10 Hero Sidelane Terbaik Meta Season 23 ML, Kepung Lawan Dari Pinggir!

hero sidelane terbaik cover

Hero Sidelane terbaik di Mobile Legends Season 23 punya peran penting dalam menyerang area lawan dari pinggir arena, baik melalui EXP Lane ataupun Gold Lane. Tentu saja, hero tersebut harus dapat bergerak dengan cepat ataupun lihai mengecoh lawan dengan skillset-nya.

Beberapa hero yang bisa menjaga sidelane ini tidak harus melulu hero dengan role marksman atau fighter saja, melainkan hero yang punya mobilitas tinggi untuk melakukan rotasi.

Misalnya, bermain sebagai salah satu hero sideline terbaik harus bisa peka terhadap minimap, ketika ada rekan tim yang butuh assist, maka pemain harus segera bergegas melakukan rotasi.

Setelah itu, bermain sebagai hero sideliner terbaik juga harus dengan cepat kembali ke posisi semula untuk menghindari jebolnya pertahanan turret tim dari pinggir oleh sideliner lawan.

Baca juga: Inilah Assassin Tersakit Di Season 23 Mobile Legends

Di bawah ini terdapat 10 rekomendasi hero sideline terbaik yang bisa kamu gunakan di meta Season 23 Mobile Legends. Beberapa di antaranya punya role ganda dan bisa beradaptasi dengan rotasi yang akan diminta oleh rekan tim sewaktu-waktu.

10 Hero Sidelane Terbaik Season 23 Yang Bisa Kagetkan Lawan

Aldous

hero sidelane terbaik aldous
Hero Sidelane Terbaik Aldous

Aldous adalah salah satu hero sidelane terbaik di season 23 ini. Kapabilitasnya dalam stack damage yang bisa ia lakukan melalui serangan normalnya bisa menjadi senjata berbahaya baik untuk mengalahkan lawan atau merubuhkan turret.

Apabila kamu bermain sebagai Aldous, kamu harus selalu “menyendiri” di offlane supaya bisa mengumpulkan stack sekaligus farming baik EXP ataupun Gold.

Kalau misalnya Aldous berada di EXP Lane, otomatis ia harus rajin farming EXP supaya bisa membuka skillset-nya. Yang jadi andalan untuk stack damage dari Aldous ini adalah skill 1 dan ulti-nya.

Gunakan skill 1 untuk menyerang lawan dengan stack yang telah ia kumpulkan melalui basic attack-nya. Skill 2 bisa digunakan untuk situasi di mana Aldous butuh bertahan tanpa support.

Skill ulti Aldous bisa digunakan untuk kabur sambil menyerang lawan. Lakukan ini ketika Aldous butuh bergerak cepat dan rotasi dengan rekan tim tanpa terhambat oleh serangan lawan.

Chou

hero sidelane terbaik chou
Hero Sidelane Terbaik Chou

Salah satu fighter serba bisa dan termasuk salah satu hero terbaik sidelane season apapun. Chou punya kemampuan untuk beradaptasi di berbagai posisi, baik posisi menyerang atau bertahan.

Serangan normal Chou saja sudah punya damage dan kecepatan serangan yang baik di mid game. Syaratnya tentu saja ia harus di-build dengan tepat supaya kemampuannya makin mantap.

Sebagai side laner, Chou akan lebih baik ditempatkan di EXP Lane supaya ia bisa naik level dengan cepat dan membuka skill 2 serta ulti-nya lebih awal. Ketika Chou sudah naik ke level tinggi, ia bisa sambil roaming ke Jungle atau Gold Lane untuk farming buff dan gold agar bisa full upgrade.

Selalu bawa battle spell Flicker juga ketika menggunakan Chou karena ia bisa memperpanjang jangkauan serangan skill ulti-nya.

Ulti Chou akan memberikan damage beruntun untuk targetnya, dan dengan kombinasi Flicker, ia akan bisa ambush lawan dan menjangkau targetnya meski sedang di-cover oleh rekannya.

Baca juga: 5 Alasan Chou Selalu Jadi Meta Hero Mobile Legends, GG Terus Setiap Season Sob!

