4 Hal yang Harus Kamu Miliki untuk Menjadi Caster Profesional

Caster

Dalam sebuah turnamen esports tentunya kamu sering melihat adanya seorang komentator. Yang dengan celotehannya membuat suasana sebuah pertandingan menjadi lebih seru dan meriah. Komentator tersebut dalam dunia esports disebut sebagai caster atau shoutcaster.

Industri esports Tanah Air saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dan membuat profesi caster juga mulai banyak dilirik oleh anak muda akhir-akhir ini.

Jika kamu juga tertarik untuk mencoba peruntungan di bidang ini, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi.

Mulai dari bisa berbicara dengan lancar dan jelas, memahami secara detail game yang akan dikomentari pertandingannya, dan yang terakhir kamu harus bisa mengenal para playernya beserta profil singkatnya.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Fakta Tentang Moonton, Gamers Wajib Tahu

Apa itu Caster?

Caster
Caster MDL S7. Sumber: Youtube

Caster adalah seseorang komentator dalam sebuah turnamen esports. Sama halnya dengan pertandingan olahraga lain, seorang shoutcaster nantinya akan bertugas untuk menganalisa dan mengomentari jalannya pertandingan, sehingga pertandingan tersebut menjadi lebih menarik lagi untuk ditonton.

Seorang shoutcaster yang baik diharapkan memiliki kemampuan untuk berbicara secara lugas, memiliki pemahaman tentang game akan dia pandu, dan mengetahui profil singkat para player. Dengan kemampuan seperti itu, maka jalannya pertandingan jadi lebih menarik lagi.

Namun, seiring berkembangnya industri esports, tuntutan seorang shoutcaster tidak hanya itu saja. Diharapkan jika mereka juga bisa untuk menghibur para penonton dengan mengeluarkan jokes-jokes ringan. 

Baca juga: Foto Nana Mobile Legends, Hero Mage Lucu yang Bikin Repot

Hal yang Harus Dimiliki oleh Caster

Caster
Caster M4 World Championship. Sumber: Youtube

Jika kamu ingin menjadi seorang shoutcaster, maka ada 4 modal yang harus kamu miliki.

Karena dengan 4 modal ini, kamu akan menjadi caster yang bisa menjalankan perannya dengan baik.

1. Percaya Diri

Untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum bukanlah hal yang mudah. Perlu rasa percaya diri, melakukan latihan dan mental yang kuat.

Oleh karena itu, dengan memiliki rasa percaya diri, maka akan memberimu keberanian untuk tampil dan siap dicemooh jika kamu melakukan beberapa kesalahan kecil.

Tidak ada seorang ahlipun di dunia ini yang langsung berhasil menjalankan perannya pada awal dia merintis karir. Jadi, jika kamu melakukan beberapa kesalahan, itu tidak masalah. Yang penting kamu tetap percaya diri dalam menjalani karir sebagai caster.

2. Memiliki Kemampuan Berbicara Secara Lugas

Memiliki kemampuan berbicara yang lugas erat kaitannya dengan rasa percaya diri seseorang. Jika kamu sudah memenuhi modal pertama, yaitu percaya diri, maka poin kedua ini akan lebih mudah kamu lakukan.

Namun, kemampuan bicara yang lugas ini akan semakin kamu kuasai ketika kamu sudah memiliki pengalaman atau sudah sering tampil di depan umum. 

3. Memiliki Pemahaman tentang Game, Player, dan Tim Esports

Sebelum kamu terjun langsung dan menjadi seorang caster, alangkah baiknya terlebih dahulu kamu memiliki pengetahuan tentang game, player, dan tim esports yang akan kamu pandu dengan baik.

Karena hal ini nantinya akan sangat membantumu dalam memandu jalannya pertandingan. Sehingga kamu memiliki pengetahuan yang luas mengenai pertandingan tersebut dan juga bisa mengedukasi para penonton.

4. Memiliki Jiwa Entertainment

Seorang shoutcaster tidak hanya berperan sebagai komentator atau analisis sebuah pertandingan esports. Namun, dia juga harus bisa menghibur para penonton yang menyaksikan pertandingan. Oleh karena itu, dibutuhkan jiwa entertain yang kuat dari seorang caster. 

Baca juga: Jadwal Turnamen Mobile Legends 2023 dari Moonton 

Memulai Karir Sebagai Caster

Caster
Caster M4 World Championship. Sumber: Youtube

Menjadi shoutcaster adalah salah satu jenis pekerjaan dalam dunia hiburan. Oleh karena itu, siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjalani profesi ini.

Bahkan, beberapa caster terkenal di Indonesia awalnya mereka tidak memiliki basic sama sekali dalam industri ini.

Untuk kamu yang ingin memulainya, kamu bisa mulai dengan berbagai cara, seperti menawarkan diri untuk menjadi caster di sebuah turnamen esports yang berskala kecil. 

Atau dengan cara lain yaitu dengan memanfaatkan YouTube. Karena dengan kamu mengomentari jalannya sebuah pertandingan layaknya caster profesional, lalu menguploadnya ke YouTube, maka kamu akan berpeluang mendapatkan kesempatan untuk menjadi caster.

Baca juga: Hasil Pertandingan MPL PH Season 11 Week 1

Ikuti berita Games terbaru lainnya hanya di VCGamers News!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!