiring dengan bertumbuhnya industri ‘kartun’ Jepang, banyak orang mulai melirik genre-genre seperti ini.

Nah buat Vicigers yang mungkin tertarik untuk ngikutin judul-judul yang termasuk ke dalamnya, bisa banget nih simak ulasannya berikut ini! Bahkan mungkin 1-2 di antaranya sudah familiar banget. Yuk langsung cekidot aja!

Baca juga:

Rekomendasi Judul Anime Mafia Terbaik Versi VCGamers

Nah sekarang langsung saja kita masuk ke pembahasan utama mengenai rekomendasi judul anime mafia terbaik versi VCGamers. Beberapa yang akan masuk ke daftar ini merupakan anime baru/sudah tamat secara singkat.

Wajar bila jumlah episodenya masih sedikit. Namun ada juga yang sudah berjalan long run dan masih bertahan hingga sekarang lho Vicigers! So supaya enggak makin penasaran, berikut ini adalah ulasannya:

4. Gungrave

Gungrave
Gungrave. Sumber: Official Site

Untuk entry paling awal, ada anime yang berasal dari waralaba ternama game dengan tajuk Gungrave. Pertama rilis untuk konsol PlayStation 2, game ini terus mendapatkan sekuel baru hingga di platform next gen. saat ini.

Ceritanya sendiri berkisar pada dua orang sahabat, Brandon Heat dan Harry MacDowel. Keduanya kerap luntang-lantung, berbuat onar, dan menggoda wanita. Suatu hari, terjadi hal yang mengubah kehidupan mereka.

Singkatnya mereka lalu join ke dalam mafia besar yakni Millennion. Namun adanya perbedaan niatan bergabung yang dimiliki kedua sahabat itu menghasilkan konflik yang menjadi latar belakang cerita anime ini.

3. La storia della Arcana Famiglia

La storia della Arcana Famiglia
La storia della Arcana Famiglia. Sumber: Official Site

Untuk judul ini, mungkin enggak banyak Vicigers penikmat anime yang paham. Ini karena La storia della Arcana Famiglia pertama kali terjun ke industri hiburan dalam bentuk novel dan juga game.

Plotnya sendiri berkisar pada kisah kelompok mafia yang disebut Arcana Famiglia. Bermarkas di suatu pulau bernama regalo, mafia ini memperoleh kekuatan dengan membuat kontrak dengan kartu tarot!

Dan ketika Mondo, sang ‘Godfather’ keluarga tersebut, mengumumkan pengunduran dirinya, ia berniat mengadakan turnamen sihir untuk mencari penerus yang dapat menggantikan posisinya di kelompok tersebut.

2. Lupin the Third

Lupin the Third
Lupin the Third. Sumber: Official Site

Di posisi kedua ada manga suspense yang ‘mlipir’ ke genre mafia yakni Lupin the Third. Anime/manga yang memiliki judul sesuai nama protagonisnya ini menceritaken kiprah seorang pencuri kawakan.

Sebagai seorang kriminal, Lupin tidak pernah bergerak sendirian. Ia selalu dibantu oleh para ‘nakama’-nya yang memiliki beragam skill unik: membentuk sebuah geng ‘sindikat’ yang terorganisir.

Saking melegendarisnya, anime/manga ini sudah menjelma menjadi sebuah waralaba abadi. Meski penulisnya, Kazuhiko Katō, sudah berpulang sejak 2019, serial ini masih berlangsung dari tahun 1967 sampai sekarang.

1. Detective Conan

Detective Conan dan Movie Terbarunya
Detective Conan dan Movie Terbarunya. Sumber: Official Site

Dan di tempat pertama apa lagi kalau bukan anime atau manga kriminal kesukaan banyak orang: Detective Conan! Meskipun genre yang diusungnya sendiri cenderung ke arah misteri, namun tetap ada unsur mafia-nya lho!

Ini terlihat dari plot ceritanya: Conan Edogawa, alias sosok samaran Shinichi Kudo, berupaya mengungkap organisasi hitam yang menjadi dalang tragedi upaya pembunuhan sang protagonis tersebut.

Aoyama Gosho selaku penulisnya sendiri sudah menggarap judul ini selama 30 tahun loh! So, butuh upaya lebih buat Vicigers yang baru mau ngikutin karena chapter/episode-nya sudah menyentuh angka hingga ribuan!

Baca juga:

Nah itulah tadi pembahasan mengenai 4 rekomendasi anime mafia versi VCGamers yang cocok untuk menjadi alternatif genre. Jangan lupa juga, untuk top-up gaming dan mikrotransaksi lainnya, VCGamers Marketplace tempat terbaik!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!