Mengenal Teknologi True Wireless Stereo

 
Teknologi konsumen yang tren saat ini sepertinya punya estetika yang serupa ialah “less is more”. Peluncuran perangkat terbaru Apple demi  menyenangkan konsumen adalah  laptop yang tipis tanpa port USB, smartphone bebas tombol home, lalu ada headphone bebas kabel. Apple Airpods dan earbud nirkabel mengalami peningkatan yang luar biasa dari 2016, dan sekarang mewakili produk dengan pertumbuhan tercepat untuk kategori audio.
Wireless Stereo
Wireless Stereo

Berdasarkan analisis pasar oleh Canalys, earbud wireless melampaui earphone dan headphone nirkabel di 2019, dimana pertumbuhan tahunan kurang-lebih 183 %. Ada 43 juta earbud wireless dikapalkan di kuartal ketiga 2019, menjadikannya kategori terbesar di pasar smart personal device audio. Kebanyakan aksesori Bluetooth terkenal misalnya earbud dikatakan sebagai “True Wireless”. Anda mungkin masih awam dengan istilah yang satu itu.

Teknologi True Wireless Stereo

True Wireless Stereo (TWS) memanfaatkan sinyal Bluetooth, bukan kabel untuk mengirimkan audio. TWS berbeda dengan aksesori nirkabel yang tidak terhubung secara fisik ke sumber media tetapi masih mengandalkan koneksi fisik untuk memastikan bahwa beberapa bagian perangkat dapat berfungsi bersama.

Headphone nirkabel yang disambungkan dengan kabel yang melingkari leher pengguna adalah contoh yang bagus untuk hal ini. Aksesoris yang menggunakan teknologi true wireless, memang betul-betul nirkabel. Perangkat ini tak membutuhkan kabel untuk dihubungkan ke perangkat sumber media atau menghubungkan satu earbud atau speaker dengan yang lain.

Chip Bluetooth menghasilkan koneksi nirkabel 100%. Perangkat TWS yang berbeda terkoneksi ke sumber media dengan cara yang berbeda. Kebanyakan headphone TWS memanfaatkan satu earbud sebagai sambungan utama antara sumber media dan earbud kedua. Earbud satu mengirim sinyal ke perangkat sumber, menghubungkan, kemudian perangkat sumber meneruskan sinyal yang sama ke earbud dua yang akan menawarkan pengalaman suara surround yang imersif.

Cara Kerja TWS

Produk TWS seperti Qualcomm TrueWireless Stereo Plus bekerja dengan membuat koneksi antar earbud lebih dulu, dengan begitu perangkat sumber media bisa mengkoneksikan keduanya. Dari situ, chip Bluetooth akan mengirimkan audio secara bersamaan ke earbud pertama dan kedua. Hal ini akan mencegah beban yang tidak semestinya hanya pada satu earbud, meningkatkan kekuatan koneksi, dan menghasilkan kualitas audio yang lebih jernih.

Kelebihan Perangkat TWS

Teknologi true wireless menjanjikan berbagai kelebihan, tetapi yang penting adalah nyaman dan mudah digunakan. Fungsionalitas tanpa kabel artinya pengguna bebas bergerak tanpa was-was kabel tersangkut di kantong atau tersangkut di gagang pintu. Kebanyakan perangkat TWS punya jangkauan Bluetooth sampai 30 kaki dengan tetap memiliki koneksi yang kuat sehingga menjadikannya ideal untuk digunakan saat beraktifitas atau berolahraga.

Earbud TWS pun mudah dipasangkan dengan perangkat lain dan menawarkan waktu pakai baterai 75 % lebih lama dibanding earphone wireless konvensional.Teknologi true wireless pun menghadirkan suara stereo bermutu tinggi ditambah sensasi audio yang imersif. TWS menghantarkan saluran audio kiri dan kanan ke perangkat yang terkoneksi secara terpisah dengan memastikan saluran kiri ke earbud kiri dan saluran kanan ke earbud kanan.

Apabila pengguna menggunakan kedua earbud maka akan dihasilkan suara surround yang jernih dan dalam. Kendati pengguna cuma mengenakan sebuah earbud, pengguna tetap akan mendapatkan pengalaman audio yang lengkap. Audionya tak terpisah, dengan begitu tidak terdengar seperti instrumen dan vokal yang ditransfer ke earbud terpisah.

Aplikasi TWS

Earbud saat ini adalah produk terpopuler yang memanfaatkan teknologi true wireless. TWS tak terbatas cuma untuk earphone. TWS pun adalah teknologi terbaru dalam inovasi speaker Bluetooth. Perangkat Stereo TWS terkoneksi ke speaker utama menggunakan smartphone atau laptop, yang lalu speaker utama terkoneksi ke speaker sekunder via sinyal Bluetooth. Apabila pengguna hendak memutar musik di seluruh bagian rumah ketika pesta misalnya, maka cukup tempatkan satu speaker TWS di ruang tamu dan satu lagi di ruang makan. Itu sudah memproyeksikan audio ke seluruh lantai.

Baterai portabel yang dibawanya dapat bertahan hingga 15 jam dan menghasilkan audio berkualitas surround-sound tanpa sistem home theater. Selain itu, sebagian besar sistem stereo true wireless sudah dibekali remote control berfitur Bluetooth yang memudahkan pengguna untuk maju cepat, melewati trek, dan menyesuaikan volume dari jarak jauh.

Teknologi TWS pun sudah diimplementasikan untuk pengisi daya. Perusahaan charger wireless Energous menciptakan teknologi charging daya berbasis TWS yang dinamakan WattUp. Dengan WattUp maka memungkinkan pengguna untuk mengisi daya perangkat mereka cukup dengan memposisikannya dalam jarak 3,5 m dari pad pengisi daya. WattUp pun telah memperoleh sertifikasi dari Federal Communications Commission di tahun 2018.

Keunggulan True Wireless Stereo sepertinya memang tanpa henti. Bukan hanya kualitas audio terbaik, pengaturan pun mudah, memperpanjang masa pakai baterai, memaksimalkan kinerja perangkat, efisiensi tinggi, latensi sangat rendah sebab telah mengadopsi teknologi CIS (connected isochronous stream) dan BIS (broadcast isochronous stream). TWS adalah teknologi masa depan.

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/EDWvQ9jQEp untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Hakum

Seorang pecinta game dan suka menuliskan pengalaman dalam bermain.

Add a comment