Simak 4 Cara Supaya Ngegame Mobile Legends Ga Nge-Lag!

 

Hi Vicigers! Siapa di sini yang suka terbawa emosi kalau di tengah keseruan kalian bermain Mobile Legends terhambat oleh peristiwa nge-lag?! Hal ini pasti sangat mengganggu ya, gaes. Belum lagi, Moonton selaku developer game baru-baru ini secara resmi meluncurkan update terbaru dari Mobile Legends yang bertajuk Project Next 2. Nah, kabarnya hal ini mempengaruhi pada beberapa masalah teknis, dalam hal ini terutama kepada banyak penggunanya yang diyakini bahwa peristiwa nge-lag ini bukan bagian dari kapabilitas perangkat atau masalah jaringan. Bahkan setelah mereka coba berbagai cara untuk meminimalisasi lag saat bermain, hasilnya tetap nihil. Vicigers simak alasannya mengapa, dan gimana cara mengatasinya di bawah ini, ya. Let’s check this out!

Alasan Kenapa Nge-Lag

Mobile Legends menjelaskan bahwa kemacetan jaringan internal operator menjadi alasan utama munculnya masalah nge-lag setelah update Project Next 2 ini. Jadi, dilansir dari laman Facebook Mobile Legends sendiri, setelah update Project Next 2, banyak dari pemain yang melakukan download Resources . Nah, akibat dari banyaknya jumlah pengguna yang mengunduh Resources inilah yang menjadi penyebab utama kemacetan jaringan internal operator. Sehingga, hal ini dapat mengakibatkan nge-lag saat permainan berlangsung. Pasalnya, masalah nge-lag ini tidak hanya dialami oleh Mobile Legends saja, melainkan terjadi juga pada Dota 2, League of Legends, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk sisanya, permasalahan nge-lag itu sendiri bisa terjadi karena adanya beberapa permasalahan teknis dari penggunanya sendiri seperti kurang stabilnya jaringan yang dipakai, kapabilitas perangkat yang kurang mumpuni, kebiasaan pengguna, dan lain-lain.

Terus Solusinya Gimana, Sob?

Kunci Jaringan ke 4G LTE Only

Cara pertama yang bisa dilakukan secara mudah agar tidak nge-lag saat bermain Mobile Legends adalah dengan mengunci jaringan ke 4G LTE dengan cara-cara sebagai berikut ini.

  • Lakukan panggilan ke *#*#4636#*#*
  • Akan terlihat menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.
  • Pilihlah Device Information, maka seluruh informasi tentang ponsel kalian akan ditampilkan lengkap di sini
  • Kemudian cari Set preferred network type. Pilihlah LTE only.

Catatan : Jika kalian berada di wilayah yang sudah terjangkau dengan jaringan yang lebih tinggi dari 4G seperti 5G, kalian masih bisa coba cara di atas.

Hidupkan Airplane Mode

Mengapa cara ini dapat menghentikan peristiwa nge-lag? Karena cara ini cukup efektif untuk menaikkan kecepatan jaringan, pasalnya, setelah airplane mode dihidupkan, maka jaringan yang digunakan akan secara otomatis me-refresh kembali dengan sendirinya. Hal ini dapat mengembalikan kecepatan internet kalian menjadi normal. Dengan menghidupkan dan mematikan airplane mode selama 1 menit bisa menjadi salah satu cara paling praktis yang bisa digunakan untuk mengembalikan jaringan internet yang nge-lag ke semula.

Atur APN

Cara ke-tiga agar Mobile Legends tidak nge-lag adalah dengan mengatur Access Point Name (APN). APN ini sebenarnya dapat diartikan sebagai jembatan antara kartu provider kalian dengan si jaringan internet. Jika APN yang kalian gunakan salah, maka akan berdampak terganggunya jaringan internet kalian seperti nge-lag dan sinyalnya yang sering hilang-muncul. Ngeselin pokonya. Oleh karenanya, tidak ada salahnya kalian coba atur APN jika jaringan internet yang kalian gunakan semisal sangat nge-lag. Beberapa ponsel memiliki pengaturan yang berbeda, namun umumnya cara mudah untuk mengaturnya adalah dengan klik Settings > Cellular > Cellular Data Options > Atur APN.

Gunakan Low Graphic

Hal terakhir yang patut dicoba adalah dengan cara mengatur grafis Mobile Legends pada menjadi lebih rendah. Cara ini dinilai cukup efektif karena dapat mengurangi kinerja jaringan internet dalam hal untuk memproses grafik dan efek skill yang banyak. Adapun cara untuk mengaturnya adalah kalian harus masuk ke dalam game terlebih dahulu. Setelah itu, pada tampilan awal di menu home, klik pengaturan di pojok kanan atas yang bersimbol gear. Pada pilihan Dasar, setelah itu kalian scroll ke bawah hingga kalian menemukan opsi Grafik. Selanjutnya klik pada opsi Low. Setelah proses selesai, kalian dapat bermain seperti biasa. Mobile Legends pada perangkat kalian di sini telah menggunakan kualitas grafis yang lebih rendah. Dengan begitu, game akan berjalan dengan lebih lancar.

Baca Juga : 4 Strategi Ampuh Menangin Mobile Legend Season 20, Cobain Deh!

Yuk! follow akun Instagram dan channel  YouTube ya untuk mendapatkan berita game terkini! Join komunitas gamers terbesar di Indonesia discord.gg/vcgamers untuk mendapatkan informasi giveaway dari VCGamers.

Add a comment