Simak! 10 Hero Banned Season 23 Yang Dianggap Berbahaya Saat Match!

hero banned cover

Hero Banned adalah ketika kamu tidak dapat menggunakan hero dalam pertandingan tertentu saat main game Mobile Legends dalam ranked match. Alasan dari ban tersebut juga bervariasi.

Di Season 23 ini, hero banned yang sering kamu dengar biasanya gara-gara terlalu OP sampai dikira cheating. Betapa tidak, banyak hero yang baru rilis memiliki skillset yang memang sangat berbeda dari hero pendahulunya. Bahkan, ada hero yang bisa ganti role saat match.

Selain itu juga, ada hero yang bisa memberi hybrid damage dan akan sukar untuk menahan serangan-serangannya dengan item atau build tertentu.

Banyak player yang ban hero sebelum match dimulai untuk membuat pertandingan lebih seimbang. Walhasil, beberapa waktu ini Moonton juga telah bebenah dengan banyak memberi buff dan nerf untuk beberapa hero.

Baca juga: Asyik! Chang’e MLBB Terima Buff di Update Patch Terbaru

Di bawah ini kamu akan menemukan hero langganan ban di season 23, yang sebagian besarnya merupakan hero yang baru saja dirilis dan juga hero yang mendapat buff.

10 Hero Banned Season 23 ML Yang Terlalu OP

Valentina

hero banned valentina

Hero yang satu ini sering kena ban karena banyak dari player mengeluhkan Valentina yang punya CD sebentar saja ketimbang hero mage lainnya.

Bermain sebagai Valentina, kamu bisa banyak spam skill 1 dan 2 di early game, sampai kamu bisa mengakses ulti-nya yang jadi senjata utama hero peniru ini.

Ulti Valentina bisa meniru seluruh hero yang ada di Mobile Legends, ditambah lagi memiliki basic attack yang setara dengan hero yang ia tiru.

Hal ini akan jadi masalah ketika Valentina meniru hero dengan physical damage atau magic damage tinggi, dan mengandalkan basic attack mereka. Otomatis Valentina akan dengan mudah membalikkan keadaan.

Menurut data resmi dari game, Valentina ini diperkirakan banyak di-ban dalam 5 hingga 7 match.

Estes

hero banned estes

Hero banned selanjutnya adalah si ahli healing, Estes. Sebelum Estes mendapat perhatian dari para player, ia hanya dianggap sebagai hero support murni saja.

Ternyata setelah pertandingan M3 lalu, Estes memiliki kemampuan healing sekaligus stack yang ia dapatkan dari hasilnya healing rekan setimnya.

Ketika stack tersebut penuh, magic damage Estes akan semakin sakit sementara rekan timnya akan semakin aman karena HP-nya bisa regen dengan cepat selama ada di dekat Estes.

Skill 2 dan ulti Estes juga sangat berguna untuk ofensif dan defensif, digabung dengan skill pasifnya yang bisa stack damage. Tidak heran kalau player ban hero yang “tidak adil” dalam hal healing ini.

Dilansir dari data dalam game, Estes diperkirakan hanya bisa main dalam 6 match saja karena tingginya persentase ban (42%).

Baca juga: Berikut Ini Adalah 5 Counter Hero Estes di Season 22

Vale

hero banned vale

Vale juga baru-baru ini jadi langganan ban karena alasan yang hampir sama dengan Valentina. Player menganggap Vale terlalu OP dalam hal roaming dan menjaga mid lane.

Bila kamu melihat skillset-nya, akan tampak skill 1 dan 2-nya punya durasi CD yang sangat sebentar. Ditambah lagi, Vale punya skill pasif yang bisa menambah speed serta upgrade salah satu dari skill-nya supaya jadi lebih sakti lagi.

Kalau kamu senang dengan mekanik Vale tersebut, kamu akan bisa menemukan variasi serangan Vale yang beragam, mulai dari kemampuan CC, airborne atau tambahan magic damage.

Namun demikian, Vale akan menjadi sangat menyebalkan apalagi saat ia di-build dengan item magic attack dan boots penambah speed serta magic damage-nya. Dijamin Vale akan sangat sulit dikalahkan karena ia akan terlebih dulu mengalahkan kamu dengan burst damage-nya.

Dari sekitar 10 pertandingan, diperkirakan Vale akan di-ban setidaknya 1 sampai 2 kali.

Karina

hero banned karina

Penyebab Karina menjadi hero banned mirip seperti Vale dan Valentina, yang punya CD skill sangat sebentar sehingga penggunanya bisa berkali-kali spam skill.

Pertama, Karina punya skill pasif yang bisa membuat true damage ketika ia mengenai target yang sama sebanyak dua kali. Efek selanjutnya, akan ada pengurangan CD sebesar 1.5 detik dari setiap skill-nya ketika Karina berhasil mengenai hero lawan dengan serangannya.

Kombinasi serangan skill 1, 2 dan ulti Karina juga akan sangat sakit dan kilat karena skill 1 dan 2 nya bisa menambah speed Karina. Ini juga diperburuk ketika Karina menggunakan burst ulti-nya yang juga bertipe blink.

Dengan skillset tersebut, tidak heran kalau Karina merupakan paket lengkap assassin spesialis bunuh-bunuh kilat. Makanya, player di ML akan ban Karina dalam 5-7 match dari jumlah 10 match.

Baca juga: Rekomendasi Build Karina Tersakit 2022, Coba Sekarang!

Yve

hero banned yve

Meskipun baru-baru ini Yve terkena nerf, ia juga masih jadi langganan hero yang di ban saat ranked. Pengguna Yve biasanya akan memanfaatkan ranged attack-nya untuk merepotkan lawan.

Tidak seperti Karina ataupun Valentina, Yve memiliki CD yang cukup lama sehingga penggunanya masih harus membawa item yang mempersingkat CD. Akan tetapi, sekali Yve mengeluarkan skill ulti-nya, magic damage-nya bukan kaleng-kaleng.

Yve bisa membuat panel khusus untuk serangannya dengan ulti-nya, dan player bisa mengendalikan arah serangannya tersebut hingga 15 attack saja.

Ketika Yve di-build dengan tepat, ulti-nya ini akan sangat merepotkan karena bisa mengenai arah manapun selama masih berada dalam panel buatan Yve.

Aamon

hero banned aamon

Dibandingkan dengan Karina, Aamon ini termasuk hero banned yang harus di-ban ketika ada player yang ingin menggunakannya.

Aamon ini memiliki banyak skill mematikan, mulai dari basic attack-nya, skill 1, 2 dan ulti-nya. Ia bisa sangat mematikan karena skill pasifnya yang bisa menambah damage basic attack dan bisa menghilang tanpa terdeteksi oleh lawan.

Selain itu, semua serangannya menghasilkan magic damage, yang artinya ketika ia main dalam match, player harus siap-siap banyak membawa item magic defense supaya tidak selalu kena kill dari ulti, skill 1 dan 2-nya.

Kombinasi serangan Aamon sendiri cukup sederhana. Kamu cukup menggunakan basic attack, oper ke skill 1, basic attack lagi, kemudian skill 2, dan akhiri dengan ulti.

CD skill 1 dan 2 Aamon juga terbilang singkat, dan kamu juga masih bisa roaming sambil jungling atau memburu minions untuk gold dengan basic attack saja.

Karena ia dianggap berbahaya, ia hampir sering di-ban sebanyak 7 sampai 9 kali dari 10 match.

Baca juga: Panduan Aamon Mobile Legends: Emblem dan Skill

Aldous

hero banned aldous

Aldous sering kena ban karena ia juga punya stack skill yang bisa membuatnya tahan dari ganking, bisa melewati war dengan HP cukup banyak, serta bisa menghasilkan physical damage tersakit.

Pengguna Aldous akan selalu bermain sebagai offlaner untuk mengumpulkan stack-nya. Apabila kamu berhadapan dengan Aldous, kamu bisa mengganggunya untuk mengumpulkan stack.

Namun demikian, kamu tidak bisa semudah itu mengganggu Aldous karena stack skill-nya juga memberi bonus shield. Kamu juga akan sangat kesulitan ganking Aldous saat late game.

Ia biasanya akan di-ban sebanyak 2 sampai 3 kali dari total 10 pertandingan.

Natan

hero banned natan

Skillset Natan menyebabkannya menjadi salah satu hero banned di season 23 ini. Betapa tidak, ia punya stack skill, physical dan magic damage secara bersamaan.

Belum lagi, ulti Natan juga bisa membuat player sulit untuk lolos dari kejaran tiruannya. Ini juga akan diperburuk ketika Natan di-build sebagai jungler merangkap gold laner karena efek buff merah dan biru akan sangat memperkuat damage-nya.

Ketika stack Natan sudah penuh, ia juga akan jadi semakin cepat dalam hal menyerang hero lain. Ditambah lagi, ia juga punya magic penetration yang cukup baik sehingga serangannya akan bisa tembus shield ataupun magic defense.

Natan biasanya di-ban sebanyak 7 hingga 8 kali dari total 10 ranked game di ML. Meskipun sekarang sudah kena nerf, Natan masih garang di tangan player veteran.

Baca juga: 5 Cara Main Hero Natan Mobile Legends, OP Banget Bro!

Edith

hero banned edith

Sebagai hero yang masih hangat, Edith langsung ada di daftar hero banned saat ranked match. Kemampuannya berganti role saat match tapi masih bisa memiliki role tank-nya jadi sangat tidak berimbang ketika ia digunakan dalam ranked match.

Sebagaimana kamu ketahui, Edith bisa mengubah dirinya menjadi tanker saat naik Phylax (robotnya) atau marksman saat ia keluar dari robotnya.

Di dalam Phylax, hero ini bisa sangat merepotkan karena punya HP tebal dan skill pasif yang terus menerus memberikan damage terhadap hero di sekitarnya.

Saat Edith menjadi marksman, ia masih punya kemampuannya sebagai tanker dengan HP yang tebal, didukung oleh serangan jarak jauhnya yang sangat sakit saat mid game khususnya.

Inilah alasan dia di-ban sebanyak 7-8 kali dari total 10 match yang dilakukan. Moonton sepertinya memang harus nerf hero satu ini untuk menyeimbangkan match.

Beatrix

hero banned beatrix

Meskipun tidak separah Natan, Beatrix tetap masuk dalam hero banned musim 23 ML ini karena kemampuannya mengganti-ganti senjata dan skill berbeda setiap susunan senjatanya.

Sejauh ini, Beatrix juga akan sangat merepotkan player karena physical damage yang dihasilkan terlalu sakit, terutama apabila ia bermain sebagai gold laner merangkap offlaner.

Senjata Rocket Launcher-nya terutama, bisa menghasilkan burst damage sangat tinggi di late game, apalagi ditambah item untuk menambahkan physical damage. Dijamin Beatrix banyak dihindari saat telah di-upgrade secara penuh.

Meskipun demikian, gameplay Beatrix akan cukup sulit dikuasai kalau penggunanya tidak terbiasa main hero dengan mekanik yang rumit.

Baca juga: Tips Main Beatrix MLBB Untuk Pemula, Marksman Paling Unik di Land Of Dawn!

Dari 10 hero di atas, sepertinya yang paling ngenes adalah Edith, karena baru rilis tapi sudah masuk daftar hero banned. Ini juga sepertinya akan jadi PR untuk Moonton agar kedepannya ada hero yang bisa lebih OP lagi dari mereka atau nerf skillset dan status mereka.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!