10 Permainan Gameboy Color Terbaik Sepanjang Masa

Gameboy Color adalah perangkat game portabel dari Nintendo yang rilis tahun 1998. Terdapat beberapa permainan Gameboy Color terbaik lho.
Game GBC Terbaik
Permainan Gameboy Color Terbaik. Source: Cultured Vultures/Youtube

10 Permainan Gameboy Color Terbaik Sepanjang Masa

Gameboy Color adalah perangkat game portabel dari Nintendo yang rilis tahun 1998. Sejak perilisannya, sudah ada ratusan permainan yang dibuat untuk perangkat game asal Nintendo ini. Salah satunya adalah seri populer The Legend of Zelda.

Kali ini kita akan membawa kamu bernostalgia dengan membahas 10 permainan Gameboy Color terbaik sepanjang masa. Jadi, ayo baca sampai habis!

Baca juga:

10 Permainan Gameboy Color Terbaik Sepanjang Masa

Perangkat game yang satu ini tersedia dalam berbagai warna menarik sesuai dengan namanya. Gameboy Color tercatat menjual lebih dari 100 juta unit di seluruh dunia.

Dirangkum dari berbagai genre, berikut adalah daftar 10 permainan Gameboy Color terbaik sepanjang masa:

The Legend of Zelda: Oracle of Ages

Permainan Gameboy Color Terbaik - Age of Oracles
The Legends of Zelda: Age of Oracles. Source: LongplayArchive/Youtube

Dalam game ini, Link hadir dengan perlengkapan baru bernama Harp of Ages yang bisa pemain gunakan untuk bepergian melintasi waktu.

Jika game Zelda lainnya berfokus pada aksi pertarungan yang serba cepat, Oracle of Ages adalah game yang lebih berfokus pada penyelesaian teka-teki.

Dengan nuansa yang lebih berwarna dari game sebelumnya dan berbagai karakter serta item yang menarik, Oracle of Ages banyak menarik perhatian penggemar.

Pokemon Gold And Silver

Permainan Gameboy Color Terbaik - Pokemon Silver and Gold
Pokemon Gold and Silver. Source: LongplayArchieve/Youtube

Selanjutnya, datang dari Pokemon yaitu Gold and Silver. Game yang satu ini menjadi salah satu seri terpopuler dari seluruh franchise.

Pokemon Gold and Silver memperkenalkan 100 spesies baru yang bisa pemain dapatkan seiring dengan berjalannya permainan.

Ada dua objektif utama untuk bisa kamu menyelesaikan game ini. Pertama, mengikuti cerita dalam game lalu mengalahkan Elite Four dan Pokemon Master Lance untuk menjadi Champion baru.

Kedua adalah melengkapi Pokedex dengan menangkap dan mengevolusikan seluruh Pokemon yang ada dengan total 251 spesies.

Dengan berbagai update dan fitur menarik, banyak penggemar yang berpendapat bahwa seri Pokemon terbaik ada pada Generasi II.

Metal Gear Solid

Permainan Gameboy Color Terbaik - Metal Gear Solid
Metal Gear Solid. Source: Zack G/Youtube

Untuk para penggemar game aksi menembak, pasti sudah tidak asing dengan Metal Gear Solid. Game ini memakai format 2D dengan sudut pandang overhead yang ada dalam Metal Gear 2: Solid Snake (1990).

Dengan tambahan elemen baru, pemain dapat berburu banyak item dan senjata menarik untuk membantu misi mereka.

Yang membedakan dengan Solid Snake, game ini sekarang menggunakan konsep scrollscreen ketika pemain bergerak ke area lain.

Selain itu, pemain sekarang dapat bergerak ke 8 arah yang memungkinkan pemain maupun musuh untuk bergerak secara diagonal.

Super Mario Bros. Deluxe

Permainan Gameboy Color Terbaik - Super Mario Bros Deluxe
Super Mario Bros Deluxe. Source: xRavenXP/Youtube

Permainan Gameboy Color terbaik selanjutnya adalah Super Mario Bros. Deluxe. Game ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur Lost Level dan mini game.

Seperti game originalnya, pemain bisa memilih untuk bermain sebagai Mario atau Luigi untuk menyelesaikan 32 level.

Dengan fitur screen scrolling, Super Mario Bros. Deluxe memungkinkan pemain untuk bergerak lebih leluasa dalam game. Selain itu, pemain sekarang sudah bisa menyimpan progres permainan kapanpun.

Mario Tennis

Mario Tenis
Mario Tenis. Source: World of Longplays/Youtube

Apakah kamu penggemar Mario dan game olahraga? Mario Tennis akan menjawab keinginanmu untuk memainkan keduanya.

