Simak! 4 Build Emblem Jungle Untuk Farming Buff Di Mobile Legends!

emblem jungle cover

Memanfaatkan Emblem Jungle untuk farming buff di arena Mobile Legends tentunya sudah menjadi hal yang wajar, khususnya bagi para mage, assassin, fighter atau tanker yang memang ditempatkan di lane seperti Jungle, EXP, atau Middle.

Dengan berbagai Sub Talent dari emblem satu ini, player akan bisa mendapatkan keuntungan salah satunya berupa efisiensi durasi farming.

Mengapa demikian? Farming buff di lane jungle artinya akan banyak berhadapan dengan creeps, Turtle dan Lord yang notabene punya HP lumayan banyak. Namun, creeps juga tentunya akan menjadi semakin kuat seiring berjalannya waktu, dan emblem ini adalah solusinya.

Baca juga: Tips Gameplay Helcurt di Mobile Legends, Menggila!

Pembahasan kali ini akan memuat penjelasan lengkap emblem jungle, mulai dari penjelasan Talent utama dan Sub Talent-nya, serta taktik memakai emblem untuk farming ini.

Detail Emblem Jungle Untuk Para Player Yang Suka Farming

Penjelasan Talent Dan Sub Talent Emblem Jungle

emblem jungle tampilan 1
Breakdown Emblem Jungle

Emblem ini akan dapat kamu gunakan sebagai emblem tambahan dari emblem dasar, yakni emblem physical dan magic. Emblem ini akan dapat digunakan ketika player mencapai level 10.

Sebagai custom emblem, Emblem Jungle memiliki bagian khusus, yakni bagian Talent dan Sub Talent yang bisa kamu lihat dari dua baris pertama dan satu baris akhir emblem ini.

Total dari Talent dan Sub Talent emblem ini juga sama dengan custom emblem lainnya, yaitu 6 buah Sub Talent dan 3 buah Talent utama. Kamu hanya bisa memenuhi titik-titik hingga maksimal tiga titik untuk setiap Sub Talent-nya, sementara untuk Talent utama hanya bisa satu titik saja.

Sub Talent Emblem

Kegunaan Emblem Jungle ini pertama-tama akan meliputi detail Sub Talent-nya, karena terletak di baris pertama dan kedua emblem tersebut.

emblem jungle sub talents
Rincian Sub Talents Emblem Jungle

Di baris pertama paling kiri atas, ada Sub Talent Thrill yang akan memberikan tambahan hybrid attack sebesar 4 poin, dan akan meningkat sesuai dengan level penggunanya.

Selanjutnya, di sebelah kanan Thrill ada Sub Talent Brutal. Kegunaan Sub Talent ini akan meningkatkan damage terhadap creeps sebanyak 7% dan akan naik sesuai dengan level penggunanya.

Di baris pertama bagian paling kanan atas ada Sub Talent Balance, yang akan memberikan bonus Hybrid Lifesteal hingga 5% pada level player maksimum.

Lanjut ke barisan yang kedua, ada Sub Talent Swift yang juga bisa memberikan tambahan attack speed hingga 5% di level player maksimum.

Di sebelah kanan Sub Talent Swift ada Knowledge, yang fungsinya mengurangi durasi cooldown Battle Spell sebanyak 2% dan akan meningkat sesuai level penggunanya.

Terakhir, di baris kedua paling kanan ada Iron, yang fungsinya adalah mengurangi 7% damage yang diterima dari creeps. Sub Talent ini memiliki cara kerja yang paralel dengan Thrill.

Supaya kamu bisa mendapatkan efek maksimum dari Sub Talent emblem ini, kamu harus sering terlibat dalam match baik classic maupun ranked untuk menaikkan level player kamu.

Baca juga: Rekomendasi 6 Hero Jungler Terbaik di Mobile Legends

Talent Utama Emblem

Talent utama Emblem Jungle berada di bagian paling bawah dan hanya berjumlah tiga saja. Tidak seperti Sub Talent, Talent utama ini hanya bisa kamu pilih satu saja dari tiga setiap pertandingan.

emblem jungle talent utama
Rincian Talent Utama Emblem Jungle

Kegunaan Talent utama di sebelah kiri bawah yang disebut Veteran Hunter adalah untuk mendapatkan bonus gold sebesar 50 setiap berhasil membunuh creeps.

Talent utama kedua, yakni Wild Power, punya efek yang mirip dengan Veteran Hunter. Bedanya, Wild Power juga akan memberikan tambahan efek Slow untuk Retribution (Item untuk Jungling) sebesar 20%, kemudian akan ada tambahan gold sebanyak 10 yang bisa di-stack hingga 11 kali.

Talent utama paling kanan yang disebut Mage Killer akan memberikan kemampuan penggunanya untuk membunuh Lord, Turtle dan menghancurkan turret sebesar 20%. Tidak hanya itu, Talent utama ini juga akan memberi bonus pengurangan damage dari Lord dan Turtle sebesar 20% saja.

Dari penjelasan tersebut, tampak kegunaan Emblem Jungle yang memang didesain khusus untuk mengalahkan para monster di arena dan mendapatkan baik buff merah, biru, ataupun Turtle.

Baca juga: Simak! 6 Buff Mobile Legends Ini Jadi Langganan Para Hero Jungler!

