Kapasitas Internal Smartphone Yang Pas Untuk Menemani 2021 Kamu

 

Hai Vicigers! Siapa yang masih pakai smartphone di tahun 2021 ini dengan kapasitas penyimpanan internal 16GB? Ayo ngaku! Nyaman? Tentu saja ngga kan. Bagaimana bisa nyaman, baru istall beberapa aplikasi chatting, sosial media, ditambah beberapa game ringan, eh memori internalnya langsung penuh pas mau dipakai ambil foto atau video. Sebenarnya ga ada yang salah dari memori internal 16GB di tahun 2021 bahkan beberapa di antara kita, pasti masih ada yang pakai smartphone dengan bawaan penyimpanan internal 8GB.

Hal ini menjadi masalah karena saat ini aplikasi mainstream yang sering kita gunakan seperti aplikasi chatting (Whatsapp, Line, Telegram, dll) dan sosial media (Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, dll) sangat membutuhkan banyak pemakaian storage di smartphone kita, coba cek di sistem smartphone kamu, berapa gigabyte yang dihabiskan untuk aplikasi Whatsapp? Pasti lebih dari 1GB kan? Apalagi buat kamu yang banyak mengikuti grup dan sering menyimpan foto atau video di aplikasi Whatsapp tersebut, pasti storage yang sudah terpakai akan lebih dari 2GB atau 3GB.

Bukan cuma aplikasi chatting dan sosial media nih yang makan banyak memori internal, tapi beberapa game kamu juga loh. Memang sih ketika di Play Store/App Store yang terlihat hanya beberapa ratus megabyte yang terdownload, contohnya nih di Play Store seperti Mobile Legend cuma 104MB, Genshin Impact 400-an MB, Free Fire dan PUBG Mobile 600-an MB, serta game-game lainnya. Tapi kamu tahu ga bahwa sebenarnya game-game tersebut akan mengunduh file lagi ketika kamu sudah masuk ke dalam permainan? Coba cek kalau ga percaya di sistem smartphone kamu, misal untuk Genshin Impact, ketika kamu sudah masuk dalam permainan, game tersebut akan meminta izin untuk downloading resources yang ga tanggung-tanggung sampai 9GB lebih. Fantastis bukan? 16GB mana cukup, terlebih jika kamu sering memainkan banyak game, baik yang ringan hingga sedang, karena tentu kapasitas 16GB pastinya smartphone kamu saat ini bukan dibekali dengan chipset snapdragon seri 6xx/7xx generasi terbaru kan?

Menurut kami, dari hasil pengalaman pemakaian pribadi dan pengalaman orang lain, valid bahwa kapasitas yang nyaman untuk sebuah smartphone di tahun 2021 ini, adalah yang dibekali dengan memori internal 64GB atau lebih. Hal ini akan sedikit terbantu kalau kamu adalah seorang ‘opreker’, kamu mungkin bisa mengatasi kekurangan memori internal dengan merubah default storage ke microSD, nyatanya tidak banyak kan orang yang mau repot-repot seperti itu? Selain memori internal 64GB, tentunya kamu juga butuh dukungan RAM minimal kalau bisa di 4GB, tapi kalaupun RAM kamu masih 3GB it’s not a big deal, sampai kamu belum berminat memainkan Genshin Impact dan beberapa game lainnya di smartphone kamu dengan grafik dan performa yang mumpuni.

Buat kamu yang masih mempunyai dana terbatas, kita punya beberapa rekomendasi smartphone resmi dengan storage minimal 64GB nih yang value for money (dibawah dua juta rupiah), di awal tahun 2021 ini.

Rekomendasi smartphone resmi dari kami:
  •         Redmi 9T 4/64GB Snapdragon 662 – Rp 1.899.000
  •         Poco M3 4/64GB Snapdragon 662 – Rp 1.799.000
  •         Realme Narzo 30A 4/64GB Helio G85 – Rp 1.850.000
  •         Realme C15 4/64GB Helio G35 – Rp 1.899.000
  •         Samsung A02s 4/64GB Snapdragon 450 – Rp 1.899.000

*harga merupakan kisaran rata-rata SRP (harga eceran yang disarankan) saat ini.

Tips dari kami, kamu jangan pernah sekali-kali menyisakan smartphone storage sampai kurang dari 1GB, kalau bisa sih lebih dari itu. Hal tersebut akan mengakibatkan penurunan performa yang bakal langsung kamu rasakan di smartphone kamu, alias smartphone kamu bakal jadi lag, soalnya OS android sendiri pun mempunyai minimal requirement untuk storage agar dapat berjalan dengan baik. Begitu pula dengan beberapa game dan aplikasi tertentu juga memiliki minimal requirement-nya agar game atau aplikasi tersebut juga dapat berjalan dengan optimal.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya. Yuk! Join komunitas di Discord VCGamers, Komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment