3 Cara Mengunduh Instagram Story

Cara mengunduh Instagram Story yang paling mudah dan cepat serta dapat dilakukan siapa saja tanpa perlu repot-repot.
3 Cara Mengunduh Instagram Story
3 Cara Mengunduh Instagram Story. Sumber: Pixabay (free pic)

3 Cara Mengunduh Instagram Story

Kebutuhan sosial media setiap orang dapat begitu beragam, salah satunya adalah mengetahui cara mengunduh Instagram story agar tersimpan di perangkat masing-masing.

Baik story tersebut merupakan milik akun sendiri ataupun orang lain, ternyata ada cara untuk dapat mengunduhnya lho! So, berikut ini kita akan menghadirkan tiga cara mudah mengunduh Instagram Story, cekidot!

Baca juga: Kurang Laku, Instagram akan Tutup Flipside Bulan Depan

Tiga Cara Mengunduh Instagram Story – Mudah Banget!

Nah sekarang langsung saja kita masuk ke bahasan utama yakni tiga cara mengunduh Instagram Story agar dapat tersimpan sebagai video dalam perangkat. Cara yang akan ditampilkan berlaku untuk Android maupun iOS.

Mengunduh langsung dari aplikasi Instagram

Mengunduh langsung dari aplikasi
Mengunduh langsung dari aplikasi. Sumber: VCGamers

Cara yang pertama ini terbilang mudah. Kalian bisa mengunduh Instagram story langsung dari aplikasinya lho! Ini bisa dilakukan dalam beberapa langkah singkat:

  1. Buka story yang ingin kalian unduh;
  2. Ketik opsi tiga titik (…). Biasanya terletak di sudut pojok layar;
  3. Pilih menu “Save Video”/”Simpan Video”.

Dan selesai! Story tersebut resmi tersimpan ke dalam perangkat. Disclaimer dulu, bahwa ini hanya berlaku bila Story yang dimaksud di-posting oleh akun sendiri ya.

Meta selaku perusahaan pemilik Instagram belum memberikan fitur built-in untuk mengunduh story orang lain. So, meskipun akunnya bersifat publik maupun saling following, kalian tidak bisa mengunduhnya dari dalam.

Untuk itu, ada beberapa cara lain jika story yang ingin diunduh bukanlah milik akun akun sendiri. Tidak lupa, VCGamers juga akan menyertakan kedua cara tersebut di bawah ini.

Mengunduh lewat website/apps pihak ketiga

Menggunakan layanan pihak ketiga
Menggunakan layanan pihak ketiga. Sumber: VCGamers

Seperti yang sudah dipaparkan, untuk cara yang ini, bisa banget lho digunakan untuk mengunduh Story orang lain: menggunakan layanan yang disediakan oleh berbagai website atau aplikasi pihak ketiga.

Ada begitu banyak website atau aplikasi di luar sana yang sudah menyediakan layanan ini. Vicigers bisa memilih yang dirasa paling mudah dan ringkas.

Umumnya, kalian hanya perlu menyalin (copy) link/URL dari Story yang ingin diunduh, dan menempelkannya (paste) ke website/apps tersebut. Dari sana, kalian nantinya langsung akan diarahkan ke laman unduhan.

Namun ini hanya berlaku untuk akun yang dibuka secara publik ya. So yang bisa kalian unduh adalah Story para influencer, publik figure, ataupun selebgram yang biasanya memang tidak mem-private akun Instagram mereka.

Sedangkan untuk kerabat kalian yang biasanya akan mengaktifkan opsi akun privat, website/apps tersebut biasanya tidak akan dapat mengunduh Story mereka untuk alasan privasi.

Mengunduh lewat ekstensi/add-ons browser

Menggunakan ekstensi/add-ons browser
Menggunakan ekstensi/add-ons browser. Sumber: VCGamers

Nah, untuk cara yang terakhir dapat digunakan untuk mengunduh Story dari akun apapun! Ini berlaku dengan catatan bahwa Story yang ingin diunduh dapat kalian akses dan putar lewat browser.

Baik di perangkat mobile maupun desktop, metode ini memanfaatkan fitur ekstensi maupun add-ons yang tersedia pada masing-masing browser.

Malahan, cara ini tidak hanya akan dapat mengunduh Story saja, namun apapun bentuk video yang diputar melalui browser yang dipasangi ekstensi/add-ons-nya. So, Story tersebut (yang adalah sebuah video) termasuk salah satunya.

Ada beragam ekstensi/add-ons di luar sana yang bisa dicoba. Dan masing-masing memiliki cara dan mekanisme berbeda dalam cara pengunduhannya. Tinggal kalian pilih mana yang paling pas dengan browser kalian ya!

Baca juga: Cara Melihat Postingan yang Disukai di Instagram

Yuk top up game dan produk digital murah di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!