Ada banyak karakter ikonik yang bisa kamu buka seiring berjalannya permainan. Game ini memiliki cukup banyak pilihan mode yaitu Tournament, Ring Shot, Piranha, Exhibition dan Bowser Stage.

Dengan elemen RPG klasik serta kontrol permainan yang sederhana, Mario Tennis menjadi salah satu game olahraga paling menyenangkan di Gameboy Color.

Pokemon Crystal

Permainan Gameboy Color Terbaik - Pokemon Crystal
Pokemon Crystal. Source: LongplayArchieve/Youtube

Masih dari franchise yang sama, Pokemon Crystal adalah salah satu pilihan game terbaik sepanjang masa dari seri ini.

Pokemon Crystal menambahkan banyak hal baru kedalam inti permainan mereka seperti area Battle Tower yang baru dan penambahan elemen cerita.

Game yang satu ini juga menjadi seri pertama yang memungkinkan pemain untuk memilih karakter perempuan.

Dengan grafik yang lebih detail dan area baru, pemain bisa kembali menjelajah Johto dan Kanto dengan pengalaman berbeda.

Dragon Warrior III

Dragon Warrior 3
Dragon Warrior 3. Source: darkmurkrow/Youtube

Kembali ke genre RPG Adventure, Dragon Warrior III menjadi salah satu permainan terbaik dari Gameboy Color dimasanya.

Seri yang satu ini membawa cukup banyak peningkatan daripada versi sebelumnya dengan berbagai dungeon, mini game dan medali baru.

Dragon Warrior III juga memperkenalkan kategori kelas baru yang bisa pemain pilih sebagai peran mereka yaitu Thief dan Sage.

Seperti seri lainnya, game ini mengambil tempat di sebuah kastil bernama Aliahan yang berlatar pada abad pertengahan.

Shantae

Shantae
Shantae. Source: World of Longplays/Youtube

Shantae mengikuti cerita dari seorang manusia setengah jin yang bertugas untuk menjaga kota tempanya tinggal yaitu Scuttle Town dan Pulau Sequin secara keseluruhan.

Dia akan melindungi para penduduk dari berbagai ancaman seperti kelompok perompak yang bernama Risky Boots.

Dengan kombinasi dunia fantasi dan steampunk, game ini berhasil memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan.

Warlocked

Warlocked
Warlocked. Source: GameClips Library/Youtube

Warlocked adalah game bergenre RTS (realtime strategy) yang rilis di Amerika pada tahun 2000. Game ini membagi dua cerita berdasarkan dua faksi yaitu manusia dan binatang buas.

Game ini menggunakan perspektif kamera overhead dengan berbagai varian lokasi unik, mulai dari hutan dan tundra.

Ada banyak tipe prajurit yang bisa kamu kendalikan dari setiap faksi, misalnya pemanah dan penyihir. Tidak hanya itu, Warlocked telah mendukung fitur multiplayer dengan maksimal 2 orang pemain.

Harvest Moon 3

Harvest Moon 3
Harvest Moon 3. Source: LongplayArchieve/Youtube

Para penggemar genre simulator pasti sudah tidak asing dengan Harvest Moon. Game RPG yang berfokus pada kehidupan sehari-hari pemain ini juga merilis versi Harvest Moon 3 untuk Gameboy Color.

Pemain bisa memilih untuk bermain sebagai laki-laki atau perempuan dengan awal dan akhir permainan yang berbeda.

Jika bermain sebagai karakter laki-laki, kamu akan tinggal di pulau tersebut karena permintaan walikota untuk membantu seorang gadis menjalankan peternakan milik ayahnya.

Sedangkan pemilihan karakter perempuan akan membuatmu bermain sebagai gadis yang bertemu dengan karakter laki-laki tersebut.

Seperti game Harvest Moon pada umumnya, kamu akan menyelesaikan berbagi misi dan melakukan banyak kegiatan menarik untuk mengembangkan peternakan.

Hal ikonik dalam game ini adalah keberadaan kapal Feri yang bisa membawa pemain ke pulau utama dan berbelanja di sana. Hal ini tentu merupakan hal baru yang belum pernah ada dalam versi sebelumnya.

Baca juga:

Demikian rangkuman singkat tentang 10 permainan Gameboy Color terbaik. Dari daftar game di atas, mana yang pernah kamu coba?

Untuk kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game kesayangan atau produk digital yang murah, aman dan terpercaya, yuk top up di VCGamers Marketplace aja!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!