3 Cara Unblock Roblox Windows Biar Bisa Main Lagi!

Kamu perlu tahu cara unblock Roblox untuk perangkat Windows supaya kalian bisa kembali memainkan game ini lagi.
3 Cara Unblock Roblox
3 Cara Unblock Roblox. Sumber: Official Site

3 Cara Unblock Roblox Windows Biar Bisa Main Lagi

Ternyata tidak sedikit gamers di luaran sana yang mempertanyakan hal yang sama: bagaimana cara unblock Roblox. Yap, game yang satu ini memang sudah begitu populer, khususnya bagi gamers anak-anak dan remaja.

Karena itu banyak orang tua yang akhirnya memberikan batasan pada berbagai perangkat yang biasa digunakan untuk belajar. Nah buat yang penasaran dan pengen tahu cara unblock-nya, yuk simak ulasan lengkapnya!

Baca juga: 

Roblox Platform Gaming Terkemuka

Roblox Platform Gaming
Roblox Platform Gaming. Sumber: Official Site

Disclaimer dulu nih, Roblox sendiri sebenarnya bukan salah satu situs yang sifatnya terlarang. Semua pasti tahu bahwa Roblox adalah suatu jasa penyedia dan pengembangan game gratis yang tersedia secara lintas platform.

Karena itulah, di iklim ruang siber Indonesia sekalipun, siapa saja dapat mengakses Roblox secara bebas tanpa harus terjaring internet positif. Sebagian besar produk yang mereka tawarkan juga ramah anak dan keluarga.

Maka secara alami Roblox tidak akan terblokir oleh sistem bawaan (default). Kalaupun sampai terdapat pembatasan akses pada platform ini, itu tandanya dilakukan secara sengaja (by demand) untuk alasan tertentu.

Umumnya sih, pembatasan yang terjadi pada Roblox merupakan upaya para orang tua sebagai bentuk parental control. Dengan begitu, anak-anaknya tidak terlalu lupa waktu dan berlama-lama bermain game.

Jadi jangan sampai salah kaprah dan mengira bahwa blokir pada Roblox terjadi karena adanya keberlawanan kebijakan alias ilegal ya! Sejauh ini Roblox masih terbilang aman untuk dimainkan semua umur.

3 Cara Unblock Roblox

Karakter Roblox
Karakter Roblox. Sumber: Official Site

Nah sekarang kita masuk saja ke bahasan utama yakni 3 cara meng-unblock akses Roblox yang mengalami pembatasan. Untuk bahasan kali ini, VCGamers spesifikkan khusus untuk platform Windows saja.

Karena jika tidak, tentu nanti artikelnya bisa terlampau ‘ngalor-ngidul’, melihat Roblox tersedia secara multiplatform (selain Windows, ada juga Android, iOS, Xbox One, Meta Quest 2/Pro, dan PlayStation 4).

Dan berikut ini VCGamers sajikan kiat-kiat yang paling memungkinkan untuk mengatasi pembatasan pemblokiran Roblox pada perangkat Windows:

1. Menonaktifkan Firewall

Memblokir Roblox via Firewall menjadi salah satu metode yang mungkin saja dilakukan. So untuk meng-unblock, cukup non-aktifkan saja Firewall-nya.

Kalian bisa melakukannya dengan membuka menu tray yang ada di pojok kanan bawah pada Toolbar. Icon-nya sendiri terlihat seperti gambar tameng (Windows Defender)

Jika sudah non-aktif berbagai pembatasan yang umumnya berlaku pada akses-akses tertentu menjadi terbuka, termasuk juga Roblox. Namun hati-hati karena ini juga turut membuka perlindungan bawaan Windows.

So, selama Firewall ini non-aktif, jangan sampai mengakses situs-situs berbahaya di internet ataupun mengoneksikan perangkat-perangkat asing ke perangkat Windows ya!

2. Memberikan perizinan pada program Roblox

Bila kalian merasa bahwa cara di atas terlampau berbahaya, bisa juga kok untuk khusus membuka blokir Roblox-nya saja. Caranya adalah dengan ‘mengoprek’ Firewall Windows kalian.

Namun cara yang ini tidaklah semudah cara pertama di atas. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya jika kalian bisa mencari tutorial rinci step-by-step-nya di internet, baik dalam bentuk artikel ataupun video YouTube.

Saran saja sih, khusus untuk cara ini ada baiknya bila kalian meminta bantuan orang yang lebih ahli mengutak-atik komputer. Karena jika salah-salah, yang ada nanti mahan bubar pengaturannya…

3. Membuka pembatasan akses Roblox via router

Jika beberapa cara di atas masih belum bisa ‘menyembuhkan’ blokir Roblox-nya, besar kemungkinan koneksi dari router-nya yang di block. Dan bila ini yang terjadi, Vicigers tinggal buka akses blokirnya.

Kalian juga bisa melakukannya sendiri kok. Meski setiap router biasanya memiliki sistem tampilan yang berbeda, namun garis besarnya sih sama. Cukup buka (dan login) IP address router jaringan kalian via peramban.

Lalu cari menu ‘Advance Setting’ dan pilih Firewall. Umumnya, nanti akan terdapat tab yang bertuliskan ‘URL Filter’ berisikan daftar situs-situs yang terblokir.

Dan bila pada menu yang terbuka terdapat juga Roblox di dalam list-nya, tinggal hapus saja deh. Jika sudah, otomatis semua perangkat yang tersambung pada jaringan tersebut akan kembali bisa memainkan Roblox.

Roblox untuk semua usia
Roblox untuk semua usia. Sumber: Official Site

Baca juga:

Bagaimana nih Vicigers, bermanfaatkah informasi tersebut? Silakan tinggalkan komentar kalian di kolom yang tersedia ya! Jangan lupa juga, urusan top-up Robux, VCGamers Marketplace tempat terbaik!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!