Captain Tsubasa: Rise of New Champions, Kisahnya Makin Seru di PS4

Captain Tsubasa: Rise of New Champions. Dari dahulu, Captain Tsubasa sudah populer sebagai anime dengan tema sepakbola yang ditayangkan TV nasional. Malah, untuk memeriahkan Piala Dunia, film kartun Captain Tsubasa pun ditayangkan ulang. Captain Tsubasa merupakan tokoh rekaan Yoichi Takahashi yang dikenalkan pertama kali tahun 1981. Tokoh ini pun merambah ke dunia game. Setelah Captain Tsubasa: Rising Sun,kini hadir Captain Tsubasa: Rise of New Champions.

Dua Episode

Alur kisah dari Captain Tsubasa: Rise of New Champions dipecah dalam dua episode. Pertama, pemain masuk ke Episode Tsubasa dan mengikuti kisah sebagaimana pada film anime. Bertarung dengan Kashiwa Reysol pada awal permainan, lalu menantang Toho untuk menaklukkan Hyuga. Di episode berikutnya adalah New Hero, di sini kisah sebenarnya berawal. Pemain dapat membentuk karakter sendiri kemudian menentukan salah satu dari tiga tim terdiri dari Musashi, Furano, serta Toho. Karakter yang dibentuk selanjutnya bisa mendukung tim dalam kejuaraan nasional. Kemudian terus di turnamen World Cup Junior.

Penentuan tiga tim tadi dengan sendirinya akan mengambil tiga jalur berbeda. Umpamanya pemain memilih tim Musashi maka bakal menghadapi tim nasional Jerman dalam laga final. Sedangkan bila memilih lainnya maka akan berhadapan dengan Brasil atau Amerika. Pemain harus menyelesaikan ketiga jalur tersebut supaya bisa meraih ketiga tim.

Episode New Hero dalam Captain Tsubasa: Rise of New Champions tak sekedar meraih gelar juara di taraf nasional atau dunia. Dalam episode ini pemain pun akan memperkuat skill karakter yang dimainkan. Jadi tiap karakter dalam game punya stats sendiri-sendiri diantaranya Power, Offense, Defense, Technical, dan Speed. Seluruh stats tadi kemudian membentuk nilai keseluruhan karakter. Sehingga pemain diharuskan bisa memperkuat stats karakter yang dimainkan. Caranya, main bagus dalam tiap match misalnya rajin membuat gol, sukses tacken lawan, melakukan operan, sampai membuat intercept.

Tak hanya mengenai stats, dalam Captain Tsubasa: Rise of New Champions tiap-tiap karakter pun sudah membawa bakat alam dalam hal tendangan, gocekan, dan bahkan tackle. Para karakter ini juga menerima banyak skill dari banyak pemain top dunia di dunia nyata. Umpamanya Fire Shoot dari Schneider atau Drive Shoot dari Tsubasa sendiri.

Gameplay Seolah Nyata

Gameplay Captain Tsubasa: Rise of New Champions terasa makin menantang bila dibanding seri sebelumnya. Tak ditemukan lagi kejadian lag saat pemain hendak mengirim operan atau menendang. Segalanya bisa disuguhkan sebagaimana bermain sepakbola di dunia nyata. Ciri khas paling kelihatan yaitu ketika pemain ingin menggocek lawan atau tackling. Disediakan tombol tersendiri yaitu R2 dan R1 di PS4 untuk fungsi gocek dan tackling lawan.

Kemudian, kala pemain sukses mengecoh lawan sebanyak dua kali maka langsung ditampilkan adegan cantik dari tiap-tiap karakter sebagai ciri khasnya selama ini. Hanya saja pemain harus selalu menjaga stamina dari tiap karakter yang dimainkannya itu. Di samping menggocek, mengoper pun mengusung kemampuan sebagaimana Drive Pass yang dikuasai Tsubasa.

Di samping itu, pastinya yang paling ditunggu yaitu keahlian yang dipertunjukkan saat menendang ketika ingin mencetak gol. Dalam Captain Tsubasa: Rise of New Champions ini disuguhkan makin menarik, yaitu pemain tinggal menekan terus tombol Kotak hingga indikator bar penuh, otomatis sudah dapat melakukan tembakan dengan skill atau ilmu yang dimiliki.

Pemain tak boleh sembarangan menerapkan ilmu, khususnya ketika Combo Shot. Saat ingin menerapkan ilmu yang susah misalnya Tendangan Bareng dari Tsubasa dan Misaki, maka pemain mesti berada dalam situasi yang mana kedua pemain harus dalam posisi dekat satu sama lain. Lalu bila hendak menerapkan Tachibana bersaudara, maka pemain mesti menggunakan umpan lambung mengarah ke keduanya.

Main Bareng

Kecuali mode standar, pemain Captain Tsubasa: Rise of New Champions pun dapat menjalankan mode multiplayer. Mode multiplayer tersebut dibedakan menjadi local dan online. Dalam mode local, pemain dapat menantang teman lain hingga 4 orang atau 2vs2 menggunakan mode bertanding standar. Namun bisa juga memilih hanya pertandingan adu pinalti hingga mode Cup.

Sedangkan dalam mode online, Captain Tsubasa: Rise of New Champions menyediakan menu Division League. Tim pemain yang mampu meraih kemenangan berturut-turut maka divisinya langsung naik. Di mode ini pemain memperoleh karakter acak yaitu menggunakan metode matchmaking. Mode online ini sangat mengasyikkan dengan matchmaking yang cepat dan sepanjang pertandingan berjalan pun tak terjadi jeda menjengkelkan. Dalam menu online pun ada fitur Lobby. Di mode itu para pemain dapat menjalankan main bareng bersama teman dalam lobby yang diamankan dengan password kemudian invite teman-teman. Disediakan mode 1vs1 atau 2vs2 dalam Lobby ini.

Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mendapatkan update berita terbaru dan lengkap seputar game. Mulai dari review game baru, tips dan trik, cara top up diamond dan sebagainya. Langsung saja follow akun Instagram VCGamers dan Channel YouTube ya.

 

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Add a comment