Aamon

hero sidelane terbaik aamon
Hero Sidelane Terbaik Aamon

Aamon langsung menjadi salah satu hero sideliner terbaik season 23 ini karena kemampuan pasifnya yang bisa membuat posisinya tidak diketahui. Bahkan, ia tidak perlu repot mengaktifkan skill ini.

Baik Gold Lane ataupun EXP Lane bisa dijelajahi oleh Aamon. Yang perlu kamu lakukan sebagai pemain yang menggunakannya adalah banyak spam skill 1 Aamon supaya ia bisa selalu masuk ke mode menghilang.

Tentu saja, untuk mengaktifkan skill pasifnya, serangannya harus mengenai target. Akan tetapi, Aamon punya jangkauan serangan yang luas sehingga serangannya hampir selalu kena target.

Hero yang mengandalkan magic damage ini kemudian punya kemampuan untuk menambah damage-nya ketika serangannya terus menerus mengenai target. Target serangan yang punya HP di bawah 30% akan mendapat damage lebih sakit lagi dari setiap serangan Aamon.

Ia bisa dengan cepat melakukan rotasi dan menyerang lawan secara tiba-tiba sehingga ia akan cocok menjadi “umpan” merangkap sidelaner, baik di EXP Lane atau Gold Lane.

Ling

hero sidelane terbaik ling
Hero Sidelane Terbaik Ling

Gameplay Ling ini juga telah sukses menjadikannya sebagai salah satu hero sidelane terbaik. Namun, player harus terlebih dulu memahami gameplay-nya supaya ia bisa lebih efektif saat match.

Skill 1 Ling bisa digunakan untuk melompat ke dinding arena, dan ia akan berjalan di atasnya sampai kamu menekan kembali skill 1 untuk membuatnya kembali ke arena.

Biasanya, player pengguna Ling akan sekaligus menekan skill 2-nya untuk menyerang lawan dari udara. Kombinasi skill 1 dan 2 Ling punya damage yang mantap dan juga dapat menambah speed Ling saat kembali ke arena.

Ling akan langsung menggunakan skill ulti-nya yang bisa mengunci pergerakan lawan selama beberapa saat. Setelah itu, Ling akan kembali berjalan di atas dinding dengan skill 1-nya.

Sebagian besar serangan Ling akan bertumpu pada berjalan di atas dinding, serangan ambush cepat dari atas dinding dan skill ulti-nya, jadi pastikan Ling berada di EXP Lane supaya skill-nya bisa dibuka lebih cepat.

Baca juga: Rekomendasi Item Build Ling Tersakit 2022

Clint

hero sidelane terbaik clint
Hero Sidelane Terbaik Clint

Salah satu hero yang punya performa stabil ini sukses menjadi hero sidelane terbaik karena kemampuannya menguasai Gold Lane.

Clint punya kemampuan untuk poke lawan dengan efektif, dan poke yang ia lakukan juga punya damage lebih besar di mid game. Skill pasif Clint menolongnya menghasilkan critical damage, sehingga ia punya kemungkinan besar untuk melakukan First Blood di awal pertandingan.

Skill 1 Clint bisa ia lepaskan sebanyak 2 kali, yang masing-masing serangannya juga cukup sakit di early game. Kalau ia terdesak, ia bisa gunakan skill 2-nya untuk kabur.

Target yang terkena skill 2 Clint selain akan mendapat critical damage, ia juga tidak dapat bergerak untuk beberapa saat. Pengguna Clint akan langsung menyambung serangan dengan ulti-nya.

Bisa kamu bayangkan ketika Clint menggunakan ulti-nya dan mengenai target serta ada dampak critical damage, sudah pasti targetnya akan langsung KO atau paling tidak, HP-nya jadi sangat tipis. Inilah kombinasi serangan Clint yang menjadikannya sebagai sideliner terbaik season 23.

Granger

hero sidelane terbaik granger
Hero Sidelane Terbaik Granger

Granger menjadi hero sidelane yang cukup berbahaya karena bisa menciptakan damage burst berkelanjutan. Yang paling parah, hero marksman ini juga punya critical damage GG.

Status bawaan Granger sudah cukup oke, terutama dalam hal attack speed serta damage burst-nya. Kalau kamu build Granger dengan item penambah physical damage, true dan critical damage, sudah pasti Granger akan jadi monster baik di Gold maupun EXP Lane.