4 Build Emblem Jungle Yang Bisa Kamu Gunakan

Build Jungler Murni

emblem jungle franco jungler
Franco Sebagai Jungler Murni

Apabila kamu ingin menjadikan hero yang kamu pakai sebagai Jungler murni dan hampir selalu menetap di lane jungle, maka kamu bisa gunakan build ini.

Kamu bisa mengalokasikan poin penuh ke Sub Talent Brutal di baris pertama, kemudian juga alokasikan tiga poin penuh ke Sub Talent Iron di baris kedua. Untuk Talent utamanya, kamu bisa bawa antara Mage Killer atau Wild Power.

Bawalah Mage Killer ketika kamu percaya diri bisa menyerangn Lord, Turtle, turret ataupun creeps di lane jungle tanpa bantuan rekan tim. Sementara itu, bawalah Talent Wild Power ketika kamu butuh sesekali rotasi dengan rekan tim kamu.

Biasanya, hero yang akan dijadikan Jungler murni adalah hero dengan kemampuan survival oke seperti Franco dan Khufra atau hero yang bisa split push seperti Sun atau Paquito.

Build Jungler Semi Carry

emblem jungle dyrroth jungler
Dyrroth Dengan Build Jungler Semi Carry

Emblem Jungle juga bisa kamu fungsikan untuk hero yang tetap berada di lane jungle namun ia juga bertugas untuk menggendong tim untuk menyerang lawan.

Aturlah Sub Talent di baris utama dengan memberikan 2 poin untuk Brutal, dan satu poin untuk Balance. Kalau kamu menggunakan hero yang bisa memberi damage physical dan magic sekaligus, gunakan 1 poin untuk Thrill.

Di Sub Talent baris kedua, kamu bisa alokasikan 2 poin untuk Knowledge serta 1 poin untuk Iron. Bila kamu mau opsi, kamu juga bisa alokasikan masing-masing 1 poin untuk Swift, Knowledge dan Iron.

Sebagai Talent utama, bawalah Wild Power supaya hero penggunanya bisa cepat dapat banyak gold dan buff sekaligus.

Build ini akan cocok apabila kamu gunakan untuk hero seperti Lancelot, Roger dan Gusion yang bisa spam skill, atau Chou, Dyrroth dan X.Borg yang jago Poke lawan.

Baca juga: 5 Hero Jungle Marksman yang Masih Bertahan di Meta MLBB Saat Ini, Adakah Jagoanmu?

Build Jungler Merangkap Offlaner

emblem jungle aldous jungler
Aldous Dengan Build Jungler Merangkap Offlaner

Melalui build yang satu ini, hero pengguna Emblem Jungle akan bisa rotasi dengan offlane apabila diperlukan. Tentunya, hero penggunanya juga harus punya blink skill bawaan untuk build ini.

Pertama-tama, aturlah Sub Talent Balance di 2 poin dan Brutal di 1 poin. Apabila kamu menggunakan Esmeralda atau Kimmy, kamu bisa ubah Balance menjadi Thrill di 2 poin.

Di baris kedua, fokuskan 2 poin untuk Knowledge dan 1 poin untuk Swift supaya setidaknya durasi Flicker bisa lebih singkat dari biasanya.

Sebagai Talent utama, bawalah Wild Power untuk farming yang cepat, baik buff maupun gold. Ini akan sangat berguna apabila hero penggunanya akan transisi ke offlane.

Hanya ada beberapa hero yang mampu di-build dengan cara ini, yaitu Kimmy dan Natan untuk Hybrid Damage serta Aldous dan Chou untuk blink skill dan stack damage.

Build Jungler Yang Bisa Hypercarry

emblem jungle chou jungler
Chou Bisa Pakai Build Jungler Merangkap Hypercarry

Build Jungler sambil hypercarry juga akan memanfaatkan status bawaan hero yang memang sudah GG dari sananya. Build ini akan membantu hero tersebut farming dengan cepat dan langsung jadi core andalan tim sepanjang pertandingan

Untuk Sub Talent pertama, alokasikan 2 poin untuk Brutal dan 1 poin untuk Balance. Kemudian, di baris kedua pasanglah 2 poin untuk swift dan 1 poin untuk Iron. Bawalah Talent utama Wild Power supaya sejak early game, hero dengan build ini sudah bisa beli dan dapat banyak item maupun buff.

Sebagai build Jungler merangkap hypercarry, tentunya hero dengan build ini harus berani berkali-kali adu mekanik dan dituntut untuk meminimalisir kena kill hero lawan. Makanya, player harus benar-benar menggunakan hero yang tepat supaya tidak kelabakan nantinya.

Adapun rekomendasi hero yang bisa digunakan antara lain adalah Lancelot, Chou, Sun, Johnson dan Edith. Setidaknya, hero-hero ini bisa dengan cepat bergerak dari satu lane ke lane lainnya.

Baca juga: Simak! Build Balmond Jungler yang Bisa Kamu Gunakan 2022

Itulah penjelasan lengkap Emblem Jungle yang bisa kamu terapkan dalam pertandingan apapun. Namun, penulis menyarankan untuk melatih keempat build tersebut sebelum kamu melakukan ranked match ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!