Corona Menggila, SEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditunda!

 

Pesta Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2021 yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya resmi harus ditunda!

Ajang pertandingan olahraga dua tahun sekali ini yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 21 November hingga 2 Desember 2021 harus ditunda sampai tahun 2022 mendatang.

Sebelumnya, SEA Games selalu dilaksanakan pada tahun ganjil, yang pada awalnya digelar pada tahun 1959.

Kalau SEA Games nantinya resmi diundur menjadi tahun 2022, berarti setelahnya event ini akan berlanjut dilaksanakan pada tahun genap, atau penyelenggara punya rencana lain?

Pada hari Kamis, 8 Juli 2021 kemarin, Singapore National Olympic Council (SNOC) mengeluarkan pernyataan bahwa telah diputuskan SEA Games tidak akan diadakan tahun ini.

Menanggapi hal tersebut, Raja Sapta Oktohari sebagai Ketua Umum – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) juga turut menginformasikan bahwa SEA Games 2021 resmi ditunda, pada konferensi pers virtual hari Senin, 12 Juli 2021 lalu.

KOI pun maklum atas diundurnya SEA Games karena pandemi yang belum usai hingga saat ini, dan National Olympic Committee (NOC) Vietnam juga dikabarkan sedang mencari jadwal baru untuk acara ini tahun depan.

Kasus Corona di Vietnam Masih Tinggi

sea games 2021 vietnam

Kementerian Kesehatan Vietnam menginformasikan bahwa pada awal bulan Juni ini, jumlah kasus Corona telah mencapai lebih dari 8.500 kasus, ditambah dengan angka kematian yang hampir mencapai 50 kasus.

Kasus terbaru pun dilaporkan telah menyebar di beberapa wilayah negara Vietnam yang nantinya akan dijadikan lokasi penyelenggaraan SEA Games.

Sumber lain juga menyebutkan bahwa diundurnya pesta olahraga ini dikarenakan Vietnam belum dapat mengatasi kasus virus Corona dengan baik sama seperti Indonesia.

Akhir-akhir ini juga banyak rumor beredar bahwa SEA Games 2021 akan ditunda sampai bulan Maret/Juni 2022.

Namun, hal tersebut terpentok karena terlalu berdekatan dengan SEA Games ke-32 selanjutnya di Kambodja pada Mei 2023 yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Jadi, pertanyaan apakah SEA Games nantinya akan berubah menjadi pesta olahraga tahun genap atau tidak, masih belum terjawab ya.

Pandemi saat ini memang menjadi tantangan yang berat bagi pihak penyelenggara SEA Games 2021.

Perhelatan Kedua Cabang Olahraga Esports di SEA Games Batal Unjuk Gigi

esports sea games 2021

Semenjak esports masuk ke dalam cabang olahraga SEA Games 2019, sejauh ini terlihat semakin banyak kawula muda yang antusias menantikan pesta olahraga ini.

Pada tahun 2019 lalu, ada 6 game cabang esports yang dipertandingkan, yaitu Tekken 7, Starcraft II, Hearthstone, Dota 2, Mobile Legends, dan Arena of Valor (AoV).

Berbeda dari tahun 2019 lalu, kali ini beberapa game yang sebelumnya dipertandingkan harus menyingkir sementara, seperti Dota 2, Starcraft II, Tekken 7, dan Hearthstone.

8 Games Cabang Esports SEA Games 2021:

  • Mobile Legends
  • Arena of Valor (AoV)
  • Wild Rift (pria dan wanita)
  • Free Fire
  • PUBG Mobile (solo dan tim)
  • League of Legends
  • FIFA Online 4
  • Raid (Crossfire)

Padahal seru banget kan FF dan PUBGM, game favorit warga Indonesia akhirnya resmi menjadi game yang dipertandingkan di SEA Games 2021.

Tapi ya, apa boleh buat, kita semua harus sabar menunggu sampai tahun 2022 mendatang.

Dengan prestasi atlit esports Indonesia saat ini, sepertinya Indonesia mempunyai peluang yang sangat besar untuk mendapatkan banyak medali emas di cabang esports.

Rumor Terbaru: Timnas PUBGM Belum Lakukan Seleksi Untuk SEA Games ke-31

ibnu riza pbesi sea games 2021

Ibnu Riza, Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) belum lama ini menginformasikan bahwa Timnas PUBG Mobile sama sekali belum melakukan seleksi.

Ibnu juga mengatakan bahwa untuk PUBG Mobile, saat ini hanya baru tersusun badan timnasnya, namun untuk timnya sendiri masih baru akan dilakukan seleksi.

Informasi tersebut kami dapatkan ketika Dewan Pembina PBESI tersebut sedang live di Planet Esports Revival TV bersama yang lainnya, akhir Juni 2021 kemarin.

Bocoran lainnya terkait PUBGM juga dilontarkan Ibnu Riza, seperti kualifikasi untuk PUBGM nantinya akan diadakan full satu tim penuh tidak campuran.

Dirinya berpendapat bahwa hal tersebut dilakukan untuk mempertahan chemistry yang ada, karena chemistry merupakan hal yang penting terlebih saat bermain game battle royale seperti PUBGM yang membutuhkan kerjasama tim.

Baca juga: Play In/Babak Kualifikasi Kembali Hadir di MDL Season 4!

Namun, hal tersebut masih sekedar rumor ya Vicigers! Diundurnya SEA Games 2021 menjadi tahun 2022 sepertinya memberi angin segar kepada cabang olahraga yang belum mempersiapkan semuanya dengan matang.

Semoga Indonesia dapat membawa banyak medali emas di SEA Games ke-31 nanti!

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/vcgamers untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Muhammad Marie

Seorang tech enthusiast, lulusan S1 Sosiologi. Ga nyambung? Masa? Nyambung kok!

Add a comment