Skill 1-nya punya cooldown yang pendek sehingga bisa digunakan untuk menghajar minions dan creeps di sidelane. Kalau skill 2 Granger mengenai target, ia akan mendapat pengurangan cooldown untuk skill lainnya.

Ulti Granger akan jadi senjata pamungkasnya yang bisa memberi burst damage yang bisa kamu delay untuk menipu lawan. Sejauh ini, Granger cukup apik performanya untuk menyaingi Clint.

Baca juga: Cara Menggunakan Granger MLBB Oleh Sky Wee, Sikat Musuh!

Lylia

hero sidelane terbaik lylia
Hero Sidelane Terbaik Lylia

Bermain sebagai Lylia berarti akan memanfaatkan kemampuannya untuk poke dan mengecoh target. Ia punya movement speed yang tangkas sehingga sulit untuk diburu.

Selain tangkas, Lylia juga akan merepotkan lawannya dengan kombinasi skill 1 dan 2-nya. Apabila lawan terkena kedua serangan tersebut, mereka akan terkuras kecepatannya.

Player yang menggunakan Lylia akan terlebih dulu sembunyi di semak-semak, kemudian mengaktifkan skill 2 yang disusul dengan skill 1-nya supaya magic damage semakin besar dan lawan pun jadi melambat.

Gunakan ulti Lylia supaya saat cooldown skill 1 dan 2 selesai, ia bisa langsung memakai lagi 2 skill ini.

Harley

hero sidelane terbaik harley
Hero Sidelane Terbaik Harley

Sama seperti Clint, Harley termasuk ke dalam salah satu hero sidelane terbaik karena ia punya skill pasif yang bisa meningkatkan magic damage-nya.

Selain itu, Harley juga akan mengabaikan pertahanan magic hero lawan ketika skill-nya mengenai target. Biasanya, trik ini dimanfaatkan player untuk menghasilkan damage burst beruntun baik melalui skill 1 ataupun ulti-nya.

Ia juga dibekali blink skill yang apabila digunakan bisa menambah kecepatannya sehingga Harley bisa menjadi hero poke ataupun ambush untuk mengalahkan lawannya. Kalau ia satu tim dengan Lesley, akan ada tambahan 10 HP untuknya.

Gunakan trik skill 1 untuk poke, skill 2 untuk kabur dan ulti untuk magic damage yang sakit ketika menggunakan hero ini.

Baca juga: Build Harley Tersakit 2022

Natalia

hero sidelane terbaik natalia
Hero Sidelane Terbaik Natalia

Natalia adalah salah satu hero sidelane terbaik yang punya kemampuan khusus untuk membantai lawan dalam sunyi. Bedanya dengan Aamon, Natalia harus berada di dalam semak-semak supaya bisa masuk mode menghilang.

Senjata andalan yang menjadikannya sebagai salah satu sideliner terbaik adalah ulti-nya. Dengan ulti-nya, skill 1 dan basic attack Natalia jadi semakin keras damage-nya.

Hal tersebut diperparah ketika Natalia berhasil menyerang targetnya dari blindspot atau arah belakang target. Gunakan ulti supaya physical damage-nya semakin GG untuk bantai-bantai lawannya.

Lesley

hero sidelane terbaik lesley
Hero Sidelane Terbaik Lesley

Kapasitas Lesley sebagai hero sidelane terbaik sudah tidak diragukan lagi. Semua player pasti pernah kesal dengan ulti-nya yang selain punya jangkauan panjang, misil-nya sulit untuk dihindari.

Lesley juga punya mode kamuflase meski tidak sebaik Natalia dan Aamon. Akan tetapi, ketika Lesley masuk mode kamuflase, ia punya bonus speed dan physical attack selama 3 detik.

Maka dari itu, pengguna Lesley akan selalu memakai ulti-nya saat ia berada dalam mode kamuflase untuk menambah physical damage-nya. Kombinasi serangan ini akan sulit untuk dihindari kecuali targetnya memakai shield atau item physical defense yang tinggi.

Baca juga: Tips Gameplay Lesley Terbaik Di Mobile Legends 2022

10 hero sidelane terbaik di atas ini punya performa yang cukup stabil sehingga bisa diprediksi bertahan hingga season berikutnya. Namun tentunya, gameplay hero seperti Ling, Lesley atau Aldous harus kamu kuasai terlebih dahulu ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!