Tech & Gadget

3 Cara Menyimpan Audio YouTube dengan Mudah

Published by
Artaz Gang

3 Cara Menyimpan Audio YouTube dengan Mudah

Sebenarnya cara menyimpan audio YouTube adalah sebuah trik/tutorial IT yang sudah tersebar luas. Pada masanya, banyak orang memanfaatkan cara ini agar bisa mendapatkan file audio berkualitas tinggi.

Namun wajar sih bila masih banyak Vicigers yang belum memahami caranya. So, buat yang penasaran dan belum paham step-by-step-nya, berikut ini VCGamers hadirkan tiga cara menyimpan audio YouTube termudah.

Baca juga: 

Audio dan Video YouTube

Trend menyimpan audio YouTube sendiri barulah sampai pada puncak kejayaannya di dekade pertama abad 21 (2000-2010). Ini seiring dengan merajalelanya pemutar musik digital berbasis file dengan format mp3.

Kala itu, YouTube sudah menjadi salah satu platform streaming video paling mainstream di dunia. Tidak heran jika banyak musisi merilis video klip dari lagu mereka secara official di sana.

Dinamika industri musik tersebut mendorong adanya perkembangan teknologi yang memungkinkan para pengguna untuk mendapatkan musik berbasis YouTube.

Ini membuka ruang bagi siapa saja untuk menyimpan audio musik dan beragam lagu. Namun karena fitur ini tidak hanya terbatas pada musik semata, pengaplikasiannya-pun dapat digunakan untuk jenis video lain.

Meski begitu, sebagian besar mereka yang mengunduh audio YouTube adalah untuk keperluan mendengarkan musik dan lagu lainnya. Atas bentuk respon tersebut, YouTube-pun akhirnya merilis aplikasi musik terpisah.

Cara Menyimpan Audio YouTube

Sekarang masuk ke pembahasan utama mengenai kiat-kiat menyimpan audio YouTube. Setidaknya akan ada tiga metode yang akan VCGamers paparkan. Vicigers bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing:

1. Menggunakan YouTube Music

YouTube Music. Sumber: Official Site

Jika kebutuhan menyimpan audio adalah dalam konteks untuk mendengarkan musik, cara yang resmi adalah dengan mengunduh layanan platform streaming lagu official mereka yakni YouTube Music.

Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk membuat playlist maupun menyimpan lagu yang mereka suka. Semua lagu yang tersedia-pun merupakan versi orisinil dari para musisinya langsung.

Kamu bisa menikmati itu semua secara gratis. Namun untuk mendapatkan semua fiturnya secara penuh, pastikan Vicigers membeli paket subskripsi premium sesuai kebutuhan ya.

2. Menggunakan add-on browser

Add-on Peramban. Sumber: Official Site

Selanjutnya adalah dengan menggunakan add-on browser. Berbeda dengan entry di atas yang mengandalkan cara resmi berbasis aplikasi, metode ini mengandalkan layanan add-on yang perlu dipasangkan pada peramban.

Add-on ini datang dalam bentuk yang beragam, mulai dari fitur bawaan resmi perambannya itu sendiri, maupun instalasi tambahan yang memanfaatkan layanan pihak ketiga (third party).

Selain itu, metode ini juga umumnya menghasilkan audio dalam bentuk file berformat mp3. File ini nantinya dapat diunduh ke perangkat pengguna masing-masing.

Namun metode ini sangat tidak disarankan karena besar kemungkinan termasuk ke dalam aktivitas pembajakan. So, ada baiknya menggunakan cara resmi di atas tersebut saja ya.

3. Mendownload menggunakan situs third party

Situs Third Party. Sumber: Official Site

Dan metode terakhir yang sebenarnya tidak juga dianjurkan (termasuk sebagai upaya pembajakan seperti metode nomor 2 di atas) adalah dengan menggunakan layanan website unduh file audio third party.

Ada begitu banyak situs di luar sana yang menyediakan layanan pengunduhan file audio dari video YouTube. Hanya dengan bermodalkan link saja, penggunanya bisa mengunduhnya dalam bentuk mp3.

Keunggulan dari metode ini adalah bahwa ini tidak berlaku eksklusif untuk musik saja. Sama seperti metode nomor 2 di atas, semua video yang tersedia di YouTube dapat kalian unduh file audio-nya.

Baik itu podcast, berita, tutorial, review, dll.; mulai dari video berdurasi pendek, menengah, hingga yang panjang sekalipun – asal kuota kalian cukup, pokoknya bisa deh di-dowload!

Baca juga: 

Nah itulah tadi pembahasan mengenai cara menyimpan audio YouTube. Pastikan juga jika kalian perlu top-up cash maupun mikro/makrotransaksi gaming lainnya, hanya di VCGamers Marketplace ya!

Artaz